Penampilan Cetar, tetapi Waspada 4 Bahaya Sulam Alis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
bahaya sulam alis, semi permanen

Halodoc, Jakarta - Sulam alis merupakan salah satu teknik semi permanen pada alis yang dilakukan untuk mempercantik diri. Sulam alis banyak diminati oleh wanita, karena dinilai praktis dalam menunjang penampilan. Mengukir alis merupakan aktivitas rutin para wanita yang membutuhkan banyak waktu dan konsentrasi. Dengan sulam alis, para wanita tidak perlu repot lagi untuk melakukan aktivitas yang satu ini. 

Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan sulam alis, kamu perlu memerhatikan hal-hal yang dapat menjadi efek samping yang mungkin saja kamu alami. Berikut ini serba-serbi sulam alis dan bahaya yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Biar Eksis, 7 Tips Aman Sulam Alis

Penampilan Cetar Berkat Sulam Alis

Sulam alis menjadi salah satu tren kecantikan yang paling digemari oleh para wanita. Sulam alis memberikan kemudahan dengan sifatnya yang semi permanen, yang diukir dengan tinta dan alat yang menyerupai pena dengan ujung berbentuk silet kecil. Dengan tinta ini, kamu tidak perlu repot lagi menggambar alis selama beberapa tahun.

Berikut ini hal yang perlu kamu ketahui seputar sulam alis:

  • Rambut pada alis tidak akan dicukur habis. Hanya dirapikan sesuai bentuk yang diinginkan.

  • Tinta sulam alis bersifat semi permanen yang menembus lapisan kedua pada kulit.

  • Hasil sulam alis akan, seperti rambut alis, yang digambar satu per satu, sehingga membentuk alis yang diinginkan. Namun, hal ini tergantung pada metode sulam alis yang telah disepakati.

  • Teknik sulam alis dilakukan dengan alat seperti pena dengan ujung, seperti silet yang akan digoreskan pada alis.

Baca juga: Dari Mata Hingga Bibir, Tren Sulam untuk Kecantikan Zaman Now

Sebelum Tampil Cetar, Ketahui Bahaya Sulam Alis 

Meskipun terlihat praktis, tetapi prosesnya tidak sepraktis yang dibayangkan. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan sulam alis:

  • Rasa Sakit

Sulam alis akan memakan waktu yang relatif singkat, lebih kurang selama dua jam. Selama itu pula, rasa sakit harus kamu tahan. Pasalnya, proses penggambaran alis ini menggunakan pena yang berujung silet yang berisi tinta, yang akan ditanamkan pada lapisan epidermis kulit. Meskipun proses sulam alis telah menggunakan anastesi sebelumnya, tetapi rasa sakit masih sangat terasa.

  • Rusaknya Lapisan Epidermis Kulit

Tinta semi permanen yang ditanamkan pada lapisan epidermis kulit ini akan terserap masuk. Proses menggambarnya pun akan menggunakan teknik sayatan. Masuknya benda asing, seperti silet ke dalam lapisan epidermis kulit ini akan memicu rasa sakit yang berakibat pada terhambatnya proses peredaran darah.

  • Iritasi Kulit

Proses menggambar rambut alis dengan menggunakan teknik menyayat dan memasukkan tinta ke dalam lapisan kulit epidermis akan memicu terjadinya iritasi pada jenis kulit sensitif. Kulit akan memerah, terasa panas, bahkan perih. Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter pada aplikasi Halodoc, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Menghambat Pertumbuhan Rambut Alis

Masuknya tinta sulam alis ke dalam lapisan epidermis dan pori-pori akan mengganggu pertumbuhan rambut alis. Bahkan, kerontokan rambut pada alis kerap terjadi setelah seseorang menjalani prosedur sulam alis.

Baca juga: 5 Perawatan Kecantikan Wanita Setiap Hari

Selain beberapa hal tersebut, sulam alis juga akan menimbulkan bekas luka permanen. Untuk itu, sulam alis perlu dilakukan dengan dokter maupun ahli sulam alis yang sudah memiliki keterampilan sesuai dengan prosedur yang terbukti aman. Jika dilakukan di tempat yang sembarangan, alih-alih mendapatkan bentuk alis yang sempurna, alis bisa saja berantakan dan timbul bekas luka permanen.

Referensi:
Best Health. Diakses pada 2019. Is the eyebrow embroidery beauty trend safe?
The Asian Parent. Diakses pada 2019. All You Need to Know About Eyebrow Embroidery.