• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Olahraga Bisa Tambah Tinggi Anak? Ini Faktanya

Olahraga Bisa Tambah Tinggi Anak? Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta – Proses tumbuh kembang anak menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan bagi setiap orangtua. Beragam upaya tentunya dilakukan agar tumbuh kembang anak berjalan optimal, mulai dari mencukupi nutrisi yang dibutuhkan hingga aktivitas fisik yang baik untuk anak.

Baca juga: Begini Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak di Periode Emas

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga memerlukan olahraga untuk menjaga kesehatannya. Lalu, apakah dengan rutin berolahraga dapat menambah tinggi anak? Faktanya, tinggi anak tidak hanya ditentukan dari rutinitas olahraga yang dijalankan, melainkan kondisi kecukupan nutrisi dan faktor genetik orangtuanya. 

Tidak Hanya Olahraga, Inilah Pentingnya Asupan Nutrisi!

Dilansir dari Medical News Today, bukanlah olahraga yang menjadi faktor utama dari kondisi tinggi anak, melainkan faktor genetik. Ya, faktor genetik memengaruhi 80 persen kondisi tinggi anak. Jika orangtua memiliki kondisi tinggi badan yang optimal, hal ini diturunkan pada anak yang memiliki tinggi yang optimal. Sebaliknya, jika orangtua memiliki postur tubuh yang tidak terlalu tinggi, hal serupa kemungkinan akan dialami oleh anak.

Selain faktor genetik, hormon pada anak juga dapat memengaruhi tinggi anak. Ada beberapa hormon yang memengaruhi kondisi tinggi anak, salah satunya adalah hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan dibentuk pada kelenjar hipofisis dan merupakan hormon yang paling penting untuk pertumbuhan anak. 

Adanya gangguan kesehatan pada anak dapat menghambat proses pembentukan hormon pertumbuhan. Jadi, tidak ada salahnya orangtua memastikan kondisi kesehatan anak dalam keadaan optimal. Jika anak mengalami keluhan kesehatan, ibu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc agar keluhan kesehatan yang dialami anak dapat diatasi dengan baik.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Tanda Tumbuh Kembang Anak yang Ideal

Selama masa tumbuh kembang, ibu jangan lupa perhatikan asupan makanan yang tepat untuk anak agar anak dapat bertumbuh dengan optimal. Dilansir dari Healthline, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dilewatkan oleh anak, seperti buah, sayur, dan protein.

Memenuhi kebutuhan vitamin D anak juga dapat memperkuat kondisi tulang. Vitamin D dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan, seperti ikan, susu, dan kuning telur. Selain memerhatikan asupan nutrisi, sebaiknya ibu perhatikan waktu istirahat anak. Kebutuhan tidur yang terpenuhi dengan baik membantu proses tumbuh kembang anak sehingga anak mencapai tinggi yang optimal dalam masa tumbuh kembang. 

Olahraga yang Baik untuk Tinggi Anak

Dilansir dari Great Ormond Street Hospital for Children, ada beberapa manfaat yang dirasakan oleh anak ketika rutin melakukan olahraga atau aktivitas fisik, seperti meningkatkan daya konsentrasi, memperkuat tulang, menambah rasa percaya diri anak, dan membantu proses tumbuh kembang anak.

Jadi, tidak ada salahnya ibu mengajak anak untuk melakukan olahraga ini agar anak dapat merasakan beberapa manfaatnya dan menambah tinggi anak, yaitu:

1. Basket

Bermain bola basket akan membuat anak berlari dan melompat. Hal ini yang menyebabkan banyaknya aliran darah menuju lempeng pertumbuhan anak dan merangsang pertumbuhan pada anak.

2. Berenang

Berenang menjadi salah satu olahraga terbaik untuk mengoptimalkan tinggi badan. Berenang dapat membantu memperkuat tulang belakang anak dan mencapai postur tubuh yang baik.

3. Lompat Tali

Tentu ibu dapat mengajak anak melakukan lompat tali di rumah. Nah, rutin melakukan skipping rope, tubuh anak akan meregang dan mampu mengoptimalkan proses meninggikan tubuh anak.

Baca juga: Bagaimana Tahap Tumbuh Kembang Anak yang Ideal?

Itulah olahraga yang bisa ibu lakukan bersama dengan anak. Buatlah waktu olahraga menjadi menyenangkan agar anak menjadi gemar berolahraga. Tidak hanya tinggi badan yang optimal, kesehatan fisik maupun mental anak pun tentunya akan terjaga dengan baik.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Factors Influence a Person’s Height?
Healthline. Diakses pada 2020. How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do?
You Are Mom. Diakses pada 2020. 7 Factors That Influence Height in Children
Great Ormond Street Hospital for Children. Diakses pada 2020. Exercise for Children and Young People