Operasi Katarak, Ini yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Operasi Katarak, Ini yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Katarak adalah penyakit yang membuat lensa mata pengidapnya keruh hingga mengganggu penglihatan. Kondisi ini juga membuat pengidapnya sulit membedakan warna dan melihat benda terang karena penglihatan ganda. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya bicara pada dokter mata untuk mendapat penanganan yang tepat.

Baca Juga: Penyebab Mata Katarak yang Perlu Diketahui

Prosedur Pelaksanaan Operasi Katarak

Untuk mengatasi katarak, pengidap harus menjalani operasi. Prosedur operasi katarak tergolong aman dilakukan dan jarang menimbulkan komplikasi. Operasi katarak dapat menimbulkan komplikasi, seperti infeksi mata, peradangan mata, penurunan kelopak mata, perdarahan, lensa buatan terlepas, ablasio retina, glaukoma, katarak muncul kembali akibat keruhnya kapsul belakang lensa mata, hingga kebutaan.

Jika kamu didiagnosis katarak dan hendak menjalani operasi, berikut beberapa hal yang perlu diketahui terkait pelaksanaannya:

1. Persiapan Operasi Katarak

Pemeriksaan USG mata dilakukan sebelum operasi dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memperkirakan bentuk dan ukuran lensa buatan yang akan dipasang di mata saat operasi. Terdapat tiga jenis lensa yang bisa dipasang pada mata pengidap katarak, yaitu lensa monofokal, lensa torik, dan lensa multifokal. 

Ada beberapa hal yang dilakukan sebelum operasi katarak, antara lain: memberitahu dokter terkait konsumsi obat atau penyakit yang diidap dan berpuasa sehari sebelum menjalani operasi. Sebaiknya, minta keluarga untuk menemani saat operasi agar mendapat dukungan moril yang bisa berdampak positif pada proses pemulihan pasca operasi.

Baca Juga: Masih Muda Sudah Kena Katarak? Ini Penyebabnya

2. Prosedur Operasi Katarak

Operasi katarak dilakukan dengan menghancurkan lensa yang keruh menggunakan alat khusus. Setelah hancur, lensa tersebut diangkat dari bola mata dan diganti dengan lensa buatan. Dokter akan meneteskan obat khusus untuk memperlebar pupil, sehingga memudahkan pelaksanaan operasi. Setelah pupil melebar, diberikan anestesi lokal pada mata atau obat penenang jika pengidap merasa cemas menjelang operasi.

Selama operasi dilakukan, pengidap akan tetap sadar dan membuka mata hingga semua prosedur selesai dilakukan. Biasanya, operasi katarak berlangsung selama 45-60 menit. Jika kedua mata terkena katarak, dokter hanya mengoperasi salah satu mata terlebih dahulu. Setelah mata tersebut sembuh, dilakukan prosedur yang sama pada mata satunya.

3. Setelah Operasi Katarak

Perban akan dipasang pada mata pengidap pasca operasi. Untuk membantu proses pemulihan, dokter memberikan obat tetes mata untuk menghindari risiko infeksi dan peradangan. Kamu nggak perlu khawatir jika setelah operasi katarak, mata terasa tidak nyaman dan gatal. Jangan digaruk atau digosok agar tidak memperburuk kondisi mata, lebih baik teteskan obat mata yang diresepkan dokter. Delapan hari setelah operasi, biasanya kondisi mata sudah membaik.

Baca Juga: Katarak Mengincar, Mulai Jaga Kesehatan Mata

Itulah hal yang perlu diketahui terkait operasi katarak. Kalau kamu punya keluhan pada mata, jangan ragu berbicara dengan dokter ahli. Tanpa harus antre, sekarang kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan di sini. Kamu juga bisa tanya jawab sama dokter dengan download aplikasi Halodoc via fitur Tanya Dokter.