Olahraga Dapat Bantu Proses Pengobatan Myositis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Myositis

Halodoc, Jakarta - Pernah merasakan kelemahan pada otot-otot yang muncul secara tiba-tiba dan membaik dengan sendirinya? Jika iya, berarti kamu tengah mengidap penyakit myositis, yaitu penyakit langka pada otot. Jika mengidap kondisi ini, kamu akan kehilangan massa otot, serta kematian jaringan otot, sehingga tubuh kamu menjadi sangat lemah.

Penyakit langka pada otot dapat menimbulkan komplikasi, bahkan beberapa diantaranya akan menimbulkan efek yang sangat fatal, seperti kehilangan nyawa. Jika sudah begini, kamu bisa melakukan beberapa olahraga berikut ini guna membantu proses pengobatan yang kamu lakukan.

Baca juga: Ketahui Pengobatan untuk Atasi Myositis

Olahraga yang dapat Membantu Proses Penyembuhan Myositis

Ketika myositis ini tiba-tiba menyerang, rasa nyeri yang dirasakan biasanya tidak tertahan. Kebanyakan pengidap penyakit langka pada otot yang satu ini akan membatasi aktivitasnya agar tidak banyak bergerak dan menimbulkan gejala. Sebenarnya aktivitas yang dilakukan dapat membantu meredakan rasa sakit yang dirasakan.

Dengan beberapa olahraga dibawah ini, kamu dapat menangani rasa nyeri yang dirasakan. Selain itu, kamu dapat membantu proses pemulihan otot yang mengalami gangguan. Beberapa olahraga yang dapat kamu lakukan, di antaranya:

  • Tai Chi

Tai chi akan menuntut pada gerakan tubuh yang lamban dan terkendali. Hal ini akan memberikan sedikit tekanan pada otot. Gerakan tubuh yang lamban pada tai chi akan membantu meringankan nyeri pada otot dan menurunkan kelemahan otot yang kamu alami. Tai chi juga akan membuat kamu memiliki keseimbangan tubuh yang baik.

  • Bermain Air

Kegiatan akuatik seperti berenang atau main air dapat mengurangi rasa nyeri akibat myositis. Apalagi jika kegiatan dilakukan pada kolam air hangat. Dengan temperatur air yang tinggi, pengidap myositis akan berfokus pada gerakan yang terkontrol dan aman. Air hangat juga dapat memulihkan otot yang mengalami kelemahan.

Baca juga: 5 Gejala Myositis yang Perlu Diketahui

  • Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan kegiatan paling mudah yang dapat dilakukan guna mengurangi ketegangan pada otot dan masalah persendian lainnya. Bagi pengidap myositis, berjalanlah dengan kecepatan yang membuat kamu nyaman. Jika sudah terbiasa dilakukan, pengidap penyakit otot langka ini akan terbiasa dan membuat otot yang mengalami kelemahan membaik dengan sendirinya.

  • Yoga

Yoga dapat dilakukan oleh pengidap myositis karena efektif dalam memperbaiki gejala fisik maupun psikologis. Latihan yoga secara teratur efektif dalam mengurangi rasa nyeri, memperbaiki postur tubuh dan fleksibilitas sendi dan otot, serta mengurangi ketegangan pikiran akibat stres. Gerakan yoga juga dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Sebagian besar kasus myositis yang ditemukan terjadi saat sistem imun tubuh menyerang otot dan jaringan ikat. Hal ini akan membuat otot membengkak, kemudian muncul gejala-gejala myositis. Gejala meliputi kelelahan, ruam pada kulit, serta kesulitan bernapas dan menelan. Jika mengidap gejala-gejala yang telah disebutkan, segera diskusikan dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc untuk mengetahui penanganan apa yang harus dilakukan.

Baca juga: Begini Pemeriksaan untuk Deteksi Myositis 

Beberapa pengidap bahkan tidak merasakan gejala nyeri otot. Selain sistem imun tubuh yang menyerang otot dan jaringan ikat, myositis dapat disebabkan oleh cedera akibat tergelincir, atau penyakit umum lainnya, seperti flu dan demam. Gejala yang dibiarkan begitu saja dapat berisiko menimbulkan komplikasi, seperti gagal jantung, serangan jantung, bahkan kematian. Jadi, segera diskusikan dengan dokter jika muncul gejalanya guna mencegah terjadinya komplikasi berbahaya, ya!