• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Operasi Lesung Pipi untuk Percantik Penampilan, Ini Prosedurnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Operasi Lesung Pipi untuk Percantik Penampilan, Ini Prosedurnya

Operasi Lesung Pipi untuk Percantik Penampilan, Ini Prosedurnya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 September 2022

“Lesung pipi bisa dibentuk dengan tindakan operasi. Operasi lesung pipi bisa dilakukan di rumah sakit dengan memberikan bius lokal.”

Operasi Lesung Pipi untuk Percantik Penampilan, Ini ProsedurnyaOperasi Lesung Pipi untuk Percantik Penampilan, Ini Prosedurnya

Halodoc, Jakarta – Lesung pipi adalah lekukan kecil yang muncul pada permukaan kulit dan bisa ditemukan di beberapa bagian tubuh. Namun, umumnya lesung pipi muncul pada salah satu atau kedua pipi.

Keberadaan lesung pipi dinilai mampu menambah daya tarik dan membuat senyuman seseorang menjadi lebih menarik. Umumnya lesung pipi muncul secara alami, tetapi kini lesung pipi bisa didapatkan melalui tindakan bedah. Yuk, simak ulasan mengenai prosedur operasi lesung pipi untuk mempercantik penampilan.

Begini Prosedur Operasi Lesung Pipi

Operasi lesung pipi atau dimpleplasty adalah tindakan bedah yang bisa dilakukan untuk menciptakan lesung pipi pada bagian pipi. Lesung pipi umumnya terjadi secara alami dari lekukan pada dermis karena disebabkan otot wajah yang lebih dalam. 

Selain itu, lesung pipi juga dianggap sebagai bagian dari kecantikan hingga tanda keberuntungan. Hal ini membuat banyak orang ingin memiliki lesung pipi.

Namun perlu diketahui, melakukan prosedur operasi lesung pipi bukanlah suatu tindakan medis. Operasi lesung pipi banyak dilakukan karena alasan estetika belaka. 

Lalu, bagaimana prosedur operasi lesung pipi dilakukan? Operasi lesung pipi bukanlah tindakan besar. Kamu tidak perlu melakukan rawat inap saat akan melakukan operasi lesung pipi.

Berikut ini prosedur yang akan dijalankan untuk melakukan operasi lesung pipi, yaitu:

  1. Dokter akan mengoleskan anestesi topikal. Pada tindakan operasi lesung pipi ini, kamu tidak akan mendapatkan bius total. Biasanya, dokter hanya memberikan bius lokal pada bagian yang akan mendapatkan lesung pipi. 
  2. Setelah anestesi bekerja, dokter akan menggunakan alat kecil untuk membuat lesung pipi pada kulit secara manual. Sejumlah otot dan lemak dihilangkan untuk membentuk lesung pipi. Bagian ini akan memiliki panjang 2 hingga 3 sentimeter.
  3. Setelah ruang untuk lesung pipi terbentuk, dokter akan memberikan jahitan kecil pada bagian tersebut.

Setelah tindakan ini selesai, kamu akan diminta untuk melakukan rawat jalan dan diperbolehkan pulang. Tindakan operasi lesung pipi juga dapat menyebabkan pipi mengalami pembengkakan ringan. Namun, kamu bisa melakukan perawatan di rumah dengan mengompres dingin untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan.

Saat melakukan operasi lesung pipi, kamu akan diminta untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan longgar. Pastikan untuk tidak menggunakan perhiasan secara berlebihan.

Kamu juga diminta untuk tidak mengonsumsi alkohol beberapa jam sebelum melakukan tindakan operasi. Jangan lupa untuk menginformasikan jenis obat-obatan yang kamu konsumsi secara rutin. 

Waspada Komplikasi Operasi Lesung Pipi

Meskipun jarang terjadi, operasi lesung pipi masih berisiko menyebabkan komplikasi pada kesehatan, seperti:

  • Perdarahan pada bekas operasi.
  • Kerusakan saraf wajah.
  • Kemerahan dan bengkak.
  • Infeksi.
  • Jaringan parut.

Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika bagian bedah mengalami beberapa gejala, seperti perdarahan yang berlebihan hingga keluarnya cairan. Pasalnya, kondisi ini bisa menandakan kamu mengalami infeksi.

Semakin dini pengobatan dilakukan, tentunya hal ini membuat infeksi cepat diatasi sehingga menghindari komplikasi yang tidak diinginkan. Yuk, buat janji pemeriksaan melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Saat pemulihan, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok juga. Sebab, kebiasan ini dapat memengaruhi proses pemulihan yang kamu jalani. Jangan lupa untuk melakukan kontrol sesuai dengan saran dan anjuran dokter agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Dimpleplasty: What You Need to Know.
Very Well Health. Diakses pada 2022. Dimple Surgery: Everything You Need to Know.