• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, Ini 3 Orang yang Tidak Boleh Makan Durian

Awas, Ini 3 Orang yang Tidak Boleh Makan Durian

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan buah durian? Buah durian dikenal sebagai buah yang memiliki banyak penggemar, namun tidak sedikit orang yang menghindari mengonsumsi buah durian. Durian menjadi salah satu buah yang cukup unik, dengan kulit yang tajam dan aroma buahnya yang menusuk.

Baca juga: Aturan Makan Durian yang Sehat Biar Tetap Sehat

Durian memiliki rasa yang manis. Hal ini yang menyebabkan durian bisa diolah menjadi banyak makanan maupun minuman, seperti es krim, permen durian, atau jus durian. Namun, sebaiknya perhatikan kandungan yang terdapat dalam durian. Meskipun memiliki manfaat bagi kesehatan, ada beberapa kelompok orang yang sebaiknya menghindari mengonsumsi durian. 

Hindari Durian Jika Kamu Mengalami Ini

Melansir dari Healthline, durian menjadi buah yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup lengkap dibandingkan dengan buah yang lainnya. Satu buah durian memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Durian juga memiliki kandungan lemak, karbohidrat, serat, protein, dan vitamin C.

Lalu, siapa saja yang sebaiknya menghindari buah durian? 

1. Kelebihan Berat Badan

Buah durian memiliki kandungan kalori yang paling tinggi. Orang-orang yang kelebihan berat badan sebaiknya hindari mengonsumsi buah durian karena dikhawatirkan meningkatkan risiko kenaikan berat badan yang berlebih. Obesitas yang tidak diatasi dengan baik tentunya dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Melansir American Society for Metabolic and Bariatric Surgery, obesitas meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan kesehatan pada jantung dan saluran pernapasan.

2. Pengidap Diabetes

Durian memiliki banyak peminat karena rasanya yang manis. Kandungan gula yang cukup tinggi pada buah durian menyebabkan pengidap diabetes sebaiknya menghindari mengonsumsi buah durian terlalu banyak. Mengonsumsi buah durian durian terlalu banyak dikhawatirkan memicu meningkatkan kadar gula dalam darah. 

3. Wanita Hamil dengan Kondisi Tertentu

Pada dasarnya, ibu hamil dapat mengonsumsi durian. Namun, tetap perhatikan kesehatan selama masa kehamilan dan pastikan tidak mengonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari Baby Center, ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional harus menghindari makan durian, karena buah ini memiliki kandungan gula yang tinggi. 

Baca juga: 7 Manfaat Luar Biasa Durian yang Perlu Diketahui

Sebaiknya perhatikan jika kamu memiliki salah satu kondisi tersebut. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan setelah mengonsumsi buah durian, segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai keluhan yang dirasakan. Dengan begitu, kamu bisa melakukan penanganan awal untuk gejala kesehatan yang kamu alami.

Adakah Manfaat Durian Bagi Kesehatan?

Tentunya durian memiliki manfaat bagi kesehatan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan saat mengonsumsi durian, misalnya makan durian secara langsung, dalam bentuk jus, permen, maupun es krim. 

Durian menjadi salah satu buah yang dapat menurunkan risiko kanker. Durian menjadi salah satu buah yang mengandung antioksidan cukup tinggi. Melansir Healthline, durian dapat menurunkan penyebaran sel kanker pada penyakit kanker payudara.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Selain itu, buah durian juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena beberapa kandungan yang terdapat dalam buah durian mampu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Namun, sebaiknya perhatikan jumlah durian yang dikonsumsi dan jangan mengonsumsi secara berlebihan. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Durian Fruit: Smelly but Incredibly Nutritious
Emedicine Health. Diakses pada 2020. Durian
American Society for Metabolic and Bariatric Surgery. Diakses pada 2020. The Impact of Obesity on Your Body and Health
Baby Center. Diakses pada 2020. Is It Safe to Eat Durian in Pregnancy?