• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengidap Asam Lambung Masih Bisa Minum Kopi, Ini Caranya

Pengidap Asam Lambung Masih Bisa Minum Kopi, Ini Caranya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kamu suka kopi, tetapi mengidap asam lambung, adakah cara aman untuk mengonsumsinya? Cold brew coffee adalah jawaban pecinta kopi yang mengidap asam lambung. Cold brew coffee disarankan karena memiliki jumlah kafein lebih rendah, sehingga asamnya kurang. 

Kafein dapat melonggarkan katup lambung, sehingga memungkinkan asam lambung bergerak naik ke dinding esofagus yang menyebabkan rasa sakit. Karenanya, mengonsumsi kopi dengan tingkat keasaman rendah dapat membantu menghindari risiko ini. Selengkapnya mengenai hubungan asam lambung dan kopi, baca di bawah ini!

Baca juga: 7 Makanan Sehat Bagi Pengidap Asam Lambung

Tips Minum Kopi Aman untuk Pengidap Asam Lambung

Selain mengonsumsi kopi berdasarkan jenis kopinya, berikut adalah aturan minum kopi aman untuk pengidap asam lambung. 

  1. Batasi Asupan Kopi

Ketika asupan kafeinmu terlalu tinggi, otot yang menghubungkan perut ke kerongkongan menjadi rileks. Ketika hal ini terjadi, celah tersebut akan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

  1. Hindari Kopi Sachet

Buat kamu yang mengidap asam lambung, mengonsumsi jenis kopi yang baik adalah sesuatu yang disarankan. Dan hindari jenis kopi sachet yang disinyalir lebih banyak memiliki gula dan grade kopi yang tidak terlalu bagus. 

  1. Kopi Arabika

Kamu juga bisa menghindari asam lambung dengan cara meminum kopi jenis arabika. Soalnya kalau jenis robusta cenderung pahit dengan kadar kafein yang yang lebih tinggi ketimbang arabika. Makanya, sebaik-baiknya minum kopi buat pengidap asam lambung, kopi arabika adalah pilihan terbaik. 

  1. Minum Kopi Ditemani Biskuit

Ritual minum kopi pagi memang sesuatu yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Namun, terkadang perut kosong yang langsung diisi kopi justru bisa memicu asam lambung. Siasatnya untuk kondisi ini adalah kamu minum kopi ditemani biskuit. Biskuit dapat menetralisir asam kopi, sehingga lebih “ramah” saat memasuki lambung. 

Makanan Lain Pemicu Asam Lambung

Selain kopi, ada berapa jenis makanan maupun minuman lainnya yang dapat memperburuk gejala asam lambung. Makanan, seperti cokelat, permen, tomat (termasuk produk berbahan dasar tomat), makanan pedas, makanan asam, makanan berlemak, dan minuman beralkohol dapat memicu asam lambung.

Baca juga: 7 Buah yang Tepat bagi Pengidap Asam Lambung

Sebagian pengidap asam lambung bisa jadi tidak masalah dengan tomat, tetapi bisa bermasalah buat yang lainnya. Jika kamu mengidap asam lambung, sebaiknya ketahui dengan pasti, kira-kira jenis makanan apa yang dapat memicu asam lambungmu kumat. 

Selain menghindari makanan yang dapat memicu asam lambung, perubahan gaya hidup dapat membantu meringankan gejala asam lambung. Ini termasuk penurunan berat badan untuk orang yang kelebihan berat badan, memposisikan tidur dengan menaikkan bantal posisi bantal, menghindari makan selama 2 atau 3 jam sebelum tidur.

Kemudian jangan makan berlebihan, berhenti merokok, mengenakan pakaian yang longgar terutama di sekitar perut, tetap tegak setelah makan selama setidaknya 3 jam, dan mempertahankan postur tegak saat duduk.

Kalau kamu membutuhkan saran ataupun rekomendasi dari ahlinya mengenai masalah asam lambung, tanyakan saja di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:

Cafealtura. Diakses pada 2019. How Coffee Lovers Manage Acid Reflux.
Camanoislandcoffee. Diakses pada 2019. 3 Ways to Prevent Coffee Heartburn.
Medical News Today. Diakses pada 2019. Should people with GERD avoid caffeine?