Pengaruh Puasa bagi Kualitas Sperma

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Pengaruh Puasa bagi Kualitas Sperma

Halodoc, Jakarta – Banyak manfaat yang dirasakan dari menjalani ibadah puasa. Mulai dari membantu kamu menjalankan diet sehat, detoksifikasi, mengurangi tekanan gula darah, dan memperbaiki kualitas sperma bagi para pria.

Baca juga: Awas, 7 Tanda Ini Menandai Sperma yang Abnormal

Menjalankan ibadah puasa tidak akan menurunkan kualitas sperma. Puasa justru dapat meningkatkan fungsi organ reproduksi. Hal ini karena selama menjalani ibadah puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun minuman dalam waktu yang cukup lama, kondisi ini menyebabkan virus, bakteri atau sel berbahaya dalam tubuh tidak akan mampu bertahan hidup lama.

Tidak hanya itu, puasa dapat membantu saluran pencernaan untuk beristirahat sehingga dapat menghindarkan tubuh dari racun dan kotoran. Inilah yang membuat menjalani ibadah puasa mampu meningkatkan kualitas sperma seorang pria. Selain menjalani ibadah puasa, tidak ada salahnya untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh dengan konsumsi makanan bergizi yang tentu baik untuk menjaga kualitas sperma.

Baca juga: 4 Hal yang Mengharuskan Laki-laki Periksa Sperma

Gaya Hidup dapat Menjaga Kualitas Sperma

Tidak hanya menjalani ibadah puasa, menjalani gaya hidup sehat juga membantu para pria untuk meningkatkan kualitas sperma. Lakukan beberapa gaya hidup di bawah ini agar kualitas sperma tetap terjaga, yaitu:

1. Makan Makanan Bergizi

Kualitas sperma dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi setiap hari. Pilih makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang baik karena gizi yang terpenuhi agar meningkatkan kualitas sperma.

Sebaiknya, konsumsi sayuran ketika berbuka maupun sahur. Salah satunya adalah sayuran brokoli. Sayuran hijau ini mengandung cukup tinggi kandungan vitamin A, sedangkan kekurangan vitamin A menjadi penyebab umum menurunnya kualitas sperma.

Selain mengonsumsi vitamin A, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Kadar asam folat yang cukup dapat meningkatkan kualitas sperma serta mengurangi kelainan kromosom. Tentu hal ini sangat baik bagi kamu yang merencanakan kehamilan dengan pasangan.

2. Olahraga Rutin

Selain memerhatikan kondisi makanan yang dikonsumsi, melakukan olahraga secara rutin nyatanya juga bisa membantu kamu untuk menjaga kualitas sperma. Obesitas menjadi salah satu penyebab turunnya kualitas sperma para pria. Salah satu cara untuk mengendalikan berat badan dengan melakukan rutin berolahraga.

Menjalani ibadah puasa bukan berarti kamu berhenti untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Pilih olahraga yang ringan dan pilih waktu sebelum berbuka puasa agar energi bisa segera digantikan saat berbuka.

3. Hindari Merokok

Kualitas sperma pada perokok lebih buruk dibandingkan pria yang tidak merokok. Tidak ada salahnya untuk berhenti melakukan kebiasaan merokok agar kualitas sperma semakin baik.

4. Hindari Penggunaan Celana Dalam Terlalu Sempit

Kebiasaan menggunakan celana dalam terlalu sempit dapat memengaruhi kualitas sperma seseorang. Meskipun ini bukan menjadi satu-satunya faktor yang menurunkan kualitas sperma, hindari penggunaan celana dalam sempit dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini menekan dan berisiko meningkatkan suhu skrotum yang memengaruhi kualitas sperma.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kesehatan tubuh maupun kualitas sperma. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Inilah Prosedur yang Harus Dilalui saat Cek Sperma