• Home
  • /
  • 6 Pengobatan Batuk Berdahak untuk Ibu Hamil

6 Pengobatan Batuk Berdahak untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
6 Pengobatan Batuk Berdahak untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta - Batuk ringan pada orang dewasa umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan khusus. Berbeda dengan ibu hamil, mereka akan mengalami batuk yang lebih lama, karena perubahan sistem imun yang lebih rentan terhadap serangan kuman penyakit. Ibu hamil juga tidak boleh sembarangan minum obat, karena akan berdampak pada janin dalam kandungan. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat, konsumsi bahan alami berikut untuk mengatasi batuk pada ibu hamil.

Baca juga: Ini Trik untuk Sembuhkan Sariawan saat Hamil

  • Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk pada ibu hamil. Cara menggunakannya adalah dengan dikunyah secara langsung. Kandungan antivirus, antibakteri, serta antimikroba pada bawang putih dapat mencegah terjadinya infeksi lanjutan, seperti bronkitis atau pneumonia sebagai komplikasi dari batuk berdahak. 

Kandungan tersebut juga dinilai efektif untuk membunuh berbagai organisme penyebab penyakit. Selain memakannya secara langsung, ibu dapat menghaluskan bawang putih dan dicampurkan ke dalam air teh dan madu.

  • Buah Nanas

Bromelin dalam buah nanas dapat digunakan untuk mengatasi batuk pada ibu hamil. Bromelin sendiri merupakan zat yang bersifat anti inflamasi, yang efektif dalam meredakan peradangan dalam saluran pernapasan. Bromelin bekerja dengan memecah dahak yang menumpuk dan menggumpal di bagian paru-paru dan tenggorokan. Untuk mengatasi batuk pada ibu hamil, ibu dapat mengolahnya menjadi jus, atau memakan buah nanas secara langsung. 

Baca juga: 3 Cara Menjaga Kecantikan Kulit Saat Hamil

  • Jahe

Jahe dikenal memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya mengatasi batuk pada ibu hamil. Jahe bersifat antibakteri dan antivirus yang kuat, sehingga baik dalam melawan infeksi pada saluran pernapasan. Kandungan tersebut juga mencegah terjadinya perkembangan virus atau bakteri.

Bagi yang tidak suka dengan rasanya, ibu dapat mencampur air jahe dengan perasan lemon, madu, atau susu. Untuk mengurangi gejalanya, konsumsi bahan alami ini sebanyak dua kali sehari. Jangan terlalu banyak, karena akan menyebabkan sakit perut. 

  • Madu

Madu menjadi salah satu bahan alami yang baik dalam mengatasi batuk pada ibu hamil. Untuk membantu meringankan gejalanya, madu dapat dikonsumsi secara langsung sebanyak dua sendok teh setiap harinya. Selain itu, ibu dapat mencampurkan madu ke dalam teh hangat dan lemon. 

  • Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang mampu melawan partikel asing penyebab infeksi saluran pernapasan. Untuk meringankan gejala batuk berdahak pada ibu hamil, ibu dapat menghancurkan kunyit menjadi bubuk, lalu campur dengan susu. Selain itu, ibu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan teh untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Susah BAB saat Hamil?

  • Air Garam

Bahan alami selanjutnya yaitu air garam. Untuk meredakan gejala batuk berdahak, ibu dapat melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat. Air tersebut kemudian digunakan sebagai larutan obat kumur. Usahakan agar air jangan sampai tertelan.

Bukan hanya dapat meringankan batuk berdahak pada ibu hamil, rutin berkumur dengan air garam dapat menjaga kesehatan organ tenggorokan, mencegah pembengkakan di area mulut, serta menjaga nafas tetap segar.

Sebelum mengonsumsi sejumlah bahan alami tersebut, diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Meski berbahan dasar alami, ada sebagian orang yang menimbulkan reaksi alergi setelah mengonsumsinya.

Referensi:

NCBI. Diakses pada 2020. Treating The Common Cold During Pregnancy.
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. Cough and Cold During Pregnancy.
Baby Centre. Diakses pada 2020. Coughs and Colds in Pregnancy.