• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penggunaan Hirup Uap bagi Kesehatan Pernapasan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penggunaan Hirup Uap bagi Kesehatan Pernapasan

Penggunaan Hirup Uap bagi Kesehatan Pernapasan

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 Mei 2022

“Hirup uap menjadi teknik pengobatan tradisional yang telah dilakukan secara turun temurun. Hirup uap bermanfaat meredakan sakit kepala hingga melembapkan tenggorokan yang terasa kering.”

Penggunaan Hirup Uap bagi Kesehatan Pernapasan

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan pernapasan, salah satunya adalah penyakit flu. Penyakit ini kerap membuat pengidapnya merasakan gejala yang tidak nyaman akibat hidung tersumbat. Namun, jika gejala dirasa ringan, kamu bisa mencoba melakukan cara alami, seperti hirup uap untuk meredakan gejala tersebut.

Teknik hirup uap ini menjadi cara tradisional yang telah dilakukan secara turun temurun untuk menjaga kesehatan pernapasan. Cara ini terbilang sederhana karena kamu hanya perlu menyiapkan mangkuk, air panas, dan handuk untuk melakukannya. Yuk, simak berbagai manfaat yang bisa didapatkan dan cara tepat dalam melakukannya!

Baca juga: Sering Minum Air Hangat, Adakah Manfaatnya untuk Kesehatan?

Manfaat Hirup Uap bagi Kesehatan Pernapasan

Penyakit flu adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Kondisi ini menyebabkan pengidap flu mengalami rasa tidak nyaman, seperti kesulitan bernapas, sakit kepala, dan hidung tersumbat. 

Gejala dapat terjadi akibat adanya infeksi saluran pernapasan yang menyebabkan inflamasi atau peradangan pada pembuluh darah sinus. Meskipun begitu, kamu bisa meredakan gejala ini dengan melakukan istirahat, mengonsumsi air putih yang cukup, dan melakukan hirup uap secara tepat.

Nah, hirup uap adalah salah satu teknik pengobatan tradisional yang sudah dilakukan secara turun-temurun untuk membuat saluran pernapasan menjadi lebih lembap dan mukus atau lendir dalam hidung menjadi lebih cair. Dengan teknik ini, maka mukus akan lebih mudah dikeluarkan sehingga tidak mengganggu proses bernapas dan menurunkan risiko gangguan tidur.

Bukan itu saja, ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu rasakan dari teknik ini, seperti meredakan batuk, mengatasi sakit kepala, iritasi tenggorokan, dan radang.

Baca juga: Ini 8 Cara Alami Redakan Batuk Berdahak pada Anak

Lakukan Teknik Hirup Uap bagi Kesehatan Pernapasan yang Tepat

Tidak ada salahnya mengetahui beberapa teknik hirup uap yang tepat agar manfaatnya bisa dirasakan secara optimal. Menghirup uap air panas saja sebenarnya sudah bisa membantumu mengatasi hidung tersumbat akibat flu, tetapi kamu bisa menambahkan balsam agar manfaatnya lebih baik.

Kamu bisa menggunakan balsem atau obat dengan kandungan minyak eucalyptus, mentol dan camphor ke dalam air. Namun perlu diketahui, penggunaan balsam hanya bisa dilakukan untuk orang dewasa dan anak diatas usia 6 tahun saja.

Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan teknik hirup uap yang tepat:

  • Gunakan air hangat dengan suhu sekitar 42 sampai 44 derajat Celcius. Kamu bisa menambahkan satu sendok teh balsam ke dalam air hangat. 
  • Setelah memastikan mangkuk berada di tempat yang aman, letakkan wajah di atas mangkuk sejauh 20 sampai 30 sentimeter.
  • Gunakan handuk besar untuk menutup area wajah dan mangkuk agar uap terperangkap. Pastikan kamu menutup mata saat melakukan hirup uap agar uap tidak kena mata secara langsung.
  • Bernapaslah secara normal melalui hidung.
  • Lakukan proses ini selama 15 menit. Jangan melakukan teknik hirup uap lebih dari 15 menit.

Meskipun bermanfaat, jangan terlalu sering melakukannya teknik ini. Ada baiknya untuk melakukannya 1 hingga 2 kali saja dalam satu hari. Selain itu, gunakan air dengan suhu yang hangat dan tidak terlalu panas. Jika kamu merasa mengalami iritasi kulit setelah melakukan teknik hirup uap dengan balsem, maka segera hentikan teknik hirup uap ini. 

Baca juga: Penelitian Sebut Minyak Kayu Putih Dapat Cegah Corona

Kamu pun bisa bertanya langsung pada dokter untuk mengetahui cara lain dalam mengatasi penyakit flu atau hidung tersumbat. Selain itu, kamu juga bisa cek berbagai kebutuhan medis di Halodoc untuk mengatasi flu yang kamu alami, seperti obat atau bahkan balsem. 

Pesanan kamu bisa segera tiba kurang dari satu jam. Praktis bukan? Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play!

Referensi:
International Journal of Medicine Research. Volume 2; Issue 2; March 2017; Page No. 24-26. Diakses pada 2022. A comparative study to assess the effect of steam inhalation v/s Tulsi leaves inhalation on the sign and symptoms of cold and cough among adult group in selected areas of Pune city. 
Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine Volume 2019. Diakses pada 2022. Warm Steam Inhalation before Bedtime Improved Sleep Quality in Adult Men.
American Journal of Otolaryngology. Diakses pada 2022. Nasal Patency and Nasal Symptoms in Patients with the Common Cold.
Fife Health and Social Care Partnership. Diakses pada 2022. Steam Inhalation.
Very Well Health. Diakses pada 2022. Breathe Better With Steam Inhalation.
Healthline. Diakses pada 2022. Steam Inhalation: What Are the Benefits?