29 June 2018

Penasaran Ada Apa di Balik Kelincahan Lionel Messi? Ini Rahasianya

lionel messi, piala dunia 2018, rahasia kelincahan messi

Halodoc, Jakarta – Banyak yang bilang Lionel Messi merupakan “Mozart of Football." Bahkan, mantan pelatih FC Barcelona, Luis Enrique mengatakan, “Messi adalah pemain terbaik di dunia, tanpa keraguan. Bagi saya dia bukan manusia”. Kehebatan Messi tak hanya diakui orang-orang terdekatnya saja, lawan-lawan yang pernah berlaga melawannya pun juga mengakui kepiawaiannya saat merumput di lapangan hijau. Bahkan, legenda sepak bola seperti Pele dan Zinedine Zidane juga mengakui kehebatannya. Lalu, kira-kira ada rahasia apa sih di balik kehebatan dan kelincahannya saat menggiring bola di lapangan?

Menu Latihan Rutin

Sewajarnya pemain sepak bola profesional lainnya, Messi juga memiliki berbagai menu latihan rutin yang selalu dilakukannya saat sesi latihan. Salah satu menu yang menjadi ‘makanannya’ adalah sesi dorongan instan-kecepatan linear dan gerakan ke berbagai arah.

Sesi dorongan instan ini merupakan serangkaian peregangan, yang merupakan kombinasi dari fleksibilitas dan proses membangun kekuatan. Salah satu gerakannya lompatan jongkok, lompat tali, dan rintangan hopping. Setelah melakukan peregangan, dirinya juga akan melakukan beberapa putaran sprint pendek untuk meningkatkan stamina. Setelah usai melakukan sprint, messi juga akan berlari lagi selama lima menit. Latihan ini membuat gerakan kakinya menjadi cepat dalam arah linear dengan berbagai situasi dan pola di lapangan.

Baca juga: Beginilah Cara Pemain Bola Menyiapkan Mental Sebelum Bertanding

Untuk menu kedua ada latihan dengan metode gerakan ke berbagai arah. Messi akan memulai menu latihan ini dengan berfokus pada persiapan gerakan. Latihan ini meliputi  gerakan lunge ke arah depan dan multiarah, serta pillar skip. Gerakan pillar skip ini merupakan latihan berlari ke depan sambil mengangkat kaki tinggi di udara. Kedua jenis latihan ini membantu Messi untuk membuat kakinya lebih lincah sekaligus meningkatkan kekuatan inti tubuhnya.

Pola Makan Sehat dari Ahli Gizi

Seperti dilansir Daily Mail, menurut ahli gizi dari Italia yang pernah membantu Messi untuk menurunkan berat badannya, bintang dari klub raksasa Barcelona itu menjauhi permen, roti, dan pasta agar kinerja tubuhnya tetap terjaga dengan baik. Kata sang ahli, kapten Timnas Argentina ini juga menjauhi makanan yang mengandung tepung dan hanya sedikit mengonsumsi daging merah dalam menu hariannya.

Meskipun begitu, Messi masih diperbolehkan kok mengonsumsi makanan yang mengandung garam, tapi dalam takaran yang sedikit. Secara keseluruhan, menu-menu harian Messi terdiri dari ikan, banyak sayur-sayuran dan biji-bijian, dan minyak zaitun. Yang pasti, pemain ini berusaha mengurangi asupan garam, gula, dan daging merah dalam menu hariannya.

Baca juga: Deman Piala Dunia, Coba Kenalan dengan Diet Sehat Ala Cristiano Ronaldo

Bila suatu waktu ingin mengonsumsi daging, peraih empat kali Ballon d'Or (Pemain Sepak Bola Terbaik Eropa) ini akan menggantinya dengan daging putih seperti ayam. Kata sang ahli, kandungan protein yang tinggi dan rendah kolesterol sangat bermanfaat bagi tubuh seorang atlet seperti Messi.

Aktivitas Fisik Pendukung

Selain menu-menu latihan di atas dan menu latihan rutin yang diterapkan pelatih dan staf ahli olahraga di timnya, messi juga memiliki berbagai latihan fisik lainnya untuk meningkatkan kebugaran dan kehebatannya di lapangan. Nah, berikut beberapa aktivitas fisik yang bisa membuat tubuh tetap fit menurut Messi, seperti GQ:

1.Latihan Kardio berupa Jogging

Kata ahli, latihan kardio yang dilakukan di luar ruangan merupakan jenis kardio yang amat baik. Nah, salah satunya adalah jogging. Aktivitas fisik ini bisa membakar tiga kalori lebih banyak dibandingkan berjalan, sehingga memberikan dirimu peluang lebih besar untuk menurunkan berat badan. Kata ahli, 10 menit jogging bisa membakar sebanyak 100 kalori.  Namun, tentunya  hal itu juga amat bergantung dengan berat badan dan kecepatan jogging yang dilakukan.

2. Rutin Berenang

Berenang tak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tapi salah satu olahraga yang amat menyenangkan yang bisa kamu coba kapan saja. Aktivitas fisik ini juga baik untuk membakar kalori dan memberikan banyak manfaat bagi sistem kardiovaskular. Gerakan renang juga membuat seluruh otot tubuh bergerak sehingga jadi lebih aktif.

Baca juga: Inilah 5 Cedera yang jadi Langganan Pemain Sepak Bola

3. Nge-Gym

Sekeras apapun dirimu berusaha untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran tubuh tanpa perlengkapan olahraga, hasilnya enggak akan sebaik dan secepat bila dirimu menggunakan perlengkapan olahraga yang ada di pusat kebugaran (gym). Setidaknya, buatlah tubuhmu berkeringat di pusat kebugaran minimal 30 menit tiap sesinya.

Kamu juga bisa lho mendiskusikan pendidikan seks anak dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!