• Home
  • /
  • Pengantin Baru Intip Tips Cepat Hamil Ini

Pengantin Baru Intip Tips Cepat Hamil Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Pengantin Baru, Intip Tips Cepat Hamil Ini

Halodoc, Jakarta - Bagi sebagian pasangan yang baru menikah, memiliki momongan mungkin menjadi keinginan mereka. Hal ini karena kehadiran suara tangis dan tawa bayi dianggap sebagai pelengkap keluarga. Namun, kenyataannya semua pasangan memiliki peluang yang berbeda-beda untuk dapat segera mendapatkan momongan.

Faktanya, ada banyak sekali faktor yang memengaruhi peluang seorang wanita bisa segera hamil. Tetapi kebanyakan berfokus pada kesuburan. Namun jangan khawatir, kamu dan pasangan bisa mencoba untuk melakukan beberapa hal untuk meningkatkan peluang hamil segera setelah menikah.

Baca juga: Agar Program Hamil Sukses, Ajak Pasangan Melakukan Ini

 

Faktor Penentu Kehamilan Seorang Wanita

Setiap wanita memiliki peluang hamil sebanyak 15–25 persen dalam setiap bulan. Peluang itu bisa menjadi lebih besar jika hubungan intim dilakukan pada masa subur wanita, yaitu saat ovarium melepaskan sel telur alias ovulasi. Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi normal, ovulasi terjadi sekitar 14 hari sebelum hari pertama menstruasi selanjutnya.

Kehamilan mungkin terjadi jika sperma membuahi sel telur dalam masa ovulasi ini. Namun, bukan berarti kehamilan tidak bisa terjadi jika hubungan intim dilakukan di luar masa tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan peluang hamil dengan meningkatkan kesuburan. 

Baca juga:  Cara Mengetahui Tingkat Kesuburan Wanita

 

Tips Cepat Hamil untuk Pasangan Baru Menikah

Bagi beberapa wanita, mempersiapkan tubuh mereka untuk kehamilan membutuhkan waktu beberapa bulan. Sementara untuk wanita lain, mungkin butuh waktu lebih lama.

Melansir Centers for Disease Control and Prevention, berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk membantu mempersiapkan kehamilan, yaitu:

1. Jadwalkan Hubungan Intim

Sayangnya siklus yang terjadi pada tubuh tidak melulu berproses dengan tepat waktu sebagaimana kinerja mesin. Ini berarti masa ovulasi mungkin akan mengalami pergeseran karena beberapa faktor, termasuk manajemen stres yang buruk dan olahraga yang berlebihan.

Oleh karena itu, bagi pengantin baru yang ingin segera hamil, jadwalkanlah hubungan intim dan lakukan secara teratur. Kamu dan pasangan bisa melakukan hubungan intim dengan teratur, setidaknya dua hingga tiga hari sekali. Tidak hanya untuk wanita, pria perlu menjaga dan meningkatkan kesuburan sebelum membuahi.

2. Konsumsi Makanan atau Suplemen Asam Folat

Wanita yang sedang merencanakan kehamilan disarankan untuk banyak mengonsumsi asam folat, bisa didapat dari makanan atau dalam bentuk suplemen.

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B. Jika seorang wanita memiliki asam folat yang cukup dalam tubuhnya setidaknya 1 bulan sebelum dan selama kehamilan, ini dapat membantu mencegah cacat lahir utama pada otak dan tulang belakang bayi. Kini kamu bisa beli suplemen asam folat melalui Halodoc. Kurang dari satu jam, obat akan dikirimkan langsung ke tempat kamu.

Baca juga: 4 Penyebab Sulit Hamil Meski Pasangan Subur

3. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Salah satu yang harus diubah jika hendak merencanakan kehamilan adalah menerapkan gaya hidup sehat. Jika sebelumnya kamu menjalani hidup yang sembarangan, seperti gemar konsumsi alkohol, merokok, atau gaya hidup buruk lainnya, segera hentikan.

Mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti dengan mengonsumsi makanan seimbang dan rutin berolahraga. Kamu dan pasangan dapat mencoba untuk melakukan olahraga bersama, menghabiskan waktu lebih banyak, dan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Pastikan untuk mengingatkan pasangan untuk menerapkan pola hidup sehat, sehingga hal ini lebih mudah untuk dijalani.

4. Hindari Zat Beracun dan Kontaminan Lingkungan

Selama merencanakan kehamilan, kamu disarankan untuk menghindari bahan kimia berbahaya, kontaminan lingkungan, dan zat beracun lainnya. Mulai dari bahan kimia sintetik, logam, pupuk, semprotan serangga, dan kotoran hewan pengerat di sekitar rumah atau di tempat kerja.

Zat-zat ini dapat merusak sistem reproduksi pria dan wanita. Selain itu, paparan dalam jumlah kecil selama kehamilan, bayi, masa kanak-kanak, atau pubertas juga bisa menyebabkan penyakit.

Itulah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan bagi pengantin baru. Perawatan di atas juga berfokus pada hal-hal yang dapat dilakukan sebelum dan di antara kehamilan untuk meningkatkan peluang memiliki bayi yang sehat.

 

Referensi: 
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2019. Planning for Pregnancy
NHS. Diakses pada 2019. Planning Your Pregnancy.