• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penanganan Baby Bottle Tooth Decay pada Anak

Penanganan Baby Bottle Tooth Decay pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Apa yang dilakukan orang tua ketika anak mengalami baby bottle tooth decay? Perawatan sangat bervariasi berdasarkan usia anak dan tingkat keparahan kondisinya. Pada tanda-tanda awal masalah, orang tua dan dokter gigi anak dapat bekerja sama untuk merumuskan pendekatan manajemen dan perawatan.

Bintik-bintik putih pada permukaan gigi adalah gejala awal pembusukan baby bottle tooth decay. Pada tahap ini, perawatan fluoride atau menempatkan pernis fluoride dapat digunakan untuk remineralisasi semua gigi. Selengkapnya mengenai penanganan baby bottle tooth decay ada di bawah ini.

Pengaturan Pola Makan

Perawatan fluoride sebenarnya membalikkan pembusukan gigi pada tahap paling awal dengan membantu membangun kembali enamel permukaan. Dokter gigi anak mungkin juga merekomendasikan suplemen fluoride. Pada tahap ini, orang tua juga dapat membuat perubahan pada diet makan anak agar pembusukan tidak berkembang. Perubahan ini dapat meliputi:

Baca juga: 8 Tips Membersihkan Gigi Bayi

  1. Membatasi makanan asam.
  2. Membatasi konsumsi jus, terutama jus jeruk.
  3. Mengganti air untuk jus, susu formula atau susu dalam botol anak.
  4. Perubahan ini harus selalu dilakukan berkoordinasi dengan dokter anak atau dokter gigi anak. Tergantung pada usia anak, keseluruhan kesehatan dan kebutuhan nutrisi akan mengalami perubahan pola yang disesuaikan. 

Jika pembusukan terlihat pada tahap selanjutnya, perawatan fluoride tidak lagi cukup. Gejala pembusukan yang lebih parah termasuk:

  1. Bintik-bintik coklat atau hitam pada gigi.
  2. Gusi berdarah atau bengkak.
  3. Demam, bengkak atau lekas marah, yang dapat mengindikasikan infeksi.
  4. Bau mulut.

Jika anak menunjukkan gejala-gejala ini, sangat penting untuk segera mengunjungi dokter gigi. Jika pembusukan menyebar, anak bisa melakukan perawatan restorasi yang luas, bahkan kehilangan gigi.

Perawatan untuk baby bottle tooth decay hampir sama dengan perawatan untuk pembusukan gigi orang dewasa. American Academy of Pediatric Dentistry menyatakan bahwa mahkota stainless steel sering digunakan untuk perawatan pada jenis kerusakan ini. 

Dokter gigi mungkin menyarankan sedasi atau bahkan anestesi umum untuk pekerjaan restorasi yang luas tergantung pada usia dan tingkat kematangan anak. Dalam kasus yang sangat parah, gigi, bahkan mungkin perlu diekstraksi. Ini lebih mungkin diperlukan jika gigi terinfeksi atau telah membusuk secara luas, sehingga tidak dapat dipulihkan.

Baca juga: 6 Tanda Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa kehilangan gigi bayi bukan persoalan yang penting. Bagaimanapun gigi-gigi ini akan rontok, jadi mengapa khawatir jika mereka rontok lebih awal dari yang dijadwalkan? 

Gigi permanen yang akan melengkapi perjalanan anak sampai dewasa ada di tulang rahang sejak bayi berusia dini. Gigi bayi bertindak sebagai pengganti untuk gigi permanen. Jika mereka hilang sebelum waktunya, jarak gigi permanen bisa terpengaruh. Kehilangan gigi bayi prematur dapat menyebabkan gigi permanen yang tidak selaras bersama dengan masalah lain yang mungkin membutuhkan perawatan ortodontik yang luas. 

Kebiasaan kebersihan yang buruk dapat dibawa sampai anak memasuki masa remaja dan dewasa. Cara terbaik untuk memastikan kesehatan gigi yang berkelanjutan adalah dengan memastikan bahwa anak belajar menjaga kebersihan mulut yang baik sejak awal. 

Pendekatan terbaik untuk penanganan baby bottle tooth decay adalah pencegahan. Jika anak memang mengalami karies gigi anak usia dini, orang tua dan dokter gigi anak dapat bekerja sama untuk menentukan pilihan perawatan terbaik.

Ingin tahu bagaimana lebih banyak mengenai baby bottle tooth decay tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk orang tua. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, orang tua bisa kapan dan di mana saja memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Colgate.com. Diakses pada 2019. Treatment For Baby Bottle Tooth Decay.
WebMD. Diakses pada 2019. What Is Baby Bottle Tooth Decay?