• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pantangan Eksim, Hindari 9 Makanan Ini

Pantangan Eksim, Hindari 9 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pantangan Eksim, Hindari 9 Makanan Ini

“Kondisi eksim bisa disebabkan oleh berbagai penyebab. Salah satunya adalah jenis makanan. Untuk itu, pengidap eksim sebaiknya ketahui beberapa jenis makanan yang perlu dihindari agar kondisi eksim tidak semakin memburuk. Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari, seperti buah sitrus, produk susu, telur, hingga kacang-kacangan.”

Halodoc, Jakarta – Pernahkan kamu mengalami peradangan kulit yang ditandai dengan kemerahan dan ruam pada kulit yang disertai sensasi panas pada bagian yang mengalami peradangan? Wah, bisa jadi kondisi tersebut menandakan kamu mengalami kondisi eksim

Baca juga: Perawatan Sederhana untuk Mengatasi Eksim pada Anak

Eksim adalah salah satu gangguan kesehatan pada kulit yang menyebabkan peradangan dan memicu rasa gatal, kering, dan kasar. Kondisi eksim bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Nah, untuk mengurangi risiko kesehatan semakin memburuk, sebaiknya pengidap eksim ketahui beberapa jenis makanan yang perlu dihindari, di sini!

Kenali Lebih Banyak Mengenai Eksim

Ada beberapa gejala yang umumnya dapat dialami oleh pengidap eksim. Namun, biasanya gejala yang dialami oleh tiap pengidapnya akan berbeda-beda tergantung dari tingkat keparahan dan juga usia pengidap. 

Berikut ini adalah gejala yang umumnya dialami oleh pengidap eksim:

  1. Kulit kering dan bersisik;
  2. Kulit menjadi kemerahan akibat peradangan;
  3. Gatal;
  4. Muncul luka terbuka;
  5. Sensasi panas pada bagian yang mengalami peradangan.

Itulah beberapa gejala utama dari kondisi ini. Namun, pada anak-anak biasanya akan disertai dengan gangguan tidur akibat gatal yang dirasakan, menjadi lebih rewel, ruam dapat muncul pada muncul pada lipatan siku, leher, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan.

Sedangkan pada orang dewasa, eksim akan menyebabkan ruam yang hampir serupa dengan anak-anak, tetapi kondisi ini dapat mengakibatkan infeksi jika tidak diatasi dengan baik. Untuk itu, perawatan perlu dilakukan agar kondisi ini tidak memburuk.

Baca juga: Inilah Langkah yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Eksim

Eksim dan Makanan yang Perlu Dihindari

Penyebab pasti dari eksim belum diketahui hingga saat ini. Namun, hal ini diyakini sebagai respon dari sistem imun tubuh akibat adanya paparan alergen atau iritan pada tubuh. Ada beberapa faktor yang dapat memicu kondisi eksim, seperti paparan bahan kimia, perubahan suhu secara tiba-tiba, gangguan pada hormon, tingkat stres, hingga beberapa jenis makanan.

Bagi pengidap eksim, mengonsumsi makanan tertentu dapat memicu tubuh untuk melepaskan senyawa sistem kekebalan yang menyebabkan peradangan. Hal ini tentunya memicu sejumlah gejala yang dapat muncul akibat kondisi ini. Untuk mengurangi risiko eksim tidak semakin memburuk, sebaiknya kenali beberapa jenis makanan yang perlu dihindari pengidap eksim.

  1. Buah sitrus;
  2. Produk susu;
  3. Telur;
  4. Gluten;
  5. Gandum;
  6. Kedelai;
  7. Rempah-rempah, seperti vanila, cengkeh, dan kayu manis.
  8. Kacang-kacangan.

Itulah beberapa jenis makanan yang perlu dihindari agar kondisi eksim tidak semakin memburuk. Sebaiknya, perbanyak mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 yang bermanfaat sebagai anti peradangan. Kamu juga bisa memperbanyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan dan antihistamin, seperti buah-buahan dan juga sayuran.

Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Probiotik memiliki kandungan bakteri baik yang dapat memperkuat sistem imun tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh untuk mengurangi reaksi alergi yang muncul.

Perawatan di Rumah untuk Mengurangi Gejala Eksim

Selain menghindari beberapa makanan untuk mengurangi gejala eksim yang dirasakan, kamu juga bisa melakukan beberapa perawatan di rumah agar kondisi eksim yang kamu rasakan semakin membaik.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti menggunakan pelembap kulit tanpa kandungan parfum dan cocok dengan jenis kulit agar kulit tidak kering, menggunakan pakaian yang longgar dengan bahan yang nyaman dan menyerap keringat, hindari menggunakan sabun dengan kandungan parfum atau bahan lainnya yang dapat mengiritasi kulit, serta pastikan kondisi kuku dan tangan selalu bersih untuk menghindari terjadinya infeksi kulit.

Baca juga: Ketahui Bahaya Eksim pada Pengidap Diabetes

Itulah beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala eksim. Kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter jika gejala eksim yang kamu alami semakin memburuk dan menimbulkan gejala infeksi kulit. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2021. What to Know About Eczema.

Healthline. Diakses pada 2021. How to Create an Eczema Friendly Diet.

Medical News Today. Diakses pada 2021. Eczema Elimination Diet and Food to Diet.