• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Pengidap Fibromyalgia

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Pengidap Fibromyalgia

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan orang jadi enggan berolahraga ketika sedang sakit. Ini karena mereka takut itu akan memperburuk gejala. Apalagi jika ia mengidap fibromyalgia yang menyebabkan seorang alami nyeri di sekujur tubuhnya. Namun, jangan khawatir, penelitian menunjukkan bahwa olahraga secara teratur mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi anggota tubuh pengidap fibromyalgia. 

Rasa nyeri dan kelelahan yang terkait dengan fibromyalgia menyulitkan pengidapnya untuk berolahraga dan beraktivitas sehari-hari. Namun, pengidap penyakit ini wajib untuk tetap aktif secara fisik. Dengan banyak bergerak, maka rasa sakit bisa berkurang. Hasilnya, fungsi tubuh dan kualitas hidup meningkat secara keseluruhan.

Baca juga: Kenapa Wanita Lebih Berisiko Mengidap Fibromyalgia?

Jenis Olahraga yang Cocok untuk Pengidap Fibromyalgia

Melansir The National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, terdapat aktivitas fisik yang disarankan untuk pengidap fibromyalgia, yaitu:

  • Latihan Aerobik

Olahraga aerobik yang teratur mengatasi rasa nyeri, fungsi tubuh dan kualitas hidup pengidap fibromyalgia. Banyak dokter merekomendasikan latihan aerobik yang lembut sebagai pengobatan utama. Olahraga ini disarankan sebelum pengidapnya disarankan untuk mengonsumsi obat. Namun, jika dokter sudah meresepkan obat untuk mengatasi rasa nyeri, olahraga ini tetap disarankan untuk rutin dilakukan. Jika terlalu menyakitkan untuk melakukan gerakan yang lebih aktif, kamu bisa mulai dengan berjalan, bergerak di kolam renang, atau kegiatan sederhana lainnya. Jika kamu melakukan ini secara teratur, maka kamu bisa membangun kekuatan dan daya tahan dari waktu ke waktu.

  • Berjalan

Ini adalah olahraga sederhana dan seringkali menjadi yang paling baik. Kamu dapat melakukannya di mana saja dan yang dibutuhkan hanyalah sepasang sepatu. Mulailah dengan berjalan kaki ringan dan terus berjalan hingga waktu yang lama atau dengan langkah cepat. Untuk mendapatkan manfaatnya, lakukanlah setidaknya 30 menit tiga kali per minggu.

  • Latihan Renang

Air hangat dan olahraga ringan adalah kombinasi yang membantu meringankan rasa sakit fibromyalgia. Penelitian pada wanita berusia antara 18 dan 50 tahun, yang diterbitkan dalam Journal of Physical Therapy Science, menunjukkan bahwa olahraga di kolam renang lebih baik daripada latihan aerobik berbasis gym atau latihan peregangan. 

Baca juga: Pernah Diidap Lady Gaga, Kenali Bahaya Fibromyalgia

  • Peregangan

Sebetulnya kamu tidak harus mengeluarkan keringat saat berolahraga. Terlebih pada pengidap fibromyalgia, terdapat olahraga yang dilakukan tanpa mengeluarkan keringat, seperti: 

  • Peregangan lembut;
  • Latihan relaksasi;
  • Mempertahankan postur yang baik.

Namun, pastikan untuk berhati-hati dan tidak berlebihan. Terbaik adalah meregangkan otot yang kaku setelah melakukan latihan aerobik ringan untuk pemanasan. Hal ini membantu kamu terhindar dari cedera. Berikut ini tips peregangan yang sehat, yaitu:

  • Bergeraklah dengan lembut;
  • Jangan pernah meregang ke titik rasa sakit;
  • Tahan peregangan ringan hingga satu menit untuk mendapatkan manfaat terbaik;
  • Lakukan latihan kekuatan;

Pelatihan kekuatan dapat secara signifikan meningkatkan kualitas hidup bagi orang-orang dengan fibromyalgia. Pelatihan kekuatan meliputi latihan ketahanan dan angkat beban. Penting untuk meningkatkan intensitas secara perlahan dan menggunakan bobot yang ringan.

  • Pekerjaan Rumah Tangga

Semua jenis aktivitas fisik bisa dihitung olahraga bagi pengidap fibromyalgia. Berkebun, menyedot debu, atau menggosok kamar mandi mungkin tidak mengurangi rasa sakit, tetapi kegiatan sehari-hari seperti ini terbukti mengurangi kelelahan dan meningkatkan fungsi fisik dan kualitas hidup.

Baca juga: 7 Tips Pola Makan Bagi Pengidap Fibromyalgia

Jangan Menyerah dan Lakukan dengan Rutin

Cara untuk mendapatkan manfaat dari aktivitas fisik ini adalah rutin untuk melakukannya. Bangun kebiasaan sehat ini secara bertahap dan sangat mungkin gejala akan membaik. Jika kamu perlu bantuan untuk memulai, minta dokter atau terapis fisik untuk merekomendasikan latihan yang harus dilakukan di rumah. Chat dokter di Halodoc untuk mendapatkan saran kesehatan yang kamu butuhkan. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Best Exercise for Fibromyalgia.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Fibromyalgia: Does Exercise Help or Hurt?