Pengidap Flu Wajib Lakukan 4 Hal Ini Selama Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pengidap Flu Wajib Lakukan 4 Hal Ini Selama Puasa

Halodoc, Jakarta – Flu bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, termasuk selama bulan puasa. Flu alias influenza penyakit yang terjadi karena adanya infeksi virus pada sistem pernapasan, meliputi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Kondisi ini sering menunjukkan gejala, seperti demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan.

Gejala yang muncul akibat flu tidak hanya memicu rasa sakit, tapi juga bisa mengganggu kelancaran puasa yang dijalani. Setelah menyerang tubuh, virus penyebab flu membutuhkan waktu sebelum memunculkan gejala atau sering disebut sebagai masa inkubasi.

Kabar buruknya, masa inkubasi virus penyebab flu tergolong singkat, sehingga bisa segera menimbulkan gejala sesaat setelah menyerang. Gejala flu bisa muncul hanya dalam satu hingga tiga hari setelah pertama kali terinfeksi. Lantas, apa yang harus dilakukan jika flu menyerang saat puasa?

Baca juga: 4 Tips Puasa Saat Sakit

Pada dasarnya, sebagian besar flu tidak membutuhkan penanganan khusus karena bisa sembuh dengan sendirinya. Meski begitu, kondisi ini tetap tidak boleh diabaikan begitu saja. Ada beberapa jenis pengobatan mandiri yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi flu. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan jika mengidap flu selama bulan puasa!

1. Banyak Minum Air

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi flu adalah memenuhi asupan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Hanya saja, saat puasa kamu mungkin harus menerapkan pola khusus dalam mengonsumsi cairan, sebab saat puasa tubuh tidak akan mendapat asupan cairan selama hampir 14 jam.

Meski begitu, kamu tetap bisa menjaga kebutuhan dan kadar cairan dalam tubuh, dengan menerapkan pola 2–4–2, yaitu mengonsumsi 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas air putih saat berbuka puasa, dan 2 gelas air putih pada malam hari atau sebelum tidur. Salah satu trik yang bisa dicoba untuk mengatasi flu adalah mengonsumsi air hangat saat sahur dan berbuka puasa.

2. Cukup Istirahat

Agar tubuh lebih cepat pulih dari flu, pastikan untuk cukup beristirahat dan tidak memaksakan diri. Mencukupi kebutuhan istirahat tubuh bisa membantu mempercepat proses pemulihan dan penyembuhan flu. Banyak istirahat bisa memberi waktu pada sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus penyebab flu.

3. Penuhi Asupan Nutrisi

Sebaiknya, hindari mengonsumsi makanan sembarangan saat flu menyerang. Sebagai gantinya, pastikan untuk memberi tubuh asupan nutrisi terbaik, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa. Jenis nutrisi yang harus ada dan diterima tubuh adalah vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh, agar virus penyebab flu tidak mudah menyerang. Pastikan untuk mengonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, E, dan Zinc.

Baca juga: Daya Tahan Tubuh Lemah, Ini Cara Cegah Flu dengan Olahraga

4. Suplemen Tambahan

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Ini juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari virus penyebab penyakit. Kamu bisa menyesuaikan jenis suplemen dengan kebutuhan tubuh, misalnya suplemen yang mengandung vitamin C, D, ataupun E.

Baca juga: 7 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Saat Puasa

Agar lebih mudah, beli suplemen dan vitamin di aplikasi Halodoc saja! Dengan layanan antar, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam dan gratis ongkos kirim. Kamu juga bisa membeli obat dan produk kesehatan lain melalui satu aplikasi saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!