Olahraga Ringan yang Ampuh Usir Perut Buncit

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Perut Buncit,olahraga ringan

Halodoc, Jakarta – Hari gini masih susah menghilangkan perut buncit? Berarti kamu mengabaikan olahraga dan tips yang perlu kamu lakukan. Tentu saja, olahraga atau latihan merupakan cara alami yang akan membantu menyelesaikan masalah kamu. Bukan hanya untuk mengecilkan perut alami, olahraga juga bisa meningkatkan kebugaran tubuh kamu secara keseluruhan.

Olahraga yang paling mudah untuk memulai untuk mengusir perut buncit yaitu dengan latihan kardio. Selain murah, cara ini juga sangat mudah dilakukan. Berikut olahraga yang bisa kamu pilih:

1. Jalan-jalan

Aktivitas berjalan atau jalan-jalan bukan hanya bisa menyegarkan mata. Aktivitas murah meriah ini ternyata juga bisa kamu jadikan sebagai ramuan pengecil perut alami. Selain itu, pastinya jalan-jalan adalah aktivitas yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berjalan dapat membantu kamu membakar 300-400 kalori per jam. Agar pembakaran lemak di tubuh semakin maksimal, kamu bisa melakukan jalan cepat untuk membakar kalori lebih banyak. Bukan hanya itu, latihan kardio sederhana ini dapat membantu kamu mempertahankan berat badan ideal dan sehat. Selain itu, latihan ini ampuh memperbaiki mood kamu. Di samping itu, berjalan dapat membantu memperkuat tulang dan otot kamu.

2. Cross Trainer

Olahraga lainnya yang juga bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut adalah dengan menggunakan elliptical trainer. Alat ini dapat membantu kamu membakar hingga 500 kalori per jam dengan kecepatan sedang. Latihan ini dapat dijadikan pilihan, karena dapat membantu membakar lemak tubuh tanpa harus menyakiti sendi terlalu dalam. Tidak seperti treadmill atau sepeda stasioner, elliptical cenderung melatih seluruh tubuh kamu.

3. Skipping

Olahraga ini pasti sering kamu lakukan saat masih kanak-kanak. Padahal, sebaiknya kamu tidak perlu meninggalkan olahraga ini saat sudah dewasa. Banyak atlet yang mengandalkan olahraga ini untuk membantu meningkatkan stamina. Selain itu, lemak berlebih pun akan hilang. Cara paling mudah untuk mendapatkan manfaat maksimal pembakaran lemak yaitu dengan lompat tali selama satu menit. Kemudian, berhenti 20-30 detik dan ulangi kembali.

4. Berenang

Mungkin olahraga ini banyak disenangi untuk mengecilkan perut. Meskipun saat berenang keringat tidak terasa mengucur, berenang termasuk olahraga kardio. Dengan berenang, tubuh kamu akan mampu membakar hingga 14 kalori. Dibandingkan latihan kardio, berenang adalah latihan yang sedikit sekali berpotensi cedera dan merupakan cara yang baik untuk mengecilkan perut kamu.

5. Naik Turun Tangga

Kamu tidak perlu keluar rumah atau kantor untuk melakukan olahraga ini. Cukup lakukan di tangga rumah atau kantormu saat waktu luang. Nyatanya, naik turun tangga bisa membantu kamu membakar hingga 600 kalori per jam dan kamu bisa melakukannya dalam kecepatan sedang. Namun perlu diingat, olahraga ini dapat menempatkan tekanan yang cukup banyak pada lutut. Oleh karena itu, kamu harus tetap berhati-hati dalam melakukannya.

6. Push Up

Hasil penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Obesity menyebutkan bahwa push up dapat meningkatkan kadar hormon testosteron yang meluncurkan lemak di perut. Selama ini, kekurangan hormon testosteron dianggap sebagai salah satu penyebab penumpukan lemak visceral di perut. Kamu tidak perlu push up terlalu lama. Cukup lakukan semampunya, minimal 50 kali dalam dua sesi.

Setelah melakukan beberapa pilihan olahraga di atas, sebaiknya tetap cek kesehatan kamu dengan melakukan diskusi pada dokter di Halodoc. Diskusi dilakukan demi pendampingan dan agar kamu mendapat saran terbaik dari dokter. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berdiskusi dengan cara Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Baca juga: