Pengidap Darah Tinggi, Buka Puasa dengan 3 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pengidap Darah Tinggi, Buka Puasa dengan 3 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Memilih menu berbuka puasa menjadi hal yang susah-susah gampang, terutama bagi orang yang mengidap gangguan kesehatan tertentu, misalnya hipertensi. Darah tinggi alias hipertensi adalah penyakit yang harus diwaspadai, karena bisa memicu kondisi yang lebih berbahaya, di antaranya penyakit jantung dan stroke.

Pengidap penyakit ini harus super waspada dalam memilih jenis makanan, untuk mencegah naiknya tekanan darah tetap stabil. Selain menjaga makanan, menghindari hipertensi kambuh juga bisa dilakukan dengan dengan rutin melakukan pengukuran tekanan darah. Dalam keadaan normal, tekanan darah orang yang sehat adalah kurang dari 120/80.

Angka pertama merupakan tekanan darah sistolik, dan yang berikutnya adalah tekanan diastolik. Saat hasil pengukuran tekanan darah melebihi kisaran normal, bisa jadi itu merupakan gejala hipertensi.

Untuk menghindari naiknya tekanan darah secara drastis, salah satu caranya adalah memilih jenis makanan yang sehat serta menghindari makanan yang bisa memicu naiknya tekanan darah. Lantas, apa saja jenis makanan sehat yang wajib ada di menu berbuka puasa pengidap hipertensi?

1. Kurma

Kurma menjadi salah satu makanan yang khas dan dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, termasuk untuk pengidap hipertensi. Bukan tanpa alasan, ternyata makanan yang memiliki rasa manis ini memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Kandungan yang ada dalam setiap buah kurma disebut-sebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kurma sangat kaya akan kandungan nutrisi penting, mulai dari kalium, magnesium, fosfor, zinc, selenium, serta mangan. Seluruh kandungan mineral tersebut sangat penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh dan pencegahan kanker. Kurma juga dikenal sebagai makanan yang memiliki sifat antiperadangan, di mana kandungan dalam makanan ini bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan sel dalam tubuh.

Baca juga: 5 Khasiat Kurma Tak Sekedar Manis

2. Kolak Pisang

Selain kurma, menu khas berbuka puasa yang juga baik untuk dikonsumsi pengidap hipertensi adalah kolak pisang. Dalam satu mangkok kolak pisang, terdapat 47 persen lemak, 48 persen karbohidrat, serta 6 persen protein. Kandungan lemak dalam kolak pisang terdiri dari sebagian besar lemak jenuh, serta lemak tak jenuh. Tak hanya itu, satu porsi kolak pisang juga memiliki 2,8 gram serat, serta 11,95 gram gula.

Meski begitu, jenis makanan ini tergolong sehat dan bisa memberi manfaat untuk tubuh. Kolak terdiri dari pisang, yang mengandung vitamin B, C, A, kalium, serat, hingga protein. Buah ini juga memiliki kandungan magnesium, folat, niacin, serta zat besi.

Rutin mengonsumsi buah yang satu ini nyatanya bisa membantu melancarkan peredaran darah, sekaligus menjaga pencernaan tetap sehat. Tapi ingat, hindari mengonsumsi kolak dalam jumlah berlebihan karena kalorinya yang cukup tinggi, yaitu 163 kalori dalam satu mangkuk.

Baca juga: 4 Inspirasi Menu Berbuka Puasa yang Sehat

3. Jus Buah

Jus buah menjadi sajian berbuka puasa yang disarankan untuk dikonsumsi pengidap hipertensi. Salah satu jenis buah yang baik untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit ini adalah buah bit. Rutin mengonsumsi buah bit ternyata bagus untuk mencegah tekanan darah melonjak. Sebab, buah yang satu ini memiliki kandungan nitrat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan, buah bit disebut dapat membantu menurunkan, bahkan menormalkan tekanan darah dalam waktu singkat.

Baca juga: Atasi Tekanan Darah Tinggi dengan 5 Buah Ini

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.