• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Panduan Hidup Sehat untuk Mencegah Penyakit Kanker

Panduan Hidup Sehat untuk Mencegah Penyakit Kanker

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Panduan Hidup Sehat untuk Mencegah Penyakit Kanker

“Kanker adalah penyakit yang dapat mematikan jika tidak segera mendapatkan penanganan. Sebelum terjadi, kamu harus tahu beberapa pola hidup sehat guna cegah kanker untuk terjadi. Dengan begitu, kesehatan tubuh tetap terjaga.”

Halodoc, Jakarta – Kanker termasuk penyakit yang menakutkan karena dampak yang dapat ditimbulkan sangat fatal. Maka dari itu, setiap orang perlu menghindari penyakit ini dengan cara apa pun, termasuk juga untuk menurunkan risikonya. Memang, ada risiko yang tidak dapat dikontrol, tetapi ada juga yang dapat diatur.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko terkena kanker adalah dengan menjalankan hidup sehat. Namun, tidak semua orang tahu pola hidup sehat seperti apa yang perlu dilakukan setiap hari agar dapat terhindar dari penyakit ini. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Baca juga: Inilah Pola Makan Sehat yang Bisa Mencegah Kanker

Pola Hidup Sehat untuk Cegah Kanker

Untuk menurunkan risiko terkena penyakit kanker, ada beberapa hal yang tidak dapat dikendalikan, seperti usia, jenis kelamin, dan riwayat keluarga. Meski begitu, kamu dapat mengendalikan risikonya dengan menerapkan pola hidup sehat. Pastikan untuk menerapkan gaya hidup sehat, seperti diet, berat badan, hingga melakukan aktivitas fisik.

Selain itu, ada beberapa kebiasaan juga yang perlu dihindari guna menurunkan risiko dari penyakit ini. Nah, berikut ini beberapa pola hidup sehat untuk cegah kanker yang dapat kamu lakukan setiap harinya, antara lain:

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Salah satu pola hidup sehat untuk mencegah kanker adalah dengan rutin mengonsumsi makanan sehat. Pastikan kamu lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran serta makanan sumber nabati, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. Batasi konsumsi daging olahan karena dipercaya dapat meningkatkan risiko dari beberapa jenis kanker tertentu dalam jumlah yang kecil. Pastikan untuk mengonsumsi lebih sedikit makanan dengan kalori tinggi, seperti gula halus dan lemak dari sumber hewani. 

2. Jaga Berat Badan

Pastikan juga untuk menjaga berat badan tetap ideal guna cegah kanker untuk menyerang. Dengan memastikan tubuh tetap aktif, maka dapat menurunkan risiko kolorektal serta kanker rahim dan bahkan kanker payudara setelah menopause pada wanita. Aktivitas fisik dapat membantu kamu untuk menjaga tubuh tetap sehat. Setiap orang perlu setidaknya 30 menit aktivitas fisik dengan menyesuaikan kekuatan tubuh.

Baca juga: Cegah Kanker Payudara dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini

3. Kurangi Konsumsi Alkohol

Jika kamu mempunyai kebiasaan mengonsumsi alkohol, pastikan takaran yang dikonsumsi dalam jumlah sedang. Risiko untuk terserang kanker, seperti kanker payudara, usus besar, paru-paru, hingga hati, meningkat sejalan dengan jumlah konsumsi alkohol yang dikonsumsi. Hal ini juga dapat dipengaruhi seberapa lama kamu mengonsumsinya secara teratur.

Jika kamu merasa sulit untuk melepaskan kebiasaan buruk ini, cobalah untuk meminta bantuan dari ahli medis. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter dari Halodoc tentang cara menghentikan ketergantungan dari konsumsi alkohol. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan ahli medis bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun!

4. Hentikan Konsumsi Tembakau

Dengan menghentikan konsumsi tembakau, termasuk salah satu hidup sehat untuk cegah kanker. Rutin merokok telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, dan masih banyak lagi. Jika kamu mengunyah tembakau, kebiasaan ini kerap dikaitkan dengan kanker rongga mulut dan pankreas. 

Bahkan, terpapar asap rokok juga dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Maka dari itu, pastikan untuk menghindari atau memutuskan untuk berhenti menggunakannya guna mencegah kanker. Jika dirasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, ada baiknya untuk berdiskusi dengan ahli medis guna menjalani hidup yang lebih baik di masa depan.

Baca juga: 8 Makanan Sehat yang Dapat Membantu Mencegah Kanker

Maka dari itu, pastikan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat untuk cegah kanker ini. Segala kebiasaan baik ini juga dipercaya bukan hanya mencegah kanker, tetapi juga penyakit berbahaya lainnya. Selain itu, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap tahunnya untuk berjaga-jaga, meski sudah menerapkan pola hidup sehat.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Cancer prevention: 7 tips to reduce your risk.