12 March 2018

Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan dengan Teman

Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan dengan Teman

Halodoc, Jakarta – Setiap orang punya cara masing-masing untuk menikmati sesi olahraga. Ada yang senang berolahraga sendiri dan ada juga yang senang berolahraga bersama teman. Semua pilihan sah-sah saja. Namun, jika kamu mulai kehilangan motivasi untuk berolahraga, kamu bisa mengajak teman untuk bergabung dengan sesi olahraga yang kamu lakukan. Karena ada studi yang menyebutkan bahwa berolahraga bersama teman bisa membuat kamu tetap termotivasi dan membuat sesi olahraga terasa lebih menyenangkan.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Translational Behavioral Medicine juga menyebutkan bahwa orang-orang dari berbagai usia akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak jika berolahraga bersama teman. Bahkan, studi tersebut menemukan bahwa program penurunan berat badan cenderung lebih konsisten dijalankan pada orang yang melakukannya bersama teman. Nah, selain diet bersama teman, ada 4 jenis olahraga seru yang dilakukan bersama teman. Intip disini, yuk! (Baca juga : 5 Alasan Olahraga Bareng Teman Lebih Seru)

1. Lari

Kalau kamu punya sahabat yang tinggal satu komplek, kamu bisa mengajaknya untuk lari bersama. Selain mudah dan murah, lari bersama teman juga bikin sesi olahraga menjadi lebih menyenangkan. Ini karena kamu bisa saling memberikan semangat dan dukungan agar mencapai kebugaran tubuh. Tapi, untuk kamu yang belum terbiasa lari, kamu bisa memulainya dengan berlari kecil (joging) bersama teman. Karena meskipun sederana, olahraga lari punya banyak manfaat, diantaranya memperlancar aliran darah, meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, serta memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot agar bekerja lebih baik.

2. Yoga

Tidak hanya membuat tubuh lebih segar dan bugar, yoga juga dapat mengendalikan stres, menenangkan pikiran, dan mengurangi kecemasan. Karena itu, yoga juga dikenal sebagai olahraga tubuh dan pikiran. Kamu bisa mengikuti sesi yoga di tempat khusus yoga, atau di rumah dengan memanggil instruktur yoga. Nah, agar tidak membosankan, kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk ikut sesi yoga bersama. (Baca juga : 7 Manfaat Yoga Bagi Wanita)

3. Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah jenis olahraga yang memerlukan lawan main. Karena itu, kamu bisa mengajak teman untuk bermain bulu tangkis bersama. Selain mempererat silaturahmi, bulu tangkis juga dapat menguatkan otot dan persendian tubuh, meningkatkan fungsi kognitif otak, menurunkan berat badan, mengurangi stres, dan meningkatkan kebugaran tubuh.

4. Futsal

Futsal adalah olahraga yang bisa diikuti oleh banyak orang. Futsal dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing tim terdiri dari lima orang. Meskipun futsal identik dengan laki-laki, namun, futsal juga bisa dilakukan oleh perempuan. Sama halnya dengan olahraga lainnya, selain dapat mempererat pertemanan, futsal juga dapat mengencangkan otot-otot tubuh, melancarkan peredaran darah, mengurangi stres, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jadi, daripada kamu terus menunda olahraga, lebih baik kamu ajak teman-temanmu untuk ikut berolahraga. Karena selain bikin tubuh bugar, berolahraga bersama teman juga bisa mempererat hubungan pertemanan. Nah, agar tidak cedera, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga, ya. Kamu juga bisa menanyakan ke dokter Halodoc tentang pertolongan pertama saat cedera, sehingga kamu enggak perlu panik kalau tiba-tiba cedera saat berolahraga. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.