• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengidap Hipertiroidisme Sebaiknya Konsumsi 5 Makanan Ini

Pengidap Hipertiroidisme Sebaiknya Konsumsi 5 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pengidap Hipertiroidisme Sebaiknya Konsumsi 5 Makanan Ini

“Untuk seseorang yang mengidap hipertiroidisme, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar cepat sembuh. Salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Penting untuk mengonsumsi beberapa makanan yang dapat membuat kamu lebih baik.”

Halodoc, Jakarta - Jika kamu mengalami pembesaran pada kelenjar tiroid, atau disebut juga penyakit gondok, penting untuk segera diperiksa karena bisa saja disebabkan oleh hipertiroidisme. Seseorang yang mengidap penyakit ini perlu segera mendapatkan penanganan karena dapat menimbulkan beberapa komplikasi berbahaya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk pengobatan hipertiroidisme adalah mengonsumsi beberapa makanan yang dapat mengatasi gejala dari penyakit ini. Jika kamu salah makan, bukan tidak mungkin gejala yang timbul menjadi semakin parah atau bertentangan dengan obat yang dikonsumsi. Nah, ketahui beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh pengidap hipertiroidisme di sini!

Baca juga: Mengenal Penyebab dan Faktor Risiko Hipertiroidisme

Penjelasan tentang Hipertiroidisme

Hipertiroidisme, atau tirotoksikosis, adalah kondisi kesehatan yang terjadi ketika kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid. Beberapa ahli medis menyebut jika kondisi ini terjadi karena tiroid yang terlalu aktif. Kondisi ini yang menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan. Saat gangguan ini terjadi, kamu dapat mengalami gejala berupa jantung berdebar dan tangan gemetar.

Kelenjar tiroid ini terletak di leher, bagian depan tengah, dan berbentuk serta seukuran dengan kupu-kupu. Kelenjar ini menghasilkan hormon tiroid yang fungsinya mengatur pertumbuhan dan metabolisme tubuh agar semua organ tubuh dapat berfungsi dengan normal. Hipotiroidisme umumnya disebabkan oleh penyakit Graves, meski juga terjadi karena kanker tiroid.

Baca juga: Jangan Sepelekan Bahaya Hipertiroidisme yang Perlu Diketahui

Jika kamu mengidap penyakit ini, pengobatan sangat penting untuk dilakukan. Jika tidak diobati, hipertiroidisme dapat menyebabkan masalah pada jantung, tulang keropos, dan banyak masalah lainnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari gejala dari penyakit kelenjar tiroid ini adalah mengonsumsi makanan yang tepat.

Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Hipertiroidisme

Lantas, makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh pengidap hipertiroidisme? Berikut beberapa nutrisi yang kamu butuhkan:

1. Zat Besi 

Zat besi adalah salah satu nutrisi penting yang berguna untuk menjaga tubuh tetap berfungsi dengan normal, termasuk juga menjaga kesehatan tiroid. Zat besi membantu sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh sel di dalam tubuh. Disebutkan jika ada hubungan antara kadar zat besi yang rendah dengan hipertiroidisme. 

Maka dari itu, meningkatkan konsumsi zat besi sangat baik untuk seseorang yang mengidap penyakit tiroid ini atau bahkan mencegah sebelum terjadi. Beberapa makanan yang kaya akan zat besi, yaitu daging merah, kacang-kacangan, bayam, kismis, sarden, dan beberapa makanan laut.

2. Antioksidan 

Peningkatan hormon tiroid juga sering dikaitkan dengan kerusakan radikal bebas di dalam tubuh. Untuk melawannya, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung zat antioksidan, seperti beta karoten, vitamin C, dan vitamin E. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan antioksidan adalah bayam, kale, brokoli, paprika, dan masih banyak sayur dan buah lainnya.

3. Kalsium 

Kalsium diduga mampu membantu tubuh untuk melawan hipertiroidisme. Ketika mengalami hipertiroid, vitamin dan nutrisi di dalam tubuh akan terkuras, sehingga bisa menyebabkan tulang menjadi rapuh. Memang ada hubungan antara hipertiroidisme yang berlangsung lama dengan penurunan kepadatan mineral tulang, sehingga komplikasi berupa osteoporosis dapat terjadi.

Makanan yang kaya akan kalsium juga dipercaya dapat membantu mengatasi dan melawan hipertiroid yang menyerang. Pastikanlah untuk selalu memasukkan makanan sumber kalsium dalam menu makan harian agar tetap sehat. Kamu bisa mendapatkan sumber kalsium dari susu, brokoli, bayam, kacang-kacangan, dan ikan. 

4. Vitamin D

Kekurangan vitamin D diduga bisa membuat tubuh rentan terserang penyakit hipertiroidisme dan kepadatan mineral tulang bisa berkurang. Oleh sebab itu, cobalah untuk rajin mengonsumsi ikan dan jamur serta makanan yang kaya akan vitamin D lainnya. 

Baca juga: Pengidap Hipertiroidisme Rentan Terkena Krisis Tiroid 

5. Selenium

Makanan yang banyak mengandung selenium bisa membantu untuk menyeimbangkan kadar hormon tiroid, sekaligus melindungi tiroid dari penyakit. Tak cuma itu saja, selenium juga bisa membantu untuk mencegah kerusakan sel dan menjaga tiroid dan jaringan lain agar tetap sehat. Makanan dengan kandungan ini juga membantu tubuh untuk memperbaiki gejala penyakit tiroid autoimun. 

Di antara orang yang mengonsumsi obat anti-tiroid, seseorang yang juga mengonsumsi suplemen selenium dapat mencapai kadar tiroid normal lebih cepat dibandingkan yang tidak. Beberapa makanan yang merupakan sumber selenium, antara lain biji chia, jamur, teh, daging sapi dan domba, unggas, hingga biji bunga matahari. 

Itulah beberapa nutrisi dalam makanan yang perlu dikonsumsi seseorang yang mengidap penyakit hipertiroidisme. Bukan hanya membuat penyakit kelenjar tiroid ini menjadi lebih baik, manfaat dari mengonsumsi semua makanan yang telah disebutkan juga dapat memberikan manfaat lainnya pada bagian tubuh lain. Maka dari itu, pastikan semua makanan tersebut ada dalam menu sehari-hari.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Hyperthyroidism Diet.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Hyperthyroidism: Foods to eat and avoid.