• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Olahraga Simpel yang Bisa Dilakukan di Kantor

Ini 6 Olahraga Simpel yang Bisa Dilakukan di Kantor

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Banyak alasan untuk menunda atau bahkan meninggalkan olahraga. Alasannya yang paling umum adalah super sibuk karena pekerjaan yang menumpuk. Padahal, agar tubuh tetap fit dan konsentrasi tetap tajam, kita mesti harus rajin bergerak dan rutin berolahraga. Nah, bagi kamu yang super sibuk, sebenarnya bisa kok melakukan berbagai jenis olahraga ringan di kantor. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca juga: Olahraga Juga Menyehatkan Otak, Kok Bisa?

1. Gunakan Beban Tubuh

Beban tubuh merupakan olahraga ringan di kantor yang bisa kamu coba. Gerakan yang satu ini cukup sederhana, bisa kamu lakukan di mana pun tanpa membutuhkan alat-alat tertentu. Misalnya, kamu bisa mencoba desk push up. Caranya sederhana kok, seperti melakukan push up, tetapi menggunakan tumpuan meja kerja. 

Tempatkan tangan di tepi meja, lebarkan bahu, dan posisikan kaki di belakang. Lalu, dorong dengan kekuatan dan lakukan sebanyak yang kamu bisa. Selain desk push up, ada pula olahraga beban tubuh lainnya yang bisa kamu coba seperti  push up, sit up, dan jumping jack agar tubuh tetap aktif bergerak. 

2. Angkat beban

Kalau tidak tertarik menggunakan beban yang berat, kamu bisa kok memilih dumbbell kecil sebagai alternatifnya. Selain itu, dumbbell ini juga cukup praktis untuk digunakan dan disimpan. Selain membuat badan tetap aktif, angkat beban juga menjadi cara jitu untuk menjaga kesehatan otot dan meningkatkan kepadatan tulang. 

Baca juga: 5 Tips Latihan Angkat Beban untuk Pemula

3. Squat

Squat juga bisa kamu pilih sebagai olahraga ringan di kantor. Kamu bisa melakukannya di atas kursi kantor dengan gerakan duduk-berdiri yang dilakukan secara berulang. Pastikan agar kursi kerjamu tidak bergerak terlebih dahulu agar olahragamu tidak terganggu. 

Selain squat, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan squat-lunge. Gerakannya jelas, squat dan lunge. Lunge sendiri merupakan gerakan menekuk lutut ke depan, sementara kaki lainnya di posisikan di belakang. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan duduk-berdiri-lunge. Gerakan sederhana ini sudah cukup melatih otot kaki. 

4. Chair Dips

Olahraga ringan di kantor ini menitikberatkan pada otot-otot bahu, trisep, dan paha. Posisikan kaki di depan, lalu letakkan tangan pada tepi kursi atau meja (badan mengarah arah berlawan). Kemudian, angkat tubuh ke bawah dan ke atas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali repetisi. 

5. Peregangan Tangan

Peregangan tangan juga bisa kamu pilih sebagai olahraga ringan di kantor. Caranya mudah kok. Letakkan tangan di atas pangkuan, dengan satu telapak telungkup di atas telapak yang terbuka. Lalu, lengan harus membentuk garis lurus dari siku ke siku. 

Kemudian, geser sedikit kedua tangan, tekuk jari-jari, dan kunci jari-jari tersebut. Tarik sekuat mungkin, tetapi usahakan agar ikatan jari-jari tidak lepas. Latihan isometrik ini bisa memperkuat otot bahu, dada, bisep, dan sederhana, tanpa perlu meninggalkan meja kerja. 

Baca juga: Kram saat Olahraga? Ini Penyebabnya

6. Jalan Kaki

Bosan terus-terusan berada di dalam ruangan? Nah, jalan kaki merupakan olahraga ringan di kantor yang tak kalah baik manfaatnya. Ingat, jangan terus berada di depan meja selama berjam-jam. Ketika badan sudah terasa kaku atau cukup lelah, cobalah ambil sejenak waktu untuk mengistirahatkannya. Kamu bisa kok mencoba jalan santai di halaman kantor atau ke tempat lainnya sembari menjernihkan pikiran. 

Agar hasilnya maksimal, kamu bisa kok meningkatkan kecepatan saat berjalan kaki. Misalnya, dengan kecepatan 100 langkah per menit. 

Terlebih lagi, jalan cepat menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Bahkan, menurut kolaborasi peneliti dari University of Sydney, Cambridge, Edinburgh, Limerick dan Ulster, mereka yang berjalan dengan kecepatan tinggi, mengalami penurunan risiko kematian hingga 53 persen. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
The Washington Post. Diakses pada 2020. A workout at work?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Office exercise: Add more activity to your workday.