• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Pemicu Stres saat Bekerja dari Rumah

Ketahui Pemicu Stres saat Bekerja dari Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Dengan adanya peraturan baru di beberapa kota terkait PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar, beberapa orang beralih dari wajib ke kantor menjadi harus bekerja di rumah. Work from Home dilakukan untuk menghindari penyebaran dari virus corona dari seseorang yang terinfeksi kepada orang yang sehat.

Dengan perubahan yang membuat kamu harus bekerja dari rumah, tentu hal tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya stres. Untuk menghindari gangguan tersebut, penting untuk mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami tekanan saat bekerja dari rumah. Berikut beberapa pemicu stres saat bekerja di rumah yang harus diketahui!

Baca juga: Inilah 6 Faktor Pemicu Stres Saat Bekerja

Bekerja di Rumah Dapat Menjadi Pemicu Stres

Saat kamu harus Work from Home, rasa stres dapat timbul yang membuat pekerjaan menjadi sulit untuk diselesaikan. Hal ini juga dapat mengganggu kondisi tubuh untuk tetap bugar. Sebuah penelitian menyatakan apabila seseorang yang bekerja dari rumah cenderung mempunyai tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan yang bekerja dari kantor.

Selain itu, stres yang disebabkan Work from Home dapat disebabkan oleh banyak hal, terutama disebabkan oleh minimnya fasilitas yang benar-benar dibutuhkan. Tidak seperti di kantor yang telah menyediakan berbagai peralatan agar pekerjaan lebih mudah untuk dikerjakan. Beberapa hal tersebut seperti koneksi internet yang mumpuni ataupun komputer yang digunakan.

Stres karena bekerja di rumah juga dapat dipicu oleh beberapa faktor lainnya yang tidak didapatkan saat kamu pergi kantor. Berikut adalah beberapa pemicu stres saat bekerja di rumah:

  1. Berkurangnya Interaksi Sosial

Salah satu hal yang menjadi pemicu stres ketika bekerja di rumah adalah berkurangnya interaksi sosial yang biasa terjadi di kantor. Faktanya, kesepian memang kerap terjadi pada seseorang yang harus Work from Home. Stres yang terjadi juga berdampak negatif pada produktivitas dan kesehatan mentalmu. Memang, seseorang yang bekerja di rumah sulit menyadari jika dirinya mengalami masalah terkait tingkat stres.

Baca juga: Stres Karena Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

  1. Kelelahan

Hal lainnya yang dapat menjadi pemicu stress saat bekerja di rumah adalah perasaan lelah yang terus terjadi. Saat bekerja dengan jarak jauh, atasan tidak dapat melihat kamu bekerja, sehingga merasa harus lebih menunjukkan komitmen. Karenanya, tekanan terus terjadi pada karyawan dan mendorong dirinya untuk bekerja lebih keras dibandingkan saat di kantor. Saat rasa jenuh sudah tidak terbendung lagi, hal tersebut dapat menimbulkan rasa stres yang menyebabkan rasa lelah yang parah.

  1. Waktu Kerja yang Tidak Tentu

Saat bekerja di rumah, rasa stres dapat timbul disebabkan waktu kerja yang tidak menentu. Work from Home membuat beberapa orang terkadang sulit menentukan batasan waktu untuk bekerja. Mungkin saja jam saat seharusnya kamu beristirahat malah terus mendapat tekanan untuk mengejar deadline. Selain itu, terkadang faktor yang terjadi di dalam rumah juga dapat terjadi, seperti anak yang kerap mengganggu saat orangtuanya bekerja.

Dengan mengetahui beberapa pemicu stres yang disebabkan bekerja di rumah, kamu dapat menentukan beberapa langkah yang efektif untuk mengatasi atau mencegahnya. Sehingga, produktivitasmu tetap terjaga dan pekerjaan tetap selesai pada waktu yang ditentukan. Akhirnya, tidak ada keluhan yang diterima oleh atasanmu terkait performa saat Work from Home.

Baca juga: 6 Cara Hindari Malas saat Work From Home

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait beberapa hal yang dapat menjadi pemicu stres saat bekerja di rumah. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Referensi:
Thrive Global. Diakses pada 2020. Causes of stress in remote workplaces and how to deal with them.
Very Well Mind. Diakses pada 2020. How to Handle the Stress of Working From Home.