• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Punya Mata Panda, Ini Tips Mengatasinya

Punya Mata Panda, Ini Tips Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Lingkaran hitam di bawah mata atau yang sering disebut mata panda biasanya bukan termasuk masalah medis. Jika perubahan warna dan pembengkakan muncul di bawah hanya satu mata dan tampaknya memburuk dari waktu ke waktu, kamu perlu mewaspadainya. 

Pengobatan untuk masalah ini tergantung pada apa yang menyebabkan lingkar hitam atau mata panda yang terjadi. Beberapa penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan terapi laser atau pengelupasan kimiawi. Lingkaran hitam juga dapat dihaluskan dengan operasi dan menghilangkan kelopak yang bengkak. Inilah beberapa tips cantik yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menangani mata panda:

1. Kompres Dingin

Pembuluh darah di bawah mata yang melebar dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Coba kompres dengan air dingin atau es beku yang dibungkus kain lembut di area tersebut untuk membuat pembuluh darah mengerut, mengecil, hingga hilang. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Hilangkan Mata Panda

2. Tidur dengan Bantal Ekstra

Saat tidur, cobalah tinggikan kepala kamu dengan dua bantal atau lebih. Gunanya adalah untuk mencegah bengkak yang timbul ketika cairan menggenang di kelopak mata bawah penyebab lingkar hitam atau mata panda.

3. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat membuat wajah kamu terlihat pucat, sehingga bayangan dan lingkaran di bawah mata menjadi lebih jelas. Penuhi kebutuhan tubuh kamu untuk beristirahat dengan tidur minimal 7-8 jam dalam sehari.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Dengan minum air putih yang cukup, kamu dapat terhindar dari dehidrasi dan membantu mencegah munculnya mata panda. Selain itu, kurangi konsumsi makanan yang sangat asin untuk mencegah penumpukan cairan di bawah mata. 

Baca juga: 5 Tips Menghindari Mata Panda

5. Hindari Minuman Berkafein dan Alkohol

Banyak mengonsumsi minuman berkafein dan alkohol dapat membuat kamu susah tidur, sehingga jam tidur menjadi tidak beraturan. Kurang tidur akan membuat kantung mata dan lingkaran hitam pada mata semakin terlihat jelas.

6. Konsumsi Makanan Berkalium

Makanan yang mengandung kalium, seperti sayur-sayuran hijau, pisang, kacang, dan yoghurt sangat baik untuk membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh yang dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam pada mata. 

7. Gunakan Krim Mata

Krim mata yang disarankan untuk mengatasi mata panda adalah yang mengandung chamomile, mentimun, dan arnica, yang berkhasiat untuk mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit. Nah, jika sudah harus mengambil langkah mengatasi mata panda dengan krim, sebaiknya tanyakan terlebih dulu pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai krim mata yang tepat. 

Akibat Kelelahan Mata

Lingkar hitam pada mata atau mata panda umumnya muncul akibat mata kelelahan. Penanganan mata panda pada level yang paling sederhana yaitu kamu harus mengistirahatkan mata. Ketika kamu merasa semakin sulit untuk memfokuskan visi pada tulisan atau layar di depan mata, maka itulah tanda bahwa kamu harus menghentikan apa yang kamu lakukan. 

Tutuplah mata beberapa detik. Gosok dengan lembut atau lakukan latihan pernapasan. Kamu bahkan dapat melihat ke luar, membiarkan pandangan kamu berkeliaran. Intinya kamu harus membuat otot mata beristirahat. 

Baca juga: Bekas Jerawat di Dagu, Begini Cara Menyamarkannya

Saat harus menggunakan layar handphone atau laptop, sebaiknya atur kecerahan pada layar. Dengan begitu, kamu memiliki kontras yang diperlukan untuk membaca teks dengan mudah, tetapi tidak terlalu kontras. Pastikan pula font pada ponsel atau komputer cukup besar untuk dapat dilihat dari kejauhan. Kamu tidak harus mendekatkan layar ke mata hanya untuk melihat teks. 

 

Referensi:
Medicine Net. Diakses pada 2020. Dark Circles Under the Eyes: Symptoms & Signs.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Dark Circles Under Eyes.