• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Orangtua Berharap Terlalu Tinggi pada Anak, Apa Dampaknya?

Orangtua Berharap Terlalu Tinggi pada Anak, Apa Dampaknya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Sudah merupakan kewajiban orangtua untuk memenuhi kebutuhan hidup anak. Bukan hanya kebutuhan materi, tetapi juga kebutuhan mental anak-anak. Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh orangtua adalah memenuhi kasih sayang agar anak tumbuh dengan karakter yang baik dan positif. Saat proses tumbuh kembang anak berjalan dengan baik, tentunya orangtua berharap pada anak untuk lebih mengenali kondisi baik dan buruk. 

Baca juga: Pola Asuh yang Tepat saat Memiliki Anak yang Sudah Remaja

Inilah yang terkadang membuat orangtua merasa kecewa atau marah saat anak melakukan tindakan diluar keinginan orangtua. Namun, bolehkah orangtua berharap terlalu tinggi pada anak? Meskipun kondisi ini terbilang wajar, tetapi terus berharap pada anak dapat menyebabkan dampak yang kurang baik. Bukan hanya untuk anak, tetapi juga orangtua. Untuk itu, simak lebih jelas ulasannya dalam artikel ini!

Ini Dampaknya Jika Orangtua Berharap pada Anak

Proses tumbuh kembang anak yang berjalan dengan optimal tentunya akan membuat orangtua merasa bangga. Namun, rasa bangga pada anak terkadang disertai dengan harapan yang cukup tinggi pada anak. 

Tentunya sangat wajar jika orangtua berharap pada anak. Namun, jika harapan terlalu tinggi, kondisi ini dapat menyebabkan berbagai dampak. Bukan hanya pada anak, berharap terlalu tinggi pada anak pun dapat berdampak pada orangtua.

Baca juga: Ini Tips Mendidik Anak Agar Selalu Optimis

Anak-anak dengan tekanan atau harapan yang terlalu tinggi dari orangtua, berisiko mengalami berbagai dampak negatif dalam hidupnya. Berikut ini adalah dampak yang terjadi ketika berharap terlalu tinggi pada anak.

1.Risiko Gangguan Mental

Tekanan orangtua yang berharap terlalu tinggi pada anak dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental pada anak. Selain stres, anak juga rentan mengalami gangguan kecemasan hingga depresi. Gangguan tidur juga menjadi salah satu gangguan yang kerap dialami anak yang mendapatkan tekanan terlalu tinggi.

2.Rentan Alami Gangguan Kesehatan Hingga Cedera

Berharap terlalu tinggi pada anak terhadap suatu pencapaian terkadang membuat anak lebih rentan mengalami gangguan kesehatan bahkan cedera. Biasanya, anak dengan tekanan akan mengabaikan keluhan kesehatan yang dirasakan agar harapan dan tujuan yang diinginkan tercapai. 

3.Berperilaku Buruk

Saat anak mendapatkan tekanan untuk hasil yang baik, terkadang anak akan melupakan proses yang harus dilalui. Kondisi ini membuat anak memikirkan “jalan pintas” sehingga membuat anak rentan berperilaku buruk. 

Misalnya, saat ujian di sekolah ibu berharap anak mendapatkan nilai sempurna, kondisi ini bisa membuat anak berpikir untuk mencontek untuk hasil yang memuaskan.

Selain berdampak pada anak, berharap terlalu tinggi pada anak juga dapat menyebabkan orangtua mengalami depresi hingga stres. Apalagi jika anak tidak mampu memenuhi harapan orangtua. Kondisi ini rentan memicu gangguan dalam pola asuh.

Lakukan Ini untuk Mencapai Harapan dan Impian Bersama Anak

Daripada berharap terlalu tinggi pada anak, sebaiknya capai harapan dan impian bersama-sama dengan anak. Tentunya orangtua menginginkan yang terbaik untuk anak. Namun, pastikan harapan yang orangtua inginkan masih sesuai dengan kemampuan anak.

Bicarakan dengan anak mengenai harapan yang diinginkan. Jelaskan pada anak mengapa orangtua mengharapkan hal ini terwujud.

Ibu bisa memberikan dukungan pada anak melalui setiap proses baru yang dilalui untuk menggapai harapan dan impian. Buatlah rencana bersama dengan anak agar keinginan ibu dan anak berjalan dengan baik. 

Baca juga: Ini Alasan Peran Orangtua Penting di Masa Puber Anak

Buatlah proses ini berjalan menyenangkan. Jangan lupa untuk tetap perhatikan kondisi kesehatan anak. Jika anak terlihat kurang semangat atau mengalami gangguan kesehatan, sebaiknya gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter mengenai keluhan kesehatan yang dirasakan oleh anak.

Penanganan lebih dini tentunya membuat gangguan kesehatan yang dialami oleh anak tidak semakin memburuk. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2021. The Dangers of Putting Too Much Pressure on Kids.
Quartz. Diakses pada 2021. Parents: Your Absurdly High Expectations Are Harming Your Children’s Achievement.