• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penggunaan Sepatu Sempit Sebabkan Kaki Cantengan

Penggunaan Sepatu Sempit Sebabkan Kaki Cantengan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Penggunaan Sepatu Sempit Sebabkan Kaki Cantengan

Halodoc, Jakarta - Cantengan memang sering dianggap sebagai penyakit yang ringan dan kerap disepelekan. Namun, gejala yang kamu rasakan sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, lho! Saat mengalami cantengan, kamu akan merasakan bengkak, sakit, dan perubahan warna kemerahan pada bagian ujung jari. Hal ini terjadi karena ujung kuku bertumbuh ke dalam yang membuat kulit terluka. 

Cantengan lebih kerap terjadi pada orang-orang dengan kuku berbentuk melengkung dan tebal, juga paling sering terjadi pada jari jempol kaki. Nah, tahukah kamu kalau memakai sepatu yang kekecilan atau terlalu sempit bisa memicu terjadinya cantengan? 

Ternyata, penggunaan sepatu, kaos kaki, dan stocking yang kesempitan atau kekecilan akan mengakibatkan bertumbuhnya kuku ke dalam kulit kaki tanpa disadari. Terlebih jika kamu menggunakan alas kaki yang kesempitan ini setiap hari dan dalam jangka waktu yang panjang. Alas kaki yang terlalu sempit akan membuat kuku mengalami tekanan ke bagian dalam, sehingga memicu bertumbuhnya kuku ke arah yang tidak benar. 

Baca juga: Kenapa Jempol Kaki Bisa Cantengan?

Inilah mengapa kamu disarankan untuk menggunakan alas kaki dengan ukuran yang tepat, tidak terlalu besar atau malah kekecilan. Menggunakan sepatu atau kaos kaki sesuai ukuran tak hanya akan membuat kaki lebih mudah bernapas, pertumbuhan kuku jari kaki pun tidak mengalami hambatan sehingga risiko cantengan bisa dikurangi. 

Pasalnya, meski bisa disembuhkan, cantengan memiliki risiko kambuhan alias bisa terjadi kembali. Pun, penanganan yang terlambat bisa membuat gangguan kesehatan ini berujung pada komplikasi yang lebih serius. Komplikasi ini harus diperhatikan, terutama jika kamu memiliki riwayat diabetes atau kelainan pada pembuluh darah. 

Pemicu Cantengan Lainnya

Tidak hanya membuat kamu merasa nyeri dan tidak nyaman, cantengan juga akan membuat kamu kurang percaya diri karena kuku yang memiliki bentuk tak normal. Selain karena penggunaan sepatu yang salah, cantengan juga bisa terjadi karena beberapa hal berikut ini: 

  • Memotong Kuku Kurang Tepat

Kesalahan ketika memotong kuku juga menjadi hal yang paling sering menyebabkan cantengan selain penggunaan sepatu yang salah. Ini termasuk memotong kuku terlalu pendek atau tidak rata ketika memotong kuku sehingga kuku tumbuh pada arah yang salah. 

Baca juga: Kuku Bisa Lepas Kalau Terjadi Pendarahan Akibat Cantengan

  • Kuku Mengalami Cedera

Jari kaki atau kuku yang sering terbentur benda keras akan meningkatkan risiko terjadinya cantengan. Tak terkecuali dengan kuku atau jari kaki kejatuhan benda yang berat. 

  • Beraktivitas yang Meningkatkan Risiko Cantengan

Sepak bola dan balet menjadi olahraga yang memiliki tingkat risiko cantengan yang cukup tinggi. Ini karena kuku akan mendapatkan tekanan yang berat ketika menendang bola atau menari balet. 

  • Kuku Terlalu Besar

Kuku yang terlalu besar atau jari kaki yang terlalu kecil akan mengakibatkan jari mengalami kesulitan untuk menjaga agar kuku tetap bisa bertumbuh dengan normal. Akhirnya, kuku pun akan bertumbuh tidak teratur. 

Baca juga: Begini Caranya Mencegah dan Mengobati Kuku Cantengan

Cantengan juga akan lebih berisiko terjadi pada seseorang dengan riwayat keluarga yang pernah mengalami hal serupa alias faktor genetik atau keturunan. Jadi, jangan heran jika kamu mengalami kondisi ini ketika sebelumnya anggota keluarga juga mengalaminya. 

Segera obati cantengan ke rumah sakit terdekat agar tidak berdampak pada komplikasi yang berbahaya. Agar kamu bisa segera ditangani tanpa harus menunggu lama, buat janji dulu melalui aplikasi Halodoc. Jadi, kapan saja kamu berobat ke rumah sakit terdekat, kamu bisa booking dulu di aplikasi Halodoc. 



Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. Ingrown Toenails.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Ingrown Toenails
Healthline. Diakses pada 2021. Ingrown Toenails.