• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pasangan Ejakulasi Dini saat Malam Pertama, Harus Bagaimana?

Pasangan Ejakulasi Dini saat Malam Pertama, Harus Bagaimana?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Pasangan Ejakulasi Dini saat Malam Pertama, Harus Bagaimana?

Halodoc, Jakarta – Banyak pria yang ingin memberikan kualitas hubungan intim terbaiknya untuk pasangan. Sayangnya, ada beberapa faktor penghambat yang membuat pria kesulitan memberikan performa terbaiknya. Ejakulasi dini contohnya, yaitu sebuah keluhan seksual yang umum dialami oleh pria. Ejakulasi dini terjadi ketika seorang pria mengalami ejakulasi lebih cepat selama hubungan intim daripada yang dia atau pasangannya inginkan. 

Pria dikatakan mengalami ejakulasi dini apabila ia mengalami ejakulasi dalam satu menit setelah terjadinya penetrasi. Tanda lainnya adalah pria tidak mampu menunda ejakulasi setiap kali melakukan hubungan intim. Kondisi seperti ini tentu bisa membuat pria tertekan dan frustasi, terlebih jika kondisi ini terjadi saat malam pertama. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Ketahui Tips untuk Mencegah Ejakulasi Dini

Bagaimana Mengatasi Ejakulasi Dini?

Ejakulasi dini bisa dilatarbelakangi oleh faktor psikologis dan biologis. Sayangnya, beberapa pria justru merasa malu membicarakan masalah ini, sehingga kerap diabaikan saja. Padahal, ejakulasi dini adalah kondisi yang umum terjadi dan sangat bisa diobati. Sembilan puluh lima persen pria terbantu oleh teknik perilaku dengan mengontrol ejakulasi. Berikut beberapa teknik yang telah terbukti efektif untuk mengatasi ejakulasi:

  • Berhenti dan mulai. Teknik ini harus dilakukan dengan bantuan dari pasangan. Pasangan harus merangsang Mr. P sampai kamu merasa seperti akan mengalami orgasme. Hentikan rangsangan tersebut selama sekitar 30 detik atau sampai perasaan itu hilang. Kemudian, mulai stimulasi lagi dan ulangi tiga atau empat kali lagi sebelum ejakulasi.
  • Squeeze. Cara kerja teknik ini sebenarnya mirip dengan teknik berhenti dan mulai. Bedanya, saat kamu merasa seperti sedang mencapai orgasme, kamu atau pasangan harus meremas kepala Mr. P hingga ereksi hilang. Ulangi ini beberapa kali sebelum ejakulasi.

Baca juga: Tips Membantu Pasangan yang Alami Ejakulasi Dini

Beberapa pria menemukan bahwa saat mereka memikirkan hal lain saat berhubungan seks, mereka bisa bertahan lebih lama. Jika cara ini masih belum berhasil, kamu dapat mencoba beberapa hal lain, seperti:

  • Perkuat otot dasar panggul. Otot dasar panggul yang lemah terkadang menjadi penyebab ejakulasi dini. Latihan kegel dapat membantu memperkuat otot ini. Caranya, temukan otot yang tepat dengan cara menghentikan urine di tengah aliran. Pegang erat-erat selama 3 detik lalu lepaskan selama 3 detik. Lakukan ini 10 kali, setidaknya tiga kali sehari.
  • Pakai kondom. Kondom mungkin cukup membuat kamu tidak terlalu sensitif, sehingga bisa bertahan lebih lama.
  • Masturbasi. Beberapa pria menemukan bahwa melakukan masturbasi beberapa jam sebelum berhubungan intim membantu meningkatkan kendali selama hubungan intim.
  • Lakukan konseling. Psikolog atau psikiater dapat membantu kamu mengatasi masalah seperti depresi, kecemasan, atau stres yang mungkin berkontribusi pada kondisi yang kamu alami.

Baca juga: Hubungan Ejakulasi Dini dengan Infertilitas pada Pria

Apabila belum ada cara satupun yang membantu, sebaiknya temui dokter secara langsung untuk mencari pengobatan yang paling tepat dan ampuh. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, kamu dapat membuat janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu lewat aplikasi.



Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Premature ejaculation.
WebMD. Diakses pada 2020. Premature ejaculation.