• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Orangtua Perlu Tahu Tanda Anak Perlu Mengenakan Kacamata
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Orangtua Perlu Tahu Tanda Anak Perlu Mengenakan Kacamata

Orangtua Perlu Tahu Tanda Anak Perlu Mengenakan Kacamata

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Desember 2021
Orangtua Perlu Tahu Tanda Anak Perlu Mengenakan Kacamata

Anak-anak rentan mengalami masalah penglihatan akibat sering menatap layar terlalu lama. Sayangnya, masalah penglihatan pada anak seringkali tidak disadari orangtua. Namun, ada beberapa tanda anak perlu kacamata yang bisa dicermati orangtua, sehingga masalah penglihatan anak bisa diatasi lebih dini sebelum bertambah parah .”

Halodoc, Jakarta – Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan belajar yang melibatkan banyak membaca buku bisa membuat mata anak-anak menjadi lelah. Apalagi selama masa pandemi seperti sekarang ini, hampir semua kegiatan anak dilakukan secara online. Mulai dari belajar, menonton, bermain, dan lain-lain. Hal itu meningkatkan waktu anak menatap layar gadget secara signifikan yang bisa memengaruhi kesehatan mata mereka.

Sayangnya, banyak orangtua tidak menyadari bahwa kemampuan anak mereka untuk melihat dengan baik sudah berkurang. Anak-anak yang masih kecil biasanya juga jarang membicarakan tentang masalah penglihatan yang mereka alami kepada orangtua mereka. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mengetahui tanda-tanda bahwa anak mungkin memiliki masalah dengan penglihatan dan memerlukan kacamata.

Tanda Anak Perlu Mengenakan Kacamata

Tidak hanya untuk membantu anak melihat dengan jelas, terkadang penggunaan kacamata juga diperlukan untuk manfaat berikut:

  • Memperkuat penglihatan pada mata yang lemah atau amblyopia (mata malas).
  • Memperbaiki posisi mata mereka (mata juling atau mata tidak sejajar).
  • Memberikan perlindungan bila mereka memiliki penglihatan yang buruk di satu mata.

Berikut adalah beberapa tanda anak perlu kacamata karena mengalami masalah penglihatan:

  1. Menyipitkan Mata

Menyipitkan mata adalah cara yang bisa membantu meningkatkan fokus dan kejelasan suatu objek untuk sementara waktu. Jadi, bila Si Kecil melakukan hal ini, mungkin saja mengalami masalah penglihatan, seperti kelainan refraksi yang memengaruhi seberapa baik mata fokus pada gambar.

  1. Menutupi Satu Mata atau Memiringkan Kepala

Selain menyipitkan mata, menutupi satu mata atau memiringkan kepala juga bisa menjadi tanda anak perlu kacamata. Tindakan itu dilakukan untuk menyesuaikan sudut pandang agar bisa melihat lebih jelas. Bila Si Kecil menutupi satu mata atau memiringkan kepala, ada kemungkinan ia mengidap ambliopia atau mata malas yang merupakan salah satu gangguan mata paling umum pada anak-anak.

  1. Duduk Terlalu Dekat dengan TV atau Mendekatkan Smartphone ke Mata

Jangan memarahinya dulu, bu, ada kemungkinan anak duduk terlalu dekat dengan TV atau mendekatkan smartphone ke mata karena ia memiliki masalah penglihatan. Membawa objek lebih dekat dengan mata bisa membuat gambar lebih besar, sehingga terlihat lebih jelas. Tindakan ini bisa saja menjadi pertanda bahwa anak mengalami miopi atau rabun jauh, yaitu memiliki penglihatan yang lebih jelas pada jarak dekat dan penglihatan yang buruk pada kejauhan. 

  1. Menggosok Mata Secara Berlebihan

Tindakan ini bisa menjadi pertanda bahwa anak mengalami kelelahan atau ketegangan mata. Berbagai jenis masalah dan kondisi penglihatan, seperti konjungtivitis alergi, bisa membuat anak menggosok mata secara berlebihan. 

  1. Mengeluh Sakit Kepala atau Sakit Mata

Bila anak mengeluh sakit mata atau sakit kepala, hal itu mungkin saja terjadi karena ia terlalu memaksakan mata untuk meningkatkan fokus penglihatan yang kabur. Jadi, hal ini juga bisa menjadi tanda anak perlu kacamata.

  1. Sulit Berkonsentrasi di Sekolah

Masalah penglihatan juga bisa membuat anak sulit berkonsentrasi di sekolah. Hal itu karena mereka perlu dengan cepat dan akurat menyesuaikan fokus visualnya dari jarak jauh ke dekat dan pada sejumlah objek yang berbeda, seperti papan tulis dan komputer hingga buku teks dan tablet.

Nah, bila ibu menyadari tanda anak perlu kacamata di atas, sebaiknya segera periksakan mata anak ke dokter mata. Ibu bisa buat janji di rumah sakit pilihan ibu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk memudahkan ibu mendapatkan solusi kesehatan untuk keluarga.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. How to Know If Your Child Needs Glasses.