• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengidap Tukak Lambung Perlu Hindari Kopi dan Minuman Bersoda

Pengidap Tukak Lambung Perlu Hindari Kopi dan Minuman Bersoda

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

 Halodoc, Jakarta - Tukak lambung adalah suatu kondisi ketika luka terbuka berkembang di lapisan saluran pencernaan. Kondisi semacam ini dapat terjadi di bagian atas usus kecil (ulkus duodenum), lambung (tukak lambung), dan kerongkongan (tukak esofagus). 

Berlawanan dengan kepercayaan umum yang sudah lama dipercaya, stres tidak menyebabkan tukak. Sebaliknya, penyebab utama penyakit maag adalah bakteri yang disebut Helicobacter pylori (H. pylori). Bakteri ini merusak pelindung mukosa pelindung area tertentu di dalam saluran pencernaan, sehingga memudahkan cairan pencernaan yang bersifat asam untuk melukai dan mengobarkan lapisan usus. Penyebab lainnya termasuk merokok dan penggunaan kronis obat antiinflamasi non steroid (NSAID), seperti aspirin dan ibuprofen.

Dokter sering merekomendasikan perubahan gaya hidup dan pola makan untuk pengidap tukak lambung. Seperti misalnya menghindari minuman tidak sehat seperti kopi dan minuman bersoda. Lantas, apa sih alasan dua minuman ini perlu dihindari? 

Baca juga: Bukan Maag, Ini Ciri Tukak Lambung 

Alasan Kopi dan Soda Perlu Dihindari Pengidap Tukak Lambung

Kopi diketahui memengaruhi produksi asam lambung, dan efek ini tidak hanya terkait dengan kandungan kafeinnya. Komponen lain dalam kopi, termasuk katekol dan N-alkanoyl-5-hydroxytryptamide, merangsang sekresi asam lambung, itulah sebabnya kopi dianggap memperburuk gejala maag.

Namun, kopi memiliki setidaknya satu senyawa yang menekan produksi asam lambung, yakni antioksidan yang disebut N ‐ methylpyridinium, yang terbentuk selama pemanggangan biji. 

Terlepas dari anjuran umum bahwa penderita sakit maag menghindari kopi, teori bahwa kopi memperburuk sakit maag belum dibuktikan dengan jelas oleh penelitian. Jadi, setiap orang mungkin saja bisa merasakan efek yang berbeda. 

Jadi menghindari kopi atau tidak adalah keputusan pribadi, berdasarkan dampak kopi pada gejala yang kamu alami. Kebiasaan minum kopi, termasuk jenis dan jumlah yang diminum dan apakah kamu minum kopi saat perut kosong atau tidak, juga akan berperan dalam gejala.

Sementara itu, menurut U.S. National Library of Medicine, orang dengan tukak lambung harus menghindari mengonsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan ketidaknyamanan, termasuk soda berkafein. Menurut review Januari 2015 di jurnal BioMed Research International, minuman ringan mungkin mengandung bahan yang pada dasarnya tidak baik untuk dikonsumsi, bahkan untuk mereka yang tidak mengidap tukak lambung. Dalam minuman bersoda terkandung bahan yang bisa mengiritasi lambung seperti kafein. Minuman bersoda juga biasanya dikemas dengan gula atau pemanis lainnya, pewarna buatan, pengawet, dan perasa seperti asam fosfat.

Baca juga: Langkah Penanganan Pertama Ketika Tukak Lambung Menyerang

Minuman dan Tukak Lambung

Ada beberapa hal yang perlu kamu ingat mengenai minuman atau kebiasaan minum jika kamu memiliki tukak lambung, yaitu: 

  • Tidak ada minum yang akan membuat gejala tukak lambung maag hilang.
  • Minum minuman ringan atau minuman berkafein lainnya terbukti dapat memperburuk gejala maag.
  • Minum alkohol dapat menyebabkan gastritis dan menunda penyembuhan maag.
  • Air putih adalah pilihan yang aman. 

Minuman yang aman untuk mengurangi gejala asam lambung adalah minuman yang bisa kamu buat di rumah. Kamu bisa tambahkan ½ sendok teh soda kue ke dalam 4 atau 5 ons air dan minum perlahan. Soda kue adalah natrium bikarbonat, yang memperkuat penghalang mukosa di perut.

Baca juga: 4 Makanan yang Baik untuk Pengidap Tukak Lambung

Namun, kamu bisa tanyakan pada dokter di Halodoc mengenai keamanan minuman ini. Di Halodoc, kamu juga bisa tanyakan semua hal tentang tukak lambung, mulai dari gejala, pengobatan, hingga gaya hidup sehat yang perlu dilakukan untuk meringankan gejala dan mempercepat penyembuhan tukak lambung. Tunggu apa lagi? Manfaatkan kemudahan bicara dengan dokter kapan dan di mana saja di aplikasi Halodoc!

 Referensi:
Gastrointestinal Society. Diakses pada 2020. Stomach Ulcer Diet.
Livestrong. Diakses pada 2020. Does Coffee Irritate Stomach Ulcers?
Livestrong. Diakses pada 2020. Can Drinking Soda Cause a Stomach Ulcer?