• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh atau Tidak untuk Atasi Nyeri?

Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh atau Tidak untuk Atasi Nyeri?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh atau Tidak untuk Atasi Nyeri?

Halodoc, Jakarta - Sakit gigi terjadi saat ada gangguan pada rongga mulut dan gigi. Jenisnya beragam, misalnya gigi berlubang, karang gigi, hingga gusi bengkak, dan berdarah. Gigi yang sakit tentu akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. 

Sakit gigi sebaiknya segera diobati langsung oleh dokter gigi. Namun, biasanya dokter tidak melakukan tindakan saat area mulut dan gigi masih terasa nyeri agar rasa sakit tidak semakin buruk. Maka dari itu, sangat penting untuk terlebih dahulu meredakan nyeri agar pemeriksaan dan pengobatan sakit gigi terasa lebih nyaman. Kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami berikut ini untuk meredakan rasa nyeri karena sakit gigi.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Ampuh dari Bahan Alami

Bahan Alami untuk Redakan Nyeri Sakit Gigi 

Sudah datang ke dokter gigi, tetapi disuruh kembali lagi saat nyeri tidak lagi terasa. Hal itu wajar, sebab menentukan penyebab sakit gigi akan lebih nyaman jika dilakukan setelah nyeri mereda. Baru setelah itu, kamu bisa kembali melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mengetahui penyebab sakit gigi. Ada cara alami yang terbilang ampuh sebagai obat sakit gigi, di antaranya: 

1. Berkumur dengan Air Garam 

Salah satu cara alami yang paling sering digunakan untuk meredakan nyeri sakit gigi adalah berkumur dengan air garam. Bahan ini cukup efektif untuk mengatasi nyeri karena air garam berfungsi sebagai desinfektan alami yang mampu meredakan peradangan pada gigi dan gusi. Kamu cukup mencampurkan satu gelas air dengan setengah sendok garam. Kemudian, berkumurlah selama 30 detik, lalu buang. 

Baca juga: Garam Bisa Jadi Obat Sakit Gigi, Benarkah?

2. Kompres Es 

Saat nyeri akibat sakit gigi sudah tak tertahankan, kamu bisa coba meredakannya dengan kompres air dingin atau es. Kompres es bisa membantu mengurangi pembengkakan pada gigi dan gusi serta mengurangi nyeri. Lapisi es batu dengan handuk dan kain, hindari menempelkan es batu langsung ke kulit. Kemudian, tempelkan kompres ke bagian pipi yang terasa nyeri. Diamkan selama 20 menit, lalu ulangi setiap beberapa jam. 

3. Bawang Putih 

Meredakan nyeri sakit gigi juga bisa dilakukan dengan mengunyah bawang putih. Bahan ini diketahui memiliki efek antibakteri yang membantu melawan kuman di gigi dan mulut. Selain itu, bawang putih juga bisa mengurangi peradangan yang menyebabkan sakit gigi. Pilih bawang putih terbaik, kemudian kupas terlebih dahulu, cuci, lalu potong atau belah menjadi dua. Setelah itu, letakkan potongan bawang di bagian gigi yang sakit atau kunyah bawang putih. 

4. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh juga bisa menjadi obat alami sakit gigi. Ini berkat kandungan bahan kimia eugenol yang berperan sebagai antibakteri, antiradang, dan pereda nyeri. Supaya bisa mendapatkan manfaat dari bahan alami ini, siapkan satu tetes minyak cengkeh dan bola kapas. Teteskan minyak cengkeh pada kapas, kemudian gigit kapas pada area gigi yang bermasalah. 

Baca juga: 4 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Setelah nyeri mereda, kamu bisa langsung pergi ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan. Agar kamu tidak harus mengantre lama, buat janji saja terlebih dahulu menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi ini, kamu tak hanya bisa tanya jawab dengan dokter spesialis setiap saat, tetapi juga bisa membeli vitamin dan obat. Jadi, pastikan kamu sudah download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

Referensi:
WebMD. DIakses pada 2021. Home Remedies for Toothache.
Reader’s Digest. DIakses pada 2021. 11 Home Remedies for a Toothache.