Peduli Lingkungan? Saatnya Coba Planetarian Diet

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Peduli Lingkungan? Saatnya Coba Planetarian Diet

Halodoc, Jakarta - Seseorang yang mempunyai berat badan berlebih umumnya akan melakukan diet untuk menurunkannya. Saat ini, terdapat berbagai macam pilihan diet yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah planetarian diet. Selain bisa menjaga berat badan, diet satu ini juga cocok untuk kamu yang sangat peduli terhadap lingkungan.

Seseorang yang melakukan planetarian diet akan mengonsumsi makanan yang produksinya hanya menghasilkan karbon yang rendah. Diet ini dilakukan supaya sesuatu yang dikonsumsi dapat mengurangi masalah yang terjadi pada lingkungan. Berikut pembahasan lengkapnya mengenai planetarian diet!

Baca juga: Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

Planetarian Diet untuk Seseorang yang Peduli Lingkungan

Kebanyakan orang hanya mengetahui beberapa jenis diet yang umum, seperti vegan diet, pescetarian, hingga flexitarian. Tidak semua orang mengetahui tentang planetarian diet. Padahal, seseorang yang melakukan diet ini akan mengonsumsi makanan yang rendah karbon, sehingga dapat mengurangi masalah lingkungan.

Pola diet baru ini dilakukan untuk fokus pada perawatan dan kepedulian terhadap masalah pada bumi. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi masalah lingkungan dan pemanasan global. Planetarian diet ini dipelopori oleh EAT-Lancet Commission yang bertujuan untuk menargetkan produksi makanan berkelanjutan, sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

Alasan diciptakannya planetarian diet adalah karena produksi makanan secara global termasuk sebagai salah satu penyebab terbesar penurunan keseimbangan lingkungan dan iklim. Dengan melakukan diet ini, 11 juta nyawa setiap tahunnya akan merasakan dampak baiknya, serta dapat menghentikan perubahan iklim dan mencegah gangguan pada lingkungan.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait planetarian diet, jangan ragu untuk menanyakannya pada dokter di Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc melalui smartphone yang kamu miliki! Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemeriksaan fisik di beberapa rumah sakit terpilih secara online dengan aplikasi tersebut.

Baca juga: Menu Diet Sehat Bebas Kalori

Bagaimana Cara Melakukan Planetarian Diet?

Jika kamu ingin melakukan diet ini, kamu tidak perlu khawatir karena caranya terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mengonsumsi paling tidak 2.500 kalori per harinya dengan makanan yang terdiri dari sayur-sayuran, lemak tidak jenuh, mengurangi daging hewan, gandum olahan, serta makanan olahan dan gula tambahan.

Pada dasarnya, planetarian diet ini akan memotong separuh konsumsi kamu terhadap daging merah dan gula. Sebagai penggantinya, kamu dapat mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Selain itu, hal yang penting lainnya adalah tetap mengonsumsi buah dan sayur sekitar setengah dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Kamu tetap boleh mengonsumsi daging dalam jumlah yang sedikit, tetapi program diet tersebut harus tetap fokus pada konsumsi buah, sayur, kacang, serta protein nabati. Pasalnya, mengurangi konsumsi daging akan berkontribusi pada mencegahnya degradasi lingkungan.

Manfaat dari planetarian diet dapat dilakukan secara global dan sekitar 12 juta kematian dini dapat dihindari setiap tahunnya. Hal tersebut karena pengurangan konsumsi sodium dan peningkatan konsumsi gandum, kacang, sayur-sayuran, dan buah-buahan yang paling umum mencegah terjadinya kematian.

Banyak orang yang mengetahui bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat merupakan penyebab paling umum terjadinya kondisi kesehatan tubuh yang buruk. Pola makan yang tidak sehat dengan mengonsumsi terlalu banyak daging mempunyai risiko lebih besar untuk morbiditas dan mortalitas dibandingkan dengan mengonsumsi alkohol dan merokok.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

Memang planetarian diet bukalah sebuah program diet yang fokus untuk menurunkan berat badan, tetapi lebih ke arah mengonsumsi makanan yang sehat. Meski bertujuan membuat planet ini lebih baik, tetapi kesehatan seseorang harus diperhatikan juga. Maka dari itu, planetarian diet hanya memperbolehkan konsumsi daging dengan jumlah yang sedikit.

Referensi:
Metro.co.uk .Diakses pada 2019.What is a planetarian diet?
Sarahbeekmans.Diakses pada 2019.What is a planetarian diet?