12 October 2018

Olahraga Bareng Anak Lebih Menyenangkan dengan Melakukan Gerakan Ini

Olahraga bareng anak

Halodoc, Jakarta - Bagi kamu yang merupakan seorang pekerja kantoran, dan merupakan seorang ibu tentu waktu kamu sangat terbatas untuk Si Kecil. Kesibukan membuat ibu enggak punya waktu untuk berolahraga ke pusat kebugaran. Belum lagi tugas sebagai seorang ibu menanti kamu pada saat sampai di rumah. Namun, seharusnya enggak ada alasan bagi kamu untuk tidak berolahraga. Berikut ini manfaat-manfaat olahraga untuk Si Kecil.

Meningkatkan Kecerdasan

Penelitian yang dilakukan oleh Michigan State University menjelaskan, anak yang gemar berolahraga terbukti lebih cerdas dibandingkan yang tidak. Mereka menambahkan, olahraga membantu mengajarkan anak untuk konsentrasi pada tugas, dan mengatur waktu lebih efektif.

Mengajarkan Kerjasama

Olahraga membantu anak untuk membentuk kerjasama tim yang baik, memahami aturan, dan mendengarkan pembimbing agar berprestasi.

Meningkatkan Kesehatan

Para peneliti di Centers for Disease Control mengungkapkan, salah satu masalah yang dialami anak-anak di Amerika Serikat adalah obesitas. Penyakit ini menimbulkan faktor risiko diabetes dan darah tinggi tiga kali lipat saat dewasa. Olahraga dapat membantu membakar kalori yang tak dibutuhkan tubuh, sehingga bisa mencegah obesitas.

Membangun Rasa Percaya Diri

Olahraga bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri anak, apalagi jika mereka bisa menghasilkan sebuah prestasi. Olahraga memberikan kesempatan Si Kecil untuk belajar, berprestasi, dan berpikir positif tentang diri sendiri melalui pengembangan keterampilan. Aktivitas fisik ini akan menumbuhkan citra diri yang sehat dan penilaian positif terhadap diri sendiri.

Memberikan Kebahagiaan

Bagaimana pun juga, olahraga adalah sebuah permainan. Permainan bertujuan untuk memberikan kegiatan yang menyenangkan bagi Si Kecil.

Nah, itulah manfaat-manfaat berolahraga untuk Si Kecil. Ibu bisa mengajak Si Kecil untuk melakukan aktivitas olahraga yang menyenangkan. Hanya perlu menyiapkan matras sebagai alas sebelum melakukan latihan. Kamu dapat melakukan gerakan-gerakan di bawah ini untuk melatih fisik ibu dan anak agar tetap sehat dan bugar.

High Knee

Gerakan ini dikenal dengan istilah lari di tempat. Dengan mengangkat lutut setinggi pinggul, gerakan ini dapat melatih motorik anak. Gerakan ini melatih otot paha dan betis yang akan meningkatkan kemampuan lari dan melompat pada anak.

Lunge

Gerakan ini adalah alternatif untuk melatih otot bokong dan menjaga kelenturan pinggul Si Kecil yang sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk. Gerakan ini juga dapat membantu mencegah sakit punggung bagian bawah akibat terlalu lama duduk.

Untuk melakukannya, letakkan salah satu kaki di depan dan tekuk lutut hingga 90 derajat. Pastikan lutut kaki bagian depan tepat berada di atas pergelangan kaki dan lutut bagian belakang tidak menyentuh tanah. Tumpu berat tubuh pada tumit dan kembalikan tubuh ke posisi semula.

Plank

Keseimbangan anak bisa dilatih sejak dini salah satunya dengan gerakan plank yang memanfaatkan berat tubuh. Gerakan ini juga menjaga postur tubuh. Cara melakukannya, tekuk siku hingga membentuk sudut 90 derajat dan biarkan lengan menyentuh lantai. Pastikan siku tepat berada di bawah bahu. Posisikan kaki lurus dengan bertumpu pada jari-jari kaki. Arahkan pandangan ke bawah.

Butt Kick

Gerakan ini cocok untuk merangsang Si Kecil agar aktif. Gerakan yang tampak seperti permainan ini juga melatih jantung dan membakar kalori. Awali dengan berdiri tegak dan posisi kaki menghadap ke depan. Ayunkan salah satu kaki ke arah belakang hingga menyentuh bokong. Pastikan punggung tetap tegak dan kaki mendarat secara perlahan di tanah. Lakukan secara bergantian dengan kedua kaki.

Nah, itulah manfaat olahraga untuk Si Kecil. Jika kamu menginginkan tips kesehatan lainnya, kamu bisa mendapatkannya dengan cara download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play kamu. Kamu juga dapat berdiskusi langsung mengenai masalah Si Kecil melalui Chat atau Voice/Video Call dengan dokter ahli di Halodoc. Yuk, download aplikasinya segera!

Baca juga: