• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Olahraga Tanpa Pemanasan Bisa Sebabkan Sakit Pinggang

Olahraga Tanpa Pemanasan Bisa Sebabkan Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Olahraga Tanpa Pemanasan Bisa Sebabkan Sakit Pinggang

Halodoc, Jakarta - Berolahraga dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, terlebih lagi jika dilakukan secara rutin. Kamu dapat melakukan olahraga yang ringan, seperti berjalan kaki atau jogging, hingga yang berat, seperti mengangkat beban dan lainnya. Meski begitu, terkadang berolahraga bukannya merasa lebih segar melainkan menimbulkan sakit pinggang.

Seseorang dapat merasakan sakit pinggang akibat melakukan olahraga tanpa adanya pemanasan. Padahal, pemanasan sangat penting agar dapat membuat tubuh terhindar dari risiko kram dan cedera. Maka dari itu, kamu harus tahu hubungan antara olahraga yang dilakukan tanpa pemanasan dan risiko terjadinya sakit pinggang. Berikut ulasannya!

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Sering Disepelekan

Sakit Pinggang karena Olahraga Tanpa Pemanasan

Pemanasan sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk mencegah kambuhnya sakit pinggang, bahkan cedera baru lainnya. Otot yang tanpa pemanasan saat akan berolahraga cenderung menjadi kaku dan tidak fleksibel, sehingga rentan untuk robek saat mendapatkan tugas yang berat secara tiba-tiba. Maka dari itu, pastikan kamu selalu melakukan pemanasan agar dapat mencegah sakit pinggang.

Selain itu, pemanasan saat akan berolahraga juga dapat mempersiapkan sistem kardiovaskular tubuh untuk melakukan aktivitas fisik dengan cara meningkatkan aliran darah ke otot-otot dan suhu tubuh. Saat otot tubuh sudah cukup siap untuk mendapatkan beban, risiko mengalami nyeri otot dan cedera dapat menurun drastis.

Berikut ini beberapa manfaat dari pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga:

1. Meningkatkan Aliran Darah

Salah satu manfaat pemanasan yang dapat dirasakan sebelum olahraga adalah terjadinya peningkatan aliran darah di dalam tubuh. Lakukan pemanasan selama 10 menit dengan gerakan yang ringan agar darah mengalir ke otot rangka dan membuka kapiler darah. Darah membawa oksigen yang dibutuhkan otot agar berfungsi dengan baik. Maka dari itu, saat aliran darah tubuh tetap lancar, fungsi otot ketika berolahraga menjadi maksimal.

2. Peningkatan Efisiensi Oksigen

Manfaat pemanasan lainnya pada tubuh adalah terjadinya peningkatan efisiensi penggunaan oksigen. Saat pemanasan dilakukan, oksigen dilepaskan dari darah dengan lebih mudah. Otot akan membutuhkan jumlah oksigen yang lebih tinggi saat berolahraga. Maka dari itu, penting untuk membuat oksigen selalu siap digunakan melalui pemanasan agar sakit pinggang tidak terjadi.

Baca juga: Inilah Artinya Sakit Pinggang Belakang

3. Mencegah Cedera

Pemanasan juga dapat bermanfaat untuk mencegah cedera dengan membuat persendian menjadi lebih rileks dan meningkatkan aliran darah ke otot. Hal tersebut dapat membuat otot tidak mudah untuk robek atau cedera dengan cara yang berbahaya selama latihan dilakukan. Peregangan juga dapat membantu tubuh untuk mempersiapkan otot agar siap menjalankan aktivitas fisik.

4. Meningkatkan Mental

Pemanasan juga dapat memberi manfaat lainnya pada otak, yaitu dapat meningkatkan fokus pada tubuh dan aktivitas fisik lainnya saat menjalani prosesnya. Fokus pada tubuh ini dapat terbawa hingga sesi latihan yang berdampak baik bagi peningkatan teknik, koordinasi, hingga keterampilan.

5. Respons Otot Lebih Cepat

Pemanasan yang dilakukan dengan aktivitas fisik dapat meningkatkan suhu tubuh, sehingga transmisi saraf dan metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Hal tersebut dapat membuat otot melakukan tugasnya menjadi lebih cepat dan efisien.

Itulah pembahasan mengenai olahraga tanpa pemanasan yang dapat meningkatkan risiko untuk mengalami sakit pinggang. Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Terlebih lagi jika olahraga yang dilakukan berat dan intens, sehingga tubuh perlu persiapan.

Baca juga: Kurang Minum Bisa Sebabkan Sakit Pinggang?

Selain itu, jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait sakit pinggang yang disebabkan oleh olahraga tanpa adanya pemanasan, dokter dari Halodoc siap menjawab semua hal yang masih belum dimengerti. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Referensi:
Tri-City Medical Center. Diakses pada 2020. Why Warming Up and Cooling Down is Important.
Polaris Spine & Neurosurgery Center. Diakses pada 2020. 8 Exercise Mistakes That Exacerbate Back Pain.