15 February 2018

Olahraga yang Tepat untuk Si Kurus

Olahraga yang Tepat untuk Si Kurus

Halodoc, Jakarta – Punya tubuh kurus bukan berarti kamu enggak perlu berolahraga lagi. Bagaimana pun bentuk tubuh kamu, olahraga tetap penting dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan. Tapi agar tubuh kurus kamu jadi sedikit berisi, kamu disarankan melakukan olahraga yang bisa membentuk atau menambah massa otot, sehingga bentuk tubuh terlihat lebih bagus dan ideal. Yuk, cari tahu jenis-jenis olahraga apa saja yang cocok dilakukan oleh kamu yang bertubuh kurus.

Bagi yang memiliki tubuh kurus, tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang sifatnya endurance, seperti berjalan, jogging, lari, dan berenang, karena bisa membuat mereka bertambah semakin kurus. Sebaliknya, orang-orang bertubuh kurus dianjurkan untuk melakukan olahraga yang bisa membuat massa otot dalam tubuhnya bertambah, sehingga tubuh jadi lebih berisi, kencang dan berbentuk.

  1. Angkat Beban

Kamu yang bertubuh kurus dianjurkan untuk melakukan olahraga angkat beban, misalnya seperti angkat besi atau berlatih dengan menggunakan barbel. Olahraga angkat beban bermanfaat untuk menambah masa otot tubuh bagian atas, sehingga tubuh kurusmu pun bisa jadi lebih kencang dan berisi. Kamu perlu rutin melakukan jenis olahraga ini minimal seminggu sekali untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

  1. Push up

Enggak hanya angkat beban, push up juga bisa menjadi latihan untuk menambah masa otot tubuh bagian atas. Latihan ini bermanfaat untuk membesarkan otot-otot bagian dada, lengan, bahu, dan juga memperkuat punggung. Jika dilakukan secara rutin dan didukung dengan pola makan yang sehat, tubuh kurusmu pun pelan-pelan akan semakin berisi. Lakukanlah push up sebanyak 15-20 kali dan ulangi sebanyak 3 set setiap harinya, lalu tingkatkan jumlahnya seiring waktu.

  1. Squats

Kalau push up dan angkat beban untuk menambah masa otot tubuh bagian atas, kamu bisa melakukan squats untuk menambah masa otot tubuh bagian bawah. Olahraga yang mudah dan bisa dilakukan di rumah ini bermanfaat untuk mengencangkan bokong dan kaki sehingga terlihat lebih kencang dan berbentuk. Cocok dilakukan oleh kamu yang memiliki bokong tepos. Lakukan squats secara rutin sebanyak 15-30 kali dan ulangi sebanyak 2-3 set.

  1. Lunges

Selanjutnya, olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menambah masa otot adalah lunges. Latihan lunges bermanfaat untuk mengencangkan otot kaki, paha, dan bokong. Caranya sangat mudah, yaitu rentangkan satu kaki ke depan sejauh yang kamu bisa, lalu tekuk lutut kaki tersebut hingga 90 derajat. Ulangi gerakan yang sama dengan kaki yang satunya lagi sebanyak 20 kali.

  1. Trice Dips

Agar tubuh kurus kamu bisa terlihat lebih berbentuk, lakukan latihan trice dips secara rutin. Olahraga ini berguna untuk mengencangkan sekaligus memperbesar otot lengan dan bagian belakang tubuh, yaitu punggung dan pinggul. Caranya, duduk di kursi dengan tangan memegang pinggir kursi. Lalu pindahkan badan dari atas kursi ke bawah kursi dengan tangan masih memegang pinggir kursi, hingga berat badan bertumpu pada kedua lengan. Tahan selama beberapa detik lalu kembali ke posisi semula. Ulangi sebanyak yang kamu bisa untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itulah beberapa olahraga yang cocok dilakukan kamu yang bertubuh kurus. Jika kamu punya masalah dalam menaikkan berat badan, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa meminta saran kesehatan kepada dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkanmu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini memiliki fitur Lab Service yang memudahkanmu melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.