• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Panduan Menjalani Diet Buah untuk Pemula

Panduan Menjalani Diet Buah untuk Pemula

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Panduan Menjalani Diet Buah untuk Pemula

Halodoc, Jakarta - Pernah mendengar diet GM? Diet yang dikenal dengan sebutan General Motors ini ternyata cukup populer di masyarakat. Mulanya, diet ini memang dikhususkan untuk para pekerja perusahaan General Motors tahun 1985 silam. Tujuannya masih sama, membuat para pekerja tetap sehat dan terjaga berat badannya. 

Diet GM ini mengharuskan kamu memiliki rencana pola makan yang minim kalori, tetapi kaya dengan asupan gizi selama 7 hari. Nah, kebanyakan menu dari diet ini menggunakan sayur dan buah-buahan. Inilah yang selanjutnya menjadikan diet GM dikenal dengan istilah diet buah. 

Hasil yang dijanjikan cukup membuat menganga, karena diet ini kabarnya bisa membuat kamu kehilangan berat badan hingga 7 kilogram hanya dalam waktu satu minggu. Namun, tidak hanya itu, diet ini juga baik untuk membantu membuang semua racun dan kotoran dari dalam tubuh, membantu memperbaiki fungsi dari sistem pencernaan, hingga meningkatkan metabolisme tubuh agar bisa membakar lemak lebih banyak lagi. 

Baca juga: Fase-Fase dalam Diet Ketofastosis

Panduan Diet Buah untuk Pemula

Akan tetapi, kamu juga tidak boleh asal dalam menjalani diet buah ini. Berbeda kondisi fisik dan medis seseorang, berbeda pula jenis diet yang bisa dijalani. Salah metode tidak hanya membuat kamu gagal menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan risiko terserang penyakit serius. 

Oleh karena itu, sebelum menjalani diet ini, sebaiknya kamu bertanya dulu pada ahli gizi, lebih mudah lagi jika kamu menggunakan aplikasi Halodoc. Jadi, kamu akan mendapatkan saran dan jenis diet yang tepat tanpa efek samping serius.

Nah, untuk diet buah, kamu disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi, seperti buah dan sayuran. Pasalnya, makanan kaya kandungan air dipercaya bisa membantu meningkatkan pembakaran lemak sekaligus membilas racun dari dalam tubuh. 

Berikut ini panduan diet buah untuk pemula yang bisa kamu coba lakukan sendiri di rumah selama satu minggu:

  • Hari Pertama

Konsumsilah buah sebanyak mungkin. Kamu bisa mengonsumsi buah apa saja selain pisang, karena kalori dan gula pada buah satu ini terbilang cukup tinggi. Pilihan terbaik yang bisa kamu coba adalah semangka atau melon karena kandungan air dari dua buah ini sangat tinggi. Tidak hanya membantu tubuh tetap terhidrasi, buah tersebut juga berperan sebagai detoks alami. 

Baca juga: Kenalan dengan Diet LCHF yang Tidak Menyiksa

  • Hari Kedua

Hari kedua, gantilah menu dengan mengonsumsi banyak sayuran. Agar terhindar dari bakteri dan kuman, sebaiknya cucilah sayuran sampai bersih dan masak hingga matang. Namun, kamu tidak disarankan untuk mengolahnya dengan menggunakan minyak, kamu hanya boleh mengolah sayuran dengan direbus. 

  • Hari Ketiga

Masih sama dengan hari pertama dan kedua, tetaplah konsumsi banyak buah dan sayuran di hari ketiga ini. Kamu pun tetap masih dianjurkan untuk tidak mengonsumsi buah pisang, ditambah dengan kentang. 

  • Hari Keempat

Nah, memasuki hari keempat, kini kamu diperbolehkan untuk makan pisang, tambahkan pula dengan susu. Namun, tidak dengan buah atau sayuran lainnya. Makanlah buah pisang sekitar enam hingga delapan buah. Agar lebih kenyang, konsumsi susu rendah lemak maksimal sebanyak tiga gelas. 

Baca juga: 4 Fakta tentang Diet GM yang Perlu Diketahui

  • Hari Kelima

Pada hari kelima, menu yang bisa kamu konsumsi adalah dua porsi daging tanpa lemak, bisa daging ikan, ayam, atau sapi. Porsinya sebesar 300 gram dan ditambah dengan buah enam buah tomat. Jangan lupa, tingkatkan asupan air mineral untuk memecah purin yang terkandung dalam daging. Kamu juga bisa mengonsumsi sup sayuran di hari kelima ini. 

  • Hari Keenam

Menu untuk hari keenam sama dengan hari kelima, daging, dan sayuran dengan tambahan asupan air mineral. Namun, tidak dianjurkan untuk makan kentang.

  • Hari Ketujuh

Menu hari terakhir adalah nasi merah dengan buah atau sayuran. Kamu juga boleh mengonsumsi jus. 

Bagaimana, sudah siap untuk memulai diet buah? Selamat mencoba dan semoga berhasil!



Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. The GM Diet Plan: Lose Fat in Just 7 Days.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Can You Lose Weight with the 7-day GM Diet?
Livestrong. Diakses pada 2020. 3 Reasons You Should Definitely Pass on the GM Diet.