Patah Pergelangan Kaki, Berapa Lama Pemulihannya?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Patah Pergelangan Kaki, Berapa Lama Pemulihannya?

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya selalu berhati-hati saat melakukan berbagai aktivitas fisik setiap harinya. Terjatuh atau penggunaan alat yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami patah pergelangan kaki. Patah pergelangan kaki terjadi ketika ada salah satu tulang atau lebih dari satu tulang pada area pergelangan kaki yang patah.

Baca juga: Ketahui Prosedur Diagnosis Patah Pergelangan Kaki

Kondisi ini dapat menghambat kegiatan karena kamu mengalami kesulitan untuk berjalan. Lalu, berapa lama patah pergelangan kaki dapat pulih dengan pengobatan yang tepat? Ini penjelasan selengkapnya.

Kenali Penyebab Patah Pergelangan Kaki

Pergelangan kaki tersusun atas 3 bagian tulang yang berbeda, tibia atau tulang betis, fibula atau tulang kering, dan talus. Pada tiap sendi di pergelangan kaki terdapat cairan yang bermanfaat untuk menghindari gesekan antar sendi. Jika bagian ini mengalami kecelakaan dan patah, waktu penanganan disesuaikan dengan tingkat keparahan kondisi pergelangan kaki.

Ada beberapa tanda yang menjadi gejala dari patah pergelangan kaki, seperti terdengar suara patah pada saat kejadian kecelakaan atau terjatuh, pergelangan kaki terasa nyeri dan berdenyut, pergelangan kaki yang nyeri terasa bengkak yang disertai memar, adanya perubahan pada pergelangan kaki akibat pergeseran tulang, dan area yang dicurigai mengalami patah akan terasa lunak saat disentuh.

Tidak hanya itu, umumnya bagian pergelangan kaki yang mengalami patah akan terasa nyeri yang cukup menyakitkan ketika pengidap patah pergelangan kaki melakukan aktivitas, namun nyeri semakin berkurang ketika pengidap beristirahat.

Ada beberapa penyebab yang membuat kamu memiliki risiko patah pergelangan kaki, seperti membebankan sendi pergelangan kaki melewati batas normal. Melakukan peregangan yang kurang tepat, berolahraga secara berlebihan, kecelakaan, terjatuh, kekurangan nutrisi, dan kelebihan berat badan dapat menjadi penyebab patah pergelangan kaki.

Baca juga: Serba-Serbi Penanganan Patah Pergelangan Kaki yang Tepat

Ketahui Waktu Pemulihan Patah Pergelangan Kaki

Jika kamu mengalami patah pergelangan kaki, dianjurkan untuk tidak banyak bergerak. Istirahat menjadi cara yang bisa dilakukan agar pemulihan yang kamu lalui semakin cepat. Namun, berapa lama sebenarnya waktu pemulihan patah pergelangan kaki agar pengidap dapat kembali beraktivitas?

Patah pergelangan kaki memerlukan waktu yang cukup lama untuk pemulihan. Waktu pemulihan tentu disesuaikan dengan patah pergelangan kaki yang dialami. Ada beberapa faktor yang menentukan waktu pemulihan, yaitu:

1. Usia

Usia yang masih terbilang muda dan masih dalam tahap pertumbuhan mengalami pemulihan yang lebih cepat dibandingkan orang dewasa atau lanjut usia. Anak muda umumnya dapat pulih setelah 4 bulan pasca operasi. Pada orang dewasa membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan pasca operasi agar dapat pulih dengan baik.

2. Kondisi Patahan Pergelangan Kaki

Kondisi patah yang dialami juga menjadi salah satu faktor yang membantu pemulihan. Patah tulang pada area paha membutuhkan waktu yang lebih lama. Tidak hanya itu, patah tulang terbuka yang menyebabkan luka juga membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan patah yang menyebabkan pergeseran tulang di dalam.

Baca juga: Ini Penyebab Pemain Sepak Bola Sering Kena Cedera Patah Pergelangan Kaki

Untuk menentukan kapan kamu kembali bisa berjalan, selalu lakukan pemeriksaan kesehatan pasca operasi agar kondisi patah tulang yang dialami dapat pulih dengan cepat. Pemulihan akan lebih cepat ketika kamu menghindari beraktivitas berat, gerakkan jari kaki, dan tekuk lutut secara perlahan untuk mengurangi nyeri. Tidak hanya itu, gerakan ringan juga bisa membuat kamu terbiasa untuk mulai bergerak.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Treating and Rehabbing a Broken Ankle
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Broken Ankle
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Broken Ankle