• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Olahraga Berlebihan Bisa Sebabkan Nyeri Tumit?

Olahraga Berlebihan Bisa Sebabkan Nyeri Tumit?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan sepelekan kondisi nyeri tumit yang dialami selama berhari-hari. Nyeri tumit terjadi ketika seseorang mengalami nyeri pada area tumit ketika melakukan aktivitas, seperti berjalan atau berdiri. Umumnya, seseorang yang mengalami kondisi nyeri tumit hanya mengalami nyeri pada satu sisi tumit saja dan cukup jarang dialami bersamaan dengan kedua kaki.

Baca juga: Nyeri Tumit Bisa Diatasi dengan Radioterapi

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami nyeri tumit, seperti kelebihan berat badan, adanya gangguan sendi, dan gangguan saraf. Lalu, apakah olahraga yang berlebihan dapat tingkatkan risiko seseorang alami nyeri tumit? Ini ulasannya.

Benarkah Olahraga Sebabkan Nyeri Tumit?

Olahraga adalah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Namun, berlebihan dalam berolahraga dapat menyebabkan beberapa dampak yang buruk pada kesehatan. Olahraga berlebihan dapat sebabkan seseorang mengalami plantar fasciitis. Dilansir dari National Institute for Health and Care Excellence, plantar fasciitis menyumbang sekitar 80 persen kondisi nyeri tumit yang dialami oleh pengidap nyeri tumit.

Plantar fasciitis adalah salah satu gangguan penyakit yang terjadi pada jaringan yang menghubungkan tumit dengan jari kaki. Jaringan ini memiliki fungsi untuk meredam getaran, penyangga telapak kaki, dan membantu seseorang untuk berjalan. Umumnya, plantar fasciitis terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang banyak memberikan tekanan berlebih pada area tumit, misalnya lari jarak jauh, aerobik, atau balet. 

Tidak hanya itu, olahraga yang melakukan gerakan melompat berulang kali juga meningkatkan risiko seseorang alami kondisi nyeri tumit. Selain plantar fasciitis, nyeri tumit juga dapat terjadi akibat memar pada area tumit. Memar pada tumit terjadi akibat benturan berulang pada tumit. Gunakan alas kaki yang nyaman saat akan berolahraga untuk menghindari memar pada area tumit.

Selain olahraga, ada beberapa kondisi lainnya yang sebabkan nyeri tumit, seperti pengapuran tumit yang terjadi akibat plantar fasciitis yang terjadi secara berulang. Dilansir dari Medical News Today, penyakit tarsal tunnel syndrome juga meningkatkan risiko nyeri tumit. Robekan yang terjadi pada tendon, peradangan sendi sistemik, gangguan postur tubuh saat berjalan, dan penyakit asam urat dapat menjadi penyebab lain dari nyeri tumit.

Baca juga: Tips Memilih Sepatu untuk Mencegah Nyeri Tumit

Lakukan Ini untuk Mengatasi Nyeri Tumit

Dilansir dari Cleveland Clinic, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri tumit, seperti:

1. Istirahat

Jika nyeri pada tumit yang kamu alami disebabkan oleh gerakan atau olahraga yang berulang, cara yang bisa dilakukan dengan mengistirahatkan bagian kaki yang mengalami nyeri tumit. Tidak ada salahnya untuk mencoba untuk meregangkan area kaki untuk mengoptimalkan tindakan yang dilakukan saat mengatasi nyeri tumit.

2. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Pilihlah alas kaki yang nyaman saat berkegiatan atau berolahraga. Memilih alas kaki yang tepat dan nyaman dapat menghindari kamu dari peradangan jaringan di sekitar kaki.

3. Kompres Kaki

Mengompres kaki dengan menggunakan air dingin atau es dapat digunakan untuk meredakan nyeri tumit yang dirasakan. Kompres bagian kaki yang alami nyeri selama 5-15 menit sebanyak 3 kali dalam satu hari.

Baca juga: Pengidap Obesitas Rentan Alami Nyeri Tumit, Benarkah?

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri tumit. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rutin olahraga dan makan sehat agar memiliki kondisi berat badan yang ideal. Jangan lupa untuk selalu lakukan peregangan otot atau pemanasan sebelum melakukan olahraga.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Chronic Heel Pain? 4 Simple Fixes for Your Plantar Fasciitis
Medical News Today. Diakses pada 2020. Why Do My Heels Hurt and What Can I Do About It?
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Is Plantar Fasciitis
Healthline. Diakses pada 2020. Plantar Fasciitis Strechtes to Soothe Heel Pain