• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pahami Gerakan Push Up yang Benar untuk Pemula

Pahami Gerakan Push Up yang Benar untuk Pemula

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pahami Gerakan Push Up yang Benar untuk Pemula

“Push up perlu dilakukan dengan cara yang benar agar hasilnya optimal. Gerakan olahraga ini mungkin terlihat mudah dilakukan. Namun, masih banyak orang, terutama pemula, yang melakukan kesalahan saat push up. Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar kamu bisa melakukan gerakan push up dengan benar.”

Halodoc, Jakarta – Push up adalah gerakan olahraga sederhana, namun efektif untuk membantu meningkatkan kekuatan di tubuh bagian atas dan inti kamu. Latihan yang menggunakan berat badan sendiri sebagai bebannya ini bisa melatih otot-otot pectoral di dada dan trisep kamu, yaitu otot-otot di bagian belakang lengan atas.

Namun, agar push up bisa memberikan manfaat yang maksimal pada tubuh, kamu perlu melakukannya dengan teknik yang benar. Masih banyak orang, terutama para pemula, yang tanpa sadar melakukan kesalahan saat push up, sehingga gerakan tersebut menjadi tidak efektif, bahkan menyebabkan cedera. Oleh karena itu, perhatikan gerakan push up yang benar di sini.

Baca juga: Ketahui 2 Manfaat Melakukan Push Up Setiap Hari

Gerakan Push Up yang Benar

Push up adalah gerakan olahraga yang mungkin kelihatannya mudah dilakukan. Namun nyatanya, ada sejumlah detail yang perlu kamu perhatikan agar kamu bisa melakukannya dengan benar. Bagi kamu yang baru mencoba gerakan olahraga ini, berikut cara melakukan push up yang benar:

  • Mulailah dengan berbaring tengkurap, dengan telapak tangan di atas matras yang terbuka sedikit lebih lebar dari lebar bahu. Pastikan juga kaki kamu lurus ke belakang dan atur jarak kedua kaki (boleh selebar bahu atau lebih rapat) untuk mendapatkan posisi nyaman.
gerakan push up turunkan tangan
  • Kemudian, doronglah badan kamu ke atas, sehingga berat badan tertumpu pada tangan dan kaki. Ketika melakukan gerakan ini, pastikan tangan kamu lurus ke atas, dan seluruh tubuh dari kepala sampai kaki harus berada dalam garis lurus. Bokong tidak boleh naik ke atas ataupun kendur. Kencangkan bokong dan perut agar postur tubuh bisa lurus.
gerakan push up dorong badan ke atas

Baca juga: 5 Jenis Latihan untuk Membantu Mengecilkan Lengan

  • Kemudian, secara perlahan, tekuk siku hingga membentuk sudut 90 derajat. Saat melakukan ini, jangan lupa untuk menarik napas secara perlahan.
gerakan push up tekuk siku
  • Terakhir, buang napas sambil mendorong tubuh dengan menggunakan tangan untuk kembali ke posisi semula.
gerakan push up dorong tubuh

Baca juga: Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi

Nah, itulah gerakan push up yang benar. Bila kamu mengalami cedera saat berolahraga, kamu bisa berobat ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
Nerd Fitness. Diakses pada 2021. Proper Push-Up Ultimate Guide: How to Do Push Ups with Correct Form.
Healthline. Diakses pada 2021. Pushups and Tips for Beginners