19 October 2018

Orgasme Saat Berolahraga, Kok Bisa?

Orgasme Saat Berolahraga, Kok Bisa?

Halodoc, Jakarta - Orgasme saat berhubungan intim mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana jika kamu mengalami orgasme tanpa adanya rangsangan seksual dari lawan jenis? Seperti ketika sedang berolahraga misalnya. Normalkah hal ini terjadi?

Jawabannya, normal kok. Orgasme yang terjadi saat olahraga disebut juga coregasm. Pada wanita, kondisi ini terjadi ketika otot-otot dasar panggul berkontraksi, ketika melakukan gerakan olahraga yang melibatkan otot-otot tubuh bagian perut ke bawah. Sementara pada pria, coregasm kemungkinan terjadi karena adanya rangsangan prostat.

Para peneliti pun telah banyak meneliti tentang kondisi ini sejak 1950-an, dan menyimpulkan bahwa coregasm merupakan orgasme yang dipicu oleh latihan atau gerakan-gerakan olahraga tertentu. Meski belum benar-benar diketahui dengan pasti mengapa hal ini bisa terjadi, para ahli pun menduga bahwa tidak ada pola aktivasi otot khusus yang dapat menyebabkan terjadinya orgasme. Sebab, coregasm dapat terjadi karena adanya pengaruh dari anatomi tubuh masing-masing, keadaan emosi, serta kekuatan otot pada saat latihan.  

Namun, satu hal yang pasti, bahwa coregasm terjadi bukan karena adanya pikiran atau fantasi seksual. Itulah mengapa coregasm juga sering disebut sebagai orgasme spontan, yang bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Meski sebenarnya hal ini lebih sering dialami oleh wanita ketimbang pria.

Seperti Apa Rasanya?

Pada wanita, coregasm cukup mirip dengan orgasme biasa, ketika terjadi penetrasi dalam hubungan intim. Hanya saja tidak begitu kuat. Sensasi yang dirasakan ketika mengalami coregasm akan berpusat pada bagian bawah perut, paha bagian dalam, atau panggul. Bukan perasaan berdenyut atau bergetar pada klitoris.

Sementara itu, pada pria, orgasme spontan yang dirasakan biasanya mirip seperti orgasme prostat. Agak berbeda dengan wanita, coregasm pada pria akan menghasilkan sensasi yang menyebar ke seluruh tubuh, bertahan lebih lama, dan cukup intens.

Latihan yang Bisa Memicu Coregasm

Jenis latihan yang banyak melibatkan otot-otot bagian perut ke bawah biasanya dapat memicu terjadinya coregasm. Berikut beberapa jenis latihan yang lebih memungkinan seseorang untuk mengalami orgasme spontan.

Latihan untuk wanita:

1.Squat.

2. Hip thrusts.

3. Crunches dan side crunches.

4. Variasi plank.

5. Pull up.

6. Chin up.

7. Hamstring curls.

Latihan untuk pria:

1. Sit up.

2. Pull up.

3. Chin up.

4. Angkat berat.

5. Memanjat.

Bisakah Dicegah?

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan orgasme spontan yang sering kamu alami ketika berolahraga, sebenarnya ada cara kok untuk mencegahnya. Pertama, hindari jenis latihan yang dapat membuat kamu mengalami coregasm. Terutama ketika kamu melakukan olahraga di tempat umum. Kedua, jika orgasme spontan tiba-tiba muncul di tengah-tengah latihan, cobalah untuk hentikan perlahan atau keluar dari latihan, dan lanjutkan dengan jenis latihan lainnya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai coregasm atau orgasme spontan saat berolahraga. Jika kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc lewat fitur Contact Doctor. Diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu 1 jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

Baca juga: