• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Olahraga Tinju Efektif untuk Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Olahraga Tinju Efektif untuk Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Olahraga Tinju Efektif untuk Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Olahraga tinju atau boxing identik dengan “kekerasan” dan pria-pria bertubuh besar. Padahal, olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Manfaat yang bisa diperoleh jika menekuni olahraga tinju juga beragam, salah satunya untuk menurunkan berat badan. 

Jika saat ini kamu sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, tidak ada salahnya untuk mencoba olahraga tinju. Namun, mengapa olahraga tinju efektif untuk menurunkan berat badan? Ketahui alasannya dalam pembahasan berikut!

Baca Juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Olahraga

Olahraga Tinju Bisa Membakar Banyak Kalori

Olahraga tinju dapat menguras banyak energi. Otot-otot di seluruh tubuh ikut bekerja lebih keras. Secara otomatis, kalori yang dibakar ketika kamu melakukan olahraga ini cukup banyak sehingga membantu untuk menurunkan berat badan.

Secara umum, kalori yang dibakar saat olahraga tinju adalah 400 kalori per jam pada wanita, dan 500 kalori per jam pada pria. Namun, berapa banyak kalori yang terbakar ketika olahraga tinju dapat berbeda-beda, tergantung kondisi tubuh setiap orang dan jenis latihan yang dilakukan. 

Sama seperti olahraga lainnya, olahraga tinju membantu meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak dan kalori. Manfaat ini tentunya bisa didapatkan jika melakukan olahraga tinju secara rutin, dibarengi dengan diet sehat. 

Baca Juga: Lakukan 3 Tips Olahraga Ini agar Tidak Cedera

Ragam Manfaat Olahraga Tinju Lainnya

Salah satu manfaat olahraga tinju yaitu membantu menurunkan berat badan. Lalu, apa hanya itu manfaatnya? Tentu, tidak. Berikut segudang manfaat olahraga tinju lainnya, yaitu:

1.Memelihara Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ vital tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Jika tidak, tentunya berbagai masalah kesehatan pada jantung akan mengintai. Nah, olahraga tinju dapat membuat jantung berfungsi secara lebih efisien. Alasannya karena olahraga tinju mendorong tubuh untuk terus bergerak.

Gerakan pukulan yang jadi ciri khas olahraga ini juga membuat otot-otot berkontraksi. Ketika itulah jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah dan oksigen. Jika dilakukan secara rutin, kesehatan jantung terus terjaga. 

2.Melatih Otot-Otot Inti dan Stabilitas Tubuh

Otot-otot inti dalam tubuh juga dapat terlatih jika kamu rutin melakukan olahraga tinju. Sebab, gerakan tinju banyak melibatkan otot inti, yang meliputi otot panggul, punggung, pinggang, dan perut. Pukulan yang dilakukan dalam olahraga tinju akan melatih otot menjadi lebih kuat. 

Lalu, saat otot sudah semakin kuat, risiko mengalami cedera dan nyeri punggung pun berkurang. Selain itu, kekuatan otot inti juga dapat berdampak pada postur tubuh yang lebih baik. Kemampuan motorik tubuh dalam menjaga keseimbangan juga terlatih berkat gerakan dalam olahraga tinju yang cepat dan serba spontan. 

Baca Juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

3.Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Tubuh

Kemampuan koordinasi tubuh yang baik dibutuhkan ketika menggerakkan beberapa bagian tubuh secara bersamaan. Nah, olahraga tinju bisa menjadi cara yang tepat untuk meningkatkannya. Sebab, kamu akan berlatih untuk menyelaraskan gerak tubuh dan kaki. 

Selain itu, kamu juga jadi belajar bagaimana cara memperkirakan ke mana gerak tangan harus diarahkan agar pukulan dapat mendarat sempurna, pada titik lemah objek yang akan diserang. Dengan begitu, kemampuan koordinasi tubuh akan meningkat.

4.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Olahraga tinju memberikan manfaat bagi daya tahan tubuh. Jika otot sudah terlatih, kamu dapat meninju lebih kuat tanpa merasa lelah. Terlebih, ketika berlatih, kamu juga turut membuat kerja paru-paru dalam menyerap oksigen dan menyalurkannya menuju aliran darah menjadi lebih efisien. Lebih banyak darah dan oksigen dalam otot tubuh membantu kamu berlatih lebih lama.

Itulah penjelasan mengenai manfaat olahraga tinju. Mulai dari membantu menurunkan berat badan, hingga berbagai manfaat lainnya. Jika ada yang ingin kamu tanyakan seputar olahraga atau gaya hidup sehat lainnya, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Fit & Me. Diakses pada 2020. 10 Benefits of Boxing That Will Have You Punching Your Heart Out.
Livestrong. Diakses pada 2020. 6 Reasons You Should Try a Boxing Workout.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. Punch Up Your Exercise Routine With Fitness Boxing.