• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengidap Diabetes Disarankan Hindari 8 Buah Ini

Pengidap Diabetes Disarankan Hindari 8 Buah Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, diabetes juga bisa menyebabkan penumpukan glukosa dalam darah, sehingga membuatnya sulit untuk diserap tubuh. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini bisa sebabkan komplikasi yang berbahaya. Karenanya pengidap diabetes harus menjalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Meski mengonsumsi buah-buahan baik untuk kesehatan, pengidap diabetes sebaiknya harus tetap berhati-hati. Pasalnya, beberapa buah memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Inilah beberapa buah yang harus dihindari!

Baca juga: Ini Alasan Diabetes Jadi Penyakit Seumur Hidup

1. Nanas

Kamu tentu tahu, ketika menggigit sepotong nanas yang berair akan sangat terasa manisnya. Buah ini memiliki rasa manis bercampur asam dan lengket. Buah nanas mengandung sekitar 16 gram gula per cangkirnya. Kamu dapat mengurangi ukuran porsi dengan menaburkan parfait yogurt dengan nanas yang dipotong dadu. 

2. Cranberry yang Dimaniskan

Cranberry sebenarnya mengandung gula yang rendah, yaitu hanya sekitar 4 gram dalam satu cangkir penuh. Namun, dengan mengeringkan buah ini dan menambahkan pemanis, itu bukan lagi pilihan sehat bagi pengidap diabetes. 

3. Kismis

Meskipun kismis merupakan makanan ringan yang mudah dibawa-bawa,  buah ini bukan pilihan yang baik untuk pengidap diabetes. Pengidap diabetes harus membatasi porsi buah kismis hingga 15 gram karbohidrat. Sebagai gantinya, kamu dapat memilih anggur atau nikmati kismis dengan segenggam almond untuk menyeimbangkan gulanya. 

Baca juga: Gaya Hidup yang Perlu Dijalani Pengidap Diabetes Melitus

4. Jeruk Keprok

Jeruk keprok memiliki rasa yang manis. Satu cangkir jeruk keprok mengandung lebih dari 20 gram gula. Sebaiknya hindari buah ini atau gunakan sedikit buah jeruk hanya sebagai topping dalam makanan. 

5. Mangga

Menikmati sepotong mangga tentu terasa sangat menyegarkan. Namun, bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes, sebaiknya hindari buah ini. Satu cangkir buah mangga mengandung 23 gram gula, jadi sebaiknya carilah pilihan buah yang rendah gula. Namun, menikmati sepotong buah ini sekali seminggu mungkin tidak masalah. 

6. Ceri 

Secangkir buah ceri terasa seperti camilan klasik dan nikmat. Namun, pengidap diabetes perlu mewaspadainya, karena buah ceri bisa menyebabkan gula darah meningkat pesat. Satu gelas ceri berisi 20 gram gula dan mungkin masih akan membuat kamu lapar.

7. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang cantik dengan rasa yang manis. Satu cangkir kiwi yang telah diiris memiliki sekitar 16 gram gula. Sebaiknya pengidap diabetes menghindari buah ini. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi alpukat tanpa tambahan gula sebagai camilan.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Tentang Diabetes Tipe 2

8. Leci

Buah leci mungkin jarang kamu temui di supermarket. Namun, jika kamu menemukannya, sebaiknya hindari. Buah leci sering kali digunakan sebagai pemanis dalam hidangan penutup atau koktail. Seporsi buah leci mengandung 29 gram gula. 

Jika kamu menjalani pola makan sehat yang aman untuk diabetes, sebenarnya tidak ada alasan nyata untuk harus menghindari buah sama sekali. Kandungan vitamin, mineral, dan serat dari buah segar dapat menjadi sumber nutrisi. Selama kamu menjaga porsi buah dalam sekali makan. Jika kamu masih bingung tentang hal ini, pastikan untuk selalu membicarakan dan mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc untuk mendapatkan saran yang tepat.

Referensi:
Taste of Home. Diakses pada 2020. 9 Fruits to Avoid If You Have Diabetes.
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Foods to Avoid With Diabetes.
Very Well Health. Diakses pada 2020. Eating Fruit When You Have Diabetes.