Orang dengan Hyperthymesia Punya Daya Ingat Super

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
hyperthymesia, daya ingat tajam, mengasah memori

Halodoc, Jakarta – Menjadi mudah lupa atau menurunnya kemampuan mengingat adalah hal yang wajar terjadi pada siapa saja. Apalagi, jika hal ini dikaitkan dengan bertambahnya usia menjadi lebih tua. Namun tahukah kamu? Ternyata ada sejumlah orang yang “dianugerahi” kemampuan untuk mengingat di atas rata-rata.

Kondisi tersebut adalah Hyperthymesia. Penyakit langka yang satu ini bisa membuat orang yang mengalaminya memiliki daya ingat super. Bahkan pengidapnya dapat mengingat secara detail semua pengalaman hidup yang sudah pernah dilalui. Ada yang menyebut bahwa orang dengan hyperthymesia bahkan bisa mengingat kejadian yang ia alami sejak berusia satu hari.  

Bisa menceritakan secara detail mengenai suatu pengalaman merupakan salah satu ciri utama dari orang yang mengidap penyakit ini. Pengidap hyperthymesia memiliki kemampuan untuk memberikan penjelasan detail mengenai apa yang dilihat, didengar, maupun dirasakan sepanjang hidup. Bahkan ingatan dari kata-kata maupun kalimat yang dibaca dari sebuah buku juga bisa diingat dengan baik, bahkan setelah puluhan tahun berlalu.

Baca juga: Waduh! Ini 5 Penyakit yang Bisa Memengaruhi Kecerdasan Anak

Sebuah Anugerah atau Bencana?

Pernah membayangkan bagaimana rasanya selalu teringat kenangan indah tentang masa muda, hari ulang tahun, liburan keluarga, hingga momen pernikahan? Tentu saja hal tersebut akan sangat menyenangkan. Namun bagaimana jadinya jika kenangan buruk yang selalu terbayang? Tentu akan sangat mengganggu.

Hal itulah yang dialami para pengidap hyperthymesia. Penyakit yang juga dikenal sebagai Highly Superior Autobiographical Memory (HSAM) ini membuat pengidapnya tidak bisa melupakan satu hal pun yang sudah terlanjur diingat otak. Termasuk ingatan yang paling buruk sekalipun.

Melansir The Guardian, hingga 2015, ada sekitar 61 orang di seluruh dunia yang didiagnosis memiliki penyakit ini. Sejauh ini, belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab seseorang bisa mengalami gangguan hyperthymesia.

Cara Mudah Menjaga Ketajaman Ingatan

Meski bisa mengingat semua hal mungkin terdengar mengerikan, menjadi orang yang mudah lupa ternyata juga bisa mengganggu. Nah, agar tidak mudah lupa, ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat dan memori otak. Di antaranya:

 

  • Olahraga

 

Selain baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, ternyata rutin berolahraga juga bisa membantu meningkatkan kinerja otak. Sebab, saat berolahraga aliran darah ke otak akan menjadi lebih lancar. Sehingga, fungsinya pun akan meningkat dan menjadi lebih baik.

Baca juga: 5 Menit Gerakan Olahraga untuk Tingkatkan Kemampuan Otak

 

  • Istirahat setelah belajar

 

Ada satu rahasia yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan kinerja otak. Yaitu beristirahat selama 10 menit setelah belajar. Pada waktu tersebut, otak akan mempertahankan informasi yang baru saja diterima tersebut, sehingga kamu menjadi lebih mudah untuk mengingatnya.

 

  • Makanan sehat

 

Selain berolahraga, kamu juga harus menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang. Tujuannya untuk merangsang otak dan memenuhi kebutuhan tubuh. Nyatanya ada sejumlah zat besi yang dibutuhkan dan berperan dalam menjaga kesehatan otak. Memiliki otak yang sehat artinya  kinerjanya pun akan lebih maksimal.

 

  • Melatih otak

 

Selain tubuh, otak juga membutuhkan olahraga. Salah satu jenis olahraga otak yang bisa dilakukan adalah bermain catur atau mengisi teka-teki silang.

Baca juga: Olahraga Otak yang Tepat, Saatnya Main Catur

Kamu juga bisa membantu meningkatkan kemampuan mengingat dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan. Lebih mudah beli suplemen dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!