6 Jenis Olahraga untuk Atasi Berat Badan Bertambah Setelah Lebaran

6 Jenis Olahraga untuk Atasi Berat Badan Bertambah Setelah Lebaran

Halodoc, Jakarta – Lebaran identik dengan makanan berlemak dan kolesterol tinggi. Opor ayam, rendang, dan sambal goreng, semuanya adalah makanan berat dengan bahan daging dan diolah menggunakan minyak dan santan. Setelah berpuasa sebulan penuh dan akhirnya bisa kembali makan secara normal, tak sedikit orang akhirnya melakukan balas dendam dengan makan sepuasnya.

Kurangnya beraktivitas selama libur lebaran dapat membuat berat badan bertambah. Jangan sampai, karena itu kamu tetap harus rutin berolahraga. Olahraga apa saja sih yang bisa membantu atasi berat badan bertambah setelah lebaran? Berikut beberapa di antaranya:

  • Aerobik

Gerakan-gerakan dalam aerobik disinyalir efektif untuk mengatasi berat badan bertambah. Pasalnya, tidak hanya melibatkan semua anggota tubuh, biasanya gerakan dalam olahraga aerobik juga baik untuk kesehatan jantung. Latihan ini mampu meningkatkan detak jantung dan memompa aliran darah.

Baca juga: Rutin Aerobik Cegah Terjadinya Penuaan Otak, Benarkah?

  • Yoga

Yoga memang tidak sekeras olahraga lainnya yang melibatkan gerakan-gerakan fisik dan mampu membakar kalori lebih banyak. Tetapi, jenis gerakan-gerakan yoga mampu membantu menurunkan berat badan dengan cara yang terbilang unik dan berbeda. Tentu saja ini berbanding lurus dengan yang kamu konsumsi, ya. Jadi, imbangi juga dengan makanan sehat.

  • Berenang

Olahraga satu ini juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Bahkan, bisa dikatakan kalori yang dibakar dalam sekali aktivitas renang dalam waktu kurang lebih 1 jam bisa setara dengan ketika kamu berlari. Bisa kamu bayangkan berapa berat badan yang akan hilang jika kamu rutin melakukannya bukan? Setidaknya, seminggu dua hingga tiga kali juga sudah membantu, kok.

Baca juga: 8 Manfaat Positif dari Rutin Berenang

  • Lari

Lari menjadi olahraga paling murah dan mudah yang bisa kamu coba. Bahkan, kamu bisa melakukannya pada pagi hari sebelum memulai aktivitas atau sore hari sebelum malam menjelang. Tidak membutuhkan waktu lama, kamu hanya perlu rutin melakukannya setiap pagi selama setidaknya 30 menit. Olahraga ini lebih menyenangkan jika ditemani musik-musik penambah semangat.

  • Tai Chi

Sama halnya dengan yoga, olahraga tai chi memiliki gerakan yang lebih lembut dan terkoordinasi. Biasanya, olahraga satu ini dipimpin oleh seorang pelatih, karena ada beberapa gerakan yang membutuhkan arahan khusus untuk bisa terasa manfaatnya. Tai chi biasanya dilakukan di taman atau ruangan yang bisa meningkatkan kenyamanan pada pesertanya.

Tidak hanya menyehatkan fisik dan membantu penurunan berat badan, tai chi juga mampu membantu meningkatkan konsentrasi kamu. inilah mengapa olahraga satu ini digemari oleh para lansia, karena bisa membantu mencegah demensia atau penyakit yang berkaitan dengan daya ingat lainnya.

Baca juga: 4 Manfaat Tai Chi untuk Pernapasan

  • Jalan Kaki

Jalan kaki banyak manfaatnya, salah satunya adalah membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan, terutama untuk kamu yang mengalami obesitas. Mungkin tidak banyak terasa, tetapi jika kamu merasa kelebihan berat badan, olahraga satu ini akan sangat membantu. Sama halnya dengan lari, kamu tidak perlu melakukan dalam waktu lama, tetapi hanya perlu menjadikannya aktivitas rutin.

Itu tadi beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi berat badan bertambah setelah lebaran. Kalau kamu merasa ada keluhan dan gejala yang tidak biasa pada tubuh, kamu bisa langsung menanyakannya pada dokter. Tidak perlu ke rumah sakit, pakai saja aplikasi Halodoc. Aplikasi ini bisa langsung kamu download melalui App Store atau Play Store. Pakai aplikasi Halodoc sekarang, yuk!