Obat Darah Tinggi dari Makanan, Konsumsi 7 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Obat Darah Tinggi dari Makanan, Konsumsi 7 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu punya gangguan kesehatan seperti sakit kepala, nyeri dada, artima serta merasa lemas? Ini bisa menjadi gejala kamu alami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tekanan darah adalah kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong melawan dinding pembuluh darah (arteri). Saat tekanan darah menjadi lebih tinggi dari 140/90 milimeter raksa (mmHG), maka inilah yang disebut dengan tekanan darah tinggi. 

Mereka yang mengidap penyakit ini umumnya tidak hanya harus minum obat. Perubahan gaya hidup juga diperlukan, seperti mengonsumsi makanan yang dipercaya mampu menjadi obat darah tinggi. Ingin tahu apa saja makanan yang memiliki efek obat darah tinggi? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Kenapa Makanan Sehat Kadang Enggak Enak? 

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, lobat hijau, sawi, adalah makanan yang disarankan untuk lebih dikonsumsi karena memiliki obat penurun tekanan darah. Pasalnya dalam sayuran hijau terdapat kalium yang tinggi. Kalium merupakan penyeimbang kadar natrium yang tinggi dalam tubuh para pengidap, sehingga ia membantu menurunkan tekanan darah. Sayuran hijau juga mengandung kalsium tinggi yang juga berguna sebagai makanan penurun darah tinggi. Kamu bisa memilih sayuran segar dan mengonsumsinya setiap hari dalam jumlah yang cukup. 

  • Yogurt

Kadar kalsium yang rendah juga bisa memicu tekanan darah tinggi pada tubuh, sehingga mengonsumsi makanan tinggi kalsium seperti yogurt adalah hal yang direkomendasikan. Sekitar 170 gram yogurt mengandung 300 mg kalsium, dan ini merupakan 1/3 dari kebutuhan kalsium orang dewasa. Tidak hanya itu, yogurt juga mengandung sedikit natrium sehingga aman bagi pengidap hipertensi. Selain itu, probiotik dalam yogurt diyakini ampuh dapat melawan hipertensi. 

  • Pisang

Jenis makanan lain yang kaya kalium selain sayuran hijau adalah pisang. Buah ini tidak sulit untuk didapat dan kamu bisa membuat banyak kreasi makanan jika bosan memakannya langsung. Lebih nikmat lagi jika kamu memakannya sebagai campuran sereal atau yogurt.

  • Kentang

Kentang juga menjadi makanan yang tinggi kalium dan magnesium. Kedua mineral ini ampuh menurunkan tekanan darah serta memiliki cukup serat untuk memenuhi kebutuhan harian. Namun, supaya manfaatnya lebih terasa, sebaiknya kamu tidak menambahkan garam ke dalamnya. Penambahan garam ini hanya membuat kentang menjadi makanan yang mengandung garam tinggi yang malah bisa meningkatkan tekanan darah. Cobalah konsumsi kentang dengan cara direbus atau dipanggang tanpa penambahan garam berlebihan. 

Baca juga: Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Tepat

  • Oatmeal

Di dalam semangkuk oatmeal, terdapat kandungan natrium rendah, lemak rendah, dan serat tinggi, sehingga membantu menurunkan tekanan darah kamu. Biasanya oatmeal disajikan sebagai menu sarapan sehat sebelum memulai aktivitas. Jika kamu merasa terlalu hambar, tambahkan buah seperti pisang dan sedikit madu. 

  • Buah Bit

anyak ahli penelitian yang menunjukkan bahwa minum jus bit efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu penelitian yang membuktikan hal tersebut datang dari penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2013 yang berhasil membuktikan bahwa terjadi penurunan tekanan darah sistolik setelah enam jam mengonsumsi jus bit. Hal ini terjadi karena kandungan nitrat di dalamnya secara alami efektif menjadi penurun darah tinggi.

  • Buah Berry

Buah-buahan yang masuk kelompok ini misalnya adalah blueberry yang memiliki kandungan flavonoid. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa flavonoid ini efektif mencegah tekanan darah tinggi dan bisa membantu menurunkan darah tinggi. Buah berry adalah campuran tepat untuk oatmeal yang bisa dijadikan sarapan. 

Baca juga: Lebih Baik Mana: Diet Cepat atau Diet Sehat?

Jika ingin tahu jenis makanan lain yang ampuh turunkan tekanan darah tinggi, kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah, cukup download Halodoc di ponsel kamu, dan dokter bisa kamu hubungi melalui Chat, Voice atau Video Call.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 7 Foods That Are Good for High Blood Pressure.
Berkeley Wellness. Diakses pada 2019.  Foods That Lower Blood Pressure.