• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Payudara Kencang Wajar Terjadi Jelang Masa Subur?

Payudara Kencang Wajar Terjadi Jelang Masa Subur?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit orang yang menantikan masa subur sebagai bagian dari program kehamilan. Untuk mendapatkan masa tersebut, kamu harus menghitung siklus haid dalam satu bulan untuk mengetahui momen yang tepat. Walau begitu, kamu dapat mengetahui masa subur pada diri sendiri dengan melihat gejala yang terjadi.

Masa subur seorang wanita terjadi sekitar 12-16 hari sebelum terjadinya haid selanjutnya. Saat hal tersebut terjadi, kamu mungkin mengalami beberapa hal sebagai pertanda, salah satunya adalah payudara kencang. Namun, apakah hal tersebut terbilang kejadian yang wajar? Berikut adalah pembahasan secara menyeluruh tentang hal ini!

Baca juga: Alasan Payudara Wanita Kencang Jelang Datang Bulan

Apakah Wajar Payudara Kencang Menjelang Masa Subur?

Seorang wanita yang normal akan mengalami haid atau menstruasi setiap bulannya. Hal ini terjadi ketika tubuh kamu mengeluarkan darah melalui vagina. Di antara masa haid dan menjelang terjadi lagi, terdapat masa subur yang terjadi sekitar 4 hari. Jika kamu ingin mendapatkan keturunan, momen ini sangat tepat untuk dinantikan.

Banyak gejala yang dapat timbul ketika kamu sedang dalam masa subur. Beberapa hal yang umum terjadi adalah keluarnya lendir mirip putih telur dari organ kewanitaan dan menjadi lebih cepat "basah" sepanjang hari. Kamu juga akan merasakan peningkatan hasrat untuk bercinta. Walau begitu, banyak yang masih bertanya apakah payudara kencang saat masa subur apakah terbilang normal?

Payudara kencang yang dapat menimbulkan rasa nyeri adalah hal yang wajar terjadi. Hal tersebut disebabkan oleh peningkatan pada kadar hormon progesteron yang menjadi pertanda kamu mengalami ovulasi atau masa subur. Gejala payudara kencang ini sangat mirip ketika kamu mengalami momen pra-menstruasi.

Walau begitu, tidak semua wanita dapat merasakan gejala ini agar dengan mudah menandakan saat yang tepat untuk hamil. Hal tersebut karena leher rahim kamu akan terasa lebih terbuka dan lebih cepat basah yang memudahkan untuk pasangan kamu melakukan penetrasi. Kemungkinan untuk mengandung juga akan meningkat secara signifikan.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait masa subur, dokter dari Halodoc siap membantu kamu untuk menjawabnya. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan di Apps Store atau Play Store!

Baca juga: 5 Tanda Payudara dan ASI Sehat

Selain payudara yang menjadi lebih kencang dan menimbulkan rasa nyeri, terdapat beberapa gejala lain yang dapat menandakan kamu sedang mengalami masa subur. Berikut adalah beberapa gejala yang dapat timbul saat sedang mengalaminya:

  1. Perubahan Suhu Tubuh Basal

Salah satu gejala yang dapat timbul ketika seorang wanita sedang dalam masa subur adalah terjadinya perubahan suhu tubuh basal. Hal ini terjadi pada sebagian besar wanita yang terbilang konsisten. Saat semakin mendekati masa ovulasi, hal ini akan semakin meningkat. Dengan melacak suhu tubuh basal secara akurat, kamu dapat dengan tepat memperkirakan masa subur yang terjadi.

  1. Hasrat Seksual yang Meningkat

Kamu juga kemungkinan besar akan mengalami peningkatan pada hasrat seksual yang membuat sangat berkeinginan untuk melakukan hubungan seks dengan waktu yang terbilang ideal. Hal ini mungkin meningkat secara signifikan dan juga mungkin kamu akan lebih terlihat seksi. Wanita yang sedang mengalami masa subur, struktur tulang wajahnya sedikit bergeser yang membuatnya terlihat lebih menawan.

Baca juga: Lebih Menggoda, Intip 3 Tanda Wanita Lagi Subur

  1. Nyeri saat Ovulasi

Kamu juga kemungkinan akan merasakan nyeri pada perut yang terbilang tajam ketika sedang mengalami ovulasi. Beberapa wanita juga mengalami nyeri ovulasi setiap bulan, yang disebut juga dengan nyeri pertengahan siklus. Hal ini dapat terasa sangat sakit yang mencegah terjadinya hubungan seksual saat masa subur. Jika rasa sakit yang timbul tidak tertahankan, cobalah untuk melakukan pemeriksaan fisik segera!

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2019. 8 Signs of Ovulation That Help Detect Your Most Fertile Time
American Pregnancy. Diakses pada 2019. Signs of Ovulation