ZENICYCLIN KAPSUL 250 MG

ZENICYCLIN KAPSUL 250 MG

Kategori
:
Indikasi Umum
:
Pneumonia, infeksi yang disebabkan oleh Ricketsiae, infeksi saluran kemih, bronkitis, infeksi-infeksi yang disebabkan oleh Staphylococcus. Untuk penderita gonore dan sipilis tahap tertentu yang tidak tahan terhadap penisilin.
Komposisi
:
Tetracycline HCI 250 mg
Kemasan
:
Botol Plastik, Kapsul 250 Mg X 100
Manufaktur
:
Zenith Pharma
Aturan Pakai
:
Terapi sebaiknya diteruskan paling sedikit 2 hari setelah gejala hilang. Obat sebaiknya diminum satu jam sebelum atau dua jam sesudah makan.
Dosis
:
Dewasa : 250 - 500 mg setiap 6 jam tergantung dari tingkat keparahan penyakit. Anak diatas 8 tahun : 25 - 50 mg/kg BB sehari, dibagi dalam 4 dosis. Dosis maksimum tidak melebihi dosis orang dewasa.
Therapeutic Class
:
-
Segmentasi
:
Red
Efek Samping
:
-
Kontra Indikasi
:
Penderita yang hipersensitif terhadap obat golongan tetrasiklin. Wanita hamil dan menyusui. Anak-anak dibawah usia 8 tahun
Perhatian
:
Sebaiknya diberikan satu jam sebelum atau dua jam sesudah makan. Penggunaan tetrasiklin pada penderita gangguan fungsi ginjal dapat menimbulkan kumulasi. Penggunaan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan terjadinya super infeksi terutama oleh jamur.
Interaksi Obat
:
Tetrasiklin membentuk kompleks dengan ion-ion kalsium, magnesium, besi, dan aluminium. Maka sebaiknya tidak diberikan bersamaan dengan tonikum yang mengandung besi atau dengan antasida berupa senyawaan aluminium, magnesium dan susu. Tetrasiklin memperpanjang kerja antikoagulan kumarin, sehingga proses pembekuan darah tertunda. Pengobatan dengan tetrasiklin jangan dikombinasikan dengan penisilin atau sefalosporin. Penggunaan bersamaan dengan oral kontrasepsi dapat menurunkan efektifitas oral kontrasepsi.