• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Olahraga Lari Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Mental

Olahraga Lari Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Olahraga Lari Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Mental

“Banyak orang yang memilih berolahraga lari karena mudah untuk dilakukan. Namun, tahukah kamu jika lari juga baik untuk kesehatan mental bukan hanya fisik? Nah, jika kamu ingin menjaga kesehatan mental, ada baiknya melakukan olahraga lari secara rutin.”

Halodoc, Jakarta – Lari adalah salah satu olahraga yang terbilang mudah untuk dilakukan karena tidak membutuhkan banyak peralatan. Olahraga ini juga dapat menyehatkan tubuh, bukan hanya secara fisik tetapi juga pada mental seseorang. Namun, bagaimana caranya olahraga jenis ini dapat membuat mental kamu lebih sehat? Untuk mengetahui jawabannya, baca selengkapnya uraian ini!

Manfaat Lari untuk Kesehatan Mental

Latihan fisik apa pun itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Saat kamu berolahraga dengan cara berlari, maka endorfin dan serotonin, yaitu zat kimia di otak yang dapat meningkatkan suasana hati, dilepaskan oleh tubuh. Dengan berlari secara teratur, dapat memberikan dorongan yang konsisten terhadap rasa bahagia, sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih baik.

Baca juga: Alasan Olahraga Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental

Nah, berikut itu beberapa manfaat lari yang baik untuk kesehatan mental:

1. Mengurangi Perasaan Stres

Salah satu manfaat lari sehingga baik untuk kesehatan mental adalah mampu mengurangi perasaan stres yang dirasakan. Hal ini disebabkan endocannabinoid yang dilepaskan oleh tubuh yang merupakan zat biokimia yang mirip dengan konsumsi ganja. Zat kimia ini diproduksi secara alami di dalam tubuh dan menyebar di aliran darah hingga ke otak. Hal ini dapat memberikan mengurangi perasaan stres dalam jangka pendek dan menenangkan.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Berlari dapat menjaga kesehatan mental dengan cara mengurangi rasa cemas dan depresi. Saat berlari, sirkulasi darah ke otak meningkat dan bagian otak dapat merespons stres sehingga memperbaiki suasana hati. Hal ini dapat menyebabkan perubahan untuk sementara yang dapat meningkatkan reaksi tubuh pada situasi yang menimbulkan rasa stres.

Baca juga: Kecanduan Olahraga, Ini Dampaknya pada Kesehatan Mental

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Berlari telah terbukti untuk membantu seseorang mendapatkan jadwal tidur yang normal. Hal ini disebabkan bahan kimia yang dilepaskan selama dan setelah berlari membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga tidur dapat lebih nyenyak. Selain itu, tubuh yang lelah berusaha untuk mengembalikan kekuatannya, sehingga kamu masuk dalam metode “deep sleep”. Dengan memiliki jadwal tidur yang teratur, sangat baik untuk otak dan kesehatan mental.

Jika kamu ingin tahu lebih jauh terkait manfaat dari lari untuk kesehatan mental, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan jawaban hingga saran saat kamu ingin melakukannya. Dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi dengan ahli medis melalui fitur Chat atau Voice/Video Call. Unduh sekarang juga!

4. Meningkatkan Kekuatan Otak

Lari dapat meningkatkan kekuatan otak dengan cara membuat sel-sel otak baru dan meningkatkan kinerja otak secara keseluruhan. Saat melakukan lari yang berat, kadar protein yang dapat membantu untuk pengambilan keputusan, serta pemikiran dan pembelajaran yang lebih cepat dihasilkan. Maka dari itu, pastikan terus meningkatkan beban dari olahraga lari agar kesehatan mental tetap terjaga.

Baca juga: Seberapa Besar Pengaruh Olahraga pada Kesehatan Mental?

5. Mengatasi Masalah Kesehatan

Jika kamu sudah mengalami gangguan mental, lari dapat membantu tubuh untuk lebih cepat pulih dari masalah ini. Disebutkan jika seseorang berlari secara teratur, efek yang dihasilkan sama seperti obat untuk meredakan gejala kecemasan dan depresi. Olahraga ini dianjurkan untuk dilakukan selama terapi dan pemulihan untuk meringankan gejala yang dapat timbul akibat penyakit mental.

Itulah beberapa manfaat dari olahraga lari pada kesehatan mental. Maka dari itu, ada baiknya untuk melakukan aktivitas fisik ini secara rutin agar mental kamu tetap terjaga dan tidak mudah terganggu. Kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus saat berlari, baik secara fisik dan juga mental. Cobalah mulai dengan perlahan jika kamu belum terbiasa melakukannya.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Mental Health Benefits of Running.
Very Well Health. Diakses pada 2021. Mental Health Benefits of Jogging and Running.