• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Orang Dewasa Bisa Tantrum, Kenali Penyebabnya

Orang Dewasa Bisa Tantrum, Kenali Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Orang Dewasa Bisa Tantrum, Kenali Penyebabnya

Halodoc, Jakarta – Istilah tantrum merujuk pada kondisi saat seseorang mengalami ledakan emosi karena keinginannya tidak terpenuhi. Kondisi ini memang lebih banyak dialami oleh anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dialami oleh orang dewasa. Lantas, apa saja kondisi yang menjadi penyebab tantrum pada orang dewasa? Berikut ini gejala dan penyebab, beserta cara mengatasinya.

Baca juga: Kenali Jenis Tantrum yang Sering Dilakukan Anak

Apa yang Menjadi Penyebab Tantrum pada Orang Dewasa?

Tantrum pada orang dewasa bukan masalah emosi biasa, tetapi bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan mental tertentu. Beberapa kasus yang jarang terjadi, tantrum pada orang dewasa akan membuat seseorang berperilaku agresif.

Pertanyaannya adalah, apa yang menjadi penyebabnya? Seperti pada penjelasan sebelumnya, tantrum pada orang dewasa dapat dipicu oleh adanya masalah kesehatan mental tertentu. Berikut ini beberapa penyebab tantrum pada orang dewasa:

  • Pola asuh yang salah saat anak-anak, seperti kekerasan verbal atau fisik.
  • Mengidap gangguan bipolar, 
  • Mengidap depresi, yaitu gangguan kesehatan mental yang membuat pengidapnya mengalami perubahan emosi yang drastis.
  • Mengidap borderline personality disorder (BPD), yaitu gangguan kesehatan mental serius yang memengaruhi pikiran dan perilaku pengidapnya.
  • Mengidap PTSD, yaitu gangguan kesehatan mental yang dialami setelah mengalami atau melihat kejadian traumatis atau mengerikan.
  • Mengidap ADHD, yaitu gangguan kesehatan mental pada anak yang menyebabkan ia sulit dalam memusatkan perhatian, juga berperilaku impulsif dan hiperaktif.
  • Penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Jika kamu mengalami sejumlah gejala atau penyebab tantrum pada orang dewasa seperti yang telah disebutkan, silahkan untuk memeriksakan diri ke psikolog atau psikiater di rumah sakit untuk menentukan langkah perawatan yang tepat. Saat penyakit didiagnosis sedini mungkin, langkah penanganannya pun menjadi lebih mudah dilakukan.

Baca juga: Tipe Tantrum yang Bisa Terjadi pada Anak

Bagaimana Langkah Mengatasi Tantrum pada Orang Dewasa?

Salah satu cara efektif dalam mengatasi tantrum pada orang dewasa dapat dilakukan dengan manajemen emosi. Begini beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Temukan Apa Penyebabnya

Jika penyebab sudah diketahui, kamu dapat dengan lebih mudah meredakannya. Kemudian, kamu dapat menentukan strategi yang tepat untuk mencegah tantrum muncul kembali.

2. Lakukan Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi dapat dilakukan dengan mengatur pernapasan dan membayangkan hal-hal yang menyenangkan. Tarik napas dalam selama beberapa kali, kemudian ucapkan kalimat-kalimat menyenangkan dalam hati.

3. Tenangkan Pikiran

Setiap orang cenderung berpikir secara berlebihan, tidak rasional, dan tidak memikirkan konsekuensi atas tindakan atau perkataannya saat sedang emosi. Jika muncul dorongan untuk tantrum, cobalah untuk menenangkan pikiran. Pikirkan konsekuensi yang bisa saja terjadi jika kamu meluapkan amarah dengan cara negatif.

4. Jangan Menyimpan Dendam

Cobalah untuk memaafkan atau menerima segala hal dalam hidup dengan lapang dada agar tidak ada dendam. Jika kamu mampu melakukannya, tidak akan ada emosi yang menumpuk, sehingga tantrum pun dapat dicegah.

5. Jaga Jarak dengan Orang Lain

Langkah mengatasi tantrum yang terakhir dapat dilakukan dengan melakukan me time dan menjaga jarak dengan orang lain yang menurutmu toxic. Me time sendiri dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai.

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Anak Mengalami Tantrum?

Kamu perlu mengetahui jika bukan hanya anak-anak saja yang bisa mengalami tantrum, orang dewasa pun bisa mengalaminya. Oleh karena itu, jaga selalu kesehatan fisik dan mental dengan menjaga pola hidup sehat, dan konsumsi suplemen atau multivitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk membelinya, kamu dapat menggunakan fitur “toko kesehatan” di aplikasi Halodoc.

Referensi:

Psych Central. Diakses pada 2021. Adults Can Do Have Tantrums.

Psych Central. Diakses pada 2021. Anger Management.

Psychology Today. Diakses pada 2021. Adult Temper Tantrums.

Psychology Today. Diakses pada 2021. A Strategy to Deal With Adult Temper Tantrums.