• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pahami Tingkat Keberhasilan IVF atau Bayi Tabung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pahami Tingkat Keberhasilan IVF atau Bayi Tabung

Pahami Tingkat Keberhasilan IVF atau Bayi Tabung

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 September 2022

“Usia ibu ternyata memengaruhi tingkat keberhasilan IVF atau bayi tabung. Namun, ada beberapa tips untuk meningkatkan peluang keberhasilannya.”

Pahami Tingkat Keberhasilan IVF atau Bayi TabungPahami Tingkat Keberhasilan IVF atau Bayi Tabung

Halodoc, Jakarta – Tingkat keberhasilan IVF (in-vitro fertilization) atau bayi tabung tergantung pada banyak faktor. Salah satunya adalah usia dari calon ibu. Semakin tua usia saat menjalani program, tingkat keberhasilannya semakin rendah. 

Namun, ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang berhasilnya IVF. Mau tahu lebih lanjut? Simak dalam pembahasan berikut ini.

Tingkat Keberhasilan IVF

Menurut laporan yang dirilis Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan Society for Assisted Reproductive Technology (SART), tingkat keberhasilan IVF umumnya tergantung pada usia calon ibu. Seiring bertambahnya usia, tingkat keberhasilan cenderung menurun kecuali menggunakan sel telur donor.

Berikut ini tingkat keberhasilannya per pengambilan sel telur:

  • Untuk wanita di bawah 35 tahun, persentase keberhasilannya 54,5 persen.
  • Untuk wanita usia 35 hingga 37 tahun, persentase keberhasilannya 41,1 persen.
  • Untuk wanita usia 38 hingga 40 tahun, persentase keberhasilannya 26,7 persen.
  • Untuk wanita usia 41 hingga 42 tahun, persentase keberhasilannya 13,8 persen.
  • Untuk wanita berusia 43 tahun ke atas, persentase keberhasilannya 4,2%.

Sayangnya, keberhasilan IVF menurun secara signifikan setelah usia 40 tahun. Karena alasan ini, sebagian besar wanita berusia 40 tahun ke atas menggunakan sel telur donor. Tingkat keberhasilan IVF menggunakan sel telur donor tidak tergantung pada usia wanita tersebut.

Saat menggunakan sel telur donor, persentase kelahiran hidup per siklus adalah:

  • 55,3 persen dengan embrio segar.
  • 46,5 persen saat menggunakan embrio beku.

Cara Meningkatkan Peluang Keberhasilan

Jika ingin meningkatkan peluang untuk hamil dengan IVF, berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Menjaga berat badan yang sehat sangat penting dalam kesuburan dan tingkat keberhasilan IVF. Kelebihan berat badan juga membuat pemantauan ovarium selama IVF lebih sulit dan meningkatkan kemungkinan komplikasi selama pengambilan sel telur.

2. Mengoptimalkan Kesehatan Sperma

Di bawah perawatan yang tepat, pria juga dapat memulai pengobatan yang dapat membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Selain itu, pria juga perlu menjaga berat badan yang optimal, dan menggunakan boxer di atas celana.

3. Hindari Stres

Stres basal dapat memengaruhi tingkat keberhasilan IVF. Jadi, sebisa mungkin, coba kelola stres dengan baik, misalnya dengan meditasi, yoga, dan mencoba teknik relaksasi. 

4. Hindari Rokok

Merokok secara drastis dapat menurunkan peluang keberhasilan saat melakukan IVF karena memengaruhi kualitas sel telur dan sperma. Cobalah untuk berhenti merokok jika memiliki kebiasaan ini.

5. Perhatikan Konsumsi Suplemen

Dokter biasanya akan meresepkan suplemen khusus untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas telur. Pastikan untuk mengonsumsinya sesuai instruksi yang diberikan. 

Penting juga untuk memastikan asupan vitamin D cukup. Mintalah dokter untuk memeriksa kadar vitamin D kamu, dan pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D jika kadarnya rendah.

6. Fokus pada Ketekunan dan Kesabaran

Banyak pasangan memerlukan lebih dari satu sesi IVF untuk mencapai embrio untuk transfer dan hasil dapat bervariasi secara signifikan dari siklus ke siklus. Jika siklus pertama tidak berhasil, dokter mungkin dapat menyesuaikan obat untuk mengoptimalkan siklus berikutnya. 

Cobalah untuk tidak berkecil hati dengan hasil dan kemunduran yang tidak optimal. Satu-satunya hal terbesar yang perlu diingat adalah bahwa tingkat keberhasilan IVF tidak selalu ada dalam kendali. Teruslah mencoba dengan tekun dan sabar. Namun, jangan menyalahkan diri sendiri ketika hal-hal tidak berjalan lancar. 

Itulah pembahasan mengenai tingkat keberhasilan IVF dan tips yang bisa dicoba. Jika memiliki pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa donwload Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja.

Referensi:
CDC – ART. Diakses pada 2022. 2014 Assisted Reproductive Technology Fertility Clinic Success Rates Report.
Parents. Diakses pada 2022. Understanding IVF Success Rates: 8 Ways to Boost Your Chances of Conceiving.
Very Well Family. Diakses pada 2022. The Chances for IVF Pregnancy Success.