Paling Lezat, Kenali Manfaat Wagyu untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
manfaat wagyu, daging wagyu

Halodoc, Jakarta - Daging wagyu ternyata enggak hanya memanjakan lidah saja, lo. Kata ahli, daging yang satu ini juga kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Wagyu sendiri merupakan jenis daging sapi asal Jepang yang punya pola marmer yang khas. Pola marmer ini dihasilkan dari kandungan lemak tak jenuh. Nah, hal inilah yang memberikan rasa daging jadi beraroma gurih dan terasa lumer di mulut.

Selain Jepang, daging ini juga ada yang berasal dari Australia dan Amerika Serikat. Daging wagyu sendiri juga memiliki arti sendiri. Namanya diambil dari bahasa Jepang “Wa” yang berarti Jepang, dan “Gyu” berarti daging atau ternak.

Menurut para chef profesional, daging ini lebih baik bila dimasak dalam tingkat kematangan medium atau medium well, bukannya well done. Tingat medium atau medium well ini bisa membuat daging jadi juicy dan lembut yang akan menghasilkan cita rasa nikmat dari wagyu. Lalu, apa sih manfaat wagyu bagi tubuh?

Banyak Kandungan Omega-3

Menurut ahli, satu porsi daging wagyu dari Jepang (sekitar 113 gram) mengandung setidaknya 280 kalori. Sedangkan satu porsi wagyu dari Amerika mengandung sebesar 330 kalori. Namun yang mesti diingat, daging ini tak hanya cenderung rendah kalori, tapi juga memiliki berbagai nutrisi.

Menurut penelitian, ternyata wagyu mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dan omega-6, dibandingkan daging sapi lainnya. Enggak cuma itu, wagyu juga mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal ketimbang daging sapi lain.

Ingat, omega-3 ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, lo. Mulai dari mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan indra penglihatan, hingga mencegah demensia. Menariknya lagi,  peningkatan asam lemak omega-3 dan omega-6 bisa membantu pencernaan trigliserida dan kolesterol, lo.

Kalau kandungan asam lemak tak jenuh lain lagi ceritanya. Manfaat wagyu yang diberikan dari nutrisi yang satu ini bisa mengendalikan tekanan darah dan menjaga suhu tubuh tetap normal. Tak cuma itu, asam lemak tak jenuh tunggal juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, lo. Tak sampai disitu saja, protein yang terkandung dalam daging ini juga bisa menjaga otot dan meningkatkan asupan energi serta metabolisme.

Kaya Zat Besi dan Natrium

Manfaat wagyu lainnya adalah kaya zat besi yang merupakan salah satu mineral yang berguna untuk membentuk sel darah merah, dan mengangkut oksigen ke dalam tubuh. Awas, kekurangan zat besi bisa membuat tubuhmu mudah lelah dan menurunkan sistem imun, lo. Oleh sebab itu, pengidap anemia mesti rajin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi agar cepat pulih. Menariknya, daging wagyu ini bisa mencukupi kebutuhan zat besi harian sebanyak 10 persen, atau sekitar dua miligram perhari.

Di samping zat besi, daging wagyu juga banyak mengandung natrium, yaitu sebanyak 60 gram. Meski beberapa orang peka terhadap garam dan mesti memperhatikan asupannya, tapi tubuh juga tetap memerlukan zat mineral ini. Kata ahli, natrium bisa menjaga keseimbangan cairan tubuh, yang berperan untuk mendinginkan tubuh saat berkeringat. Tak hanya itu saja, natrium juga dibutuhkan tubuh untuk membantu mengirimkan sinyal ke sistem saraf.

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat daging wagyu atau punya keluhan kesehatan? Kamu bisa lo bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: